Skip to main content

Persea Americana

Pernah mendengar kata di atas? Belum. Tahukah apa artinya? Tidak. Ngerti rak itu opo? Ora. Ti ka he mai tung si? Ng ti. Hahahaha ... jangan berkecil hati kalau memang jawabannya belum dan tidak. Aku yakin banyak kok yang jawabannya sama, termasuk diriku sebelum iseng mencari artinya di google :)

Namun kalau aku menyebut kata avocado? Pasti sebagian udah mengangguk-anggukan kepala tanda mengerti. Bagi yang belum ngeh juga, kalau aku sebut alpokat atau alpukat? Hmmm ... sontak deh semua seperti anak SD yang berlomba-lomba menjawab pertanyaan guru: aku tahu ... aku tahu ... aku tahu ...

Alpokat adalah buah ke-2 yang paling aku sukai setelah durian. Awalnya sih aku tidak suka, karena bagiku buah yang rasanya tidak manis itu tidak enak. Kalo durian, rambutan, pisang, dll khan rasanya manis. Nah ... yang gituan aku doyan banget. Tapi alpokat? Udah baunya tidak ada, rasanya pahit lagi. Jadi buah ini pernah menjadi daftar buah yang diblacklist aku.

Ketertarikanku dengan buah ini gara-gara diiming-imingi akan khasiatnya. Waktu itu aku masih SMP, dan sebagai remaja puber tentu tidak jauh dari yang namanya jerawat. Bagi remaja yang ingin tampil aksi dan prima di depan lawan jenis, kehadiran jerawat terasa sangat mengganggu. Alhasil, setiap hari aku selalu nangkring depan kaca, lihat terus tuh jerawat, bahkan kadang gemesnya ampe tanganku tidak tahan untuk memencetnya hahaha ...

Mamaku yang setiap hari melihat kelakuanku rupanya tidak tahan juga. Makanya suatu hari dia ngomong ama aku. "Udah ... tidak ada gunanya bercermin tiap hari. Makan aja alpokat. Banyak mengandung Vit E yang bagus untuk kulit."

"Tapi khan tidak enak," demikian jawabku.

"Iya ... kalau kamu makannya mentah-mentah gitu memang pahit rasanya. Coba deh dijus trus campur ama susu coklat, dijamin kamu ketagihan."

Penasaran, aku pun obok-obok pasar mencari sang tersangka: buah alpokat serta tidak ketinggalan susu coklat. Aku bawa pulang ke rumah, nunggu beberapa hari supaya matang, dan minta dibuatin ama Mama. Dan memang ... rasanya top bener. Ueenaaak tenan. Alhasil, sejak itulah alpokat menjadi buah favoritku.

* * *

Sekarang aku kalau mampir ke restoran atau rumah makan pasti mencari yang namanya jus alpokat. Aku sudah melanglang dari rumah makan ke rumah makan, restoran ke restoran, sampai hotel ke hotel hanya untuk mencicipinya. Dan aku bisa membuat sebuah kesimpulan: yang paling enak adalah rumah makan kelas menengah. Kalau yang kelas bawah, rasanya encer sehingga taste alpokatnya hilang. Namun untuk kelas atas, rasanya terlalu dibuat-buat hingga aneh.

Tempat favoritku membeli alpokat adalah di pasar buah angke, yang dekat rel kereta api. Selain banyak pilihan, harganya juga lebih murah. Kok bisa? Iya ... soalnya di sana adalah salah satu pusat grosir buah. Namun untuk kita beli eceran, bisa ditawar mendekati harga grosiran. Kalo biasa di supermarket 1 kg rata-rata 6.000-7.000, di sana bisa dapat sekitar 3.500-4.000. Lumayan khan. Tapi belinya jangan 1 ato 2 kg, yah ... minimal 5 kg-lah. Ada yang tertarik tapi tidak tahu tempatnya? Silakan hubungi daku, siap sedia mengantar ...

Aku juga punya tante [adik mama] yang punya pohon alpokat yang tinggal di Padeglang, Banten. Jenis alpokat yang tumbuh di rumahnya bagus sekali. Orang mengatakan itu alpokat mentega. Sekali berbuah banyak dan besar-besar. Aku cuma sekali ke sana, dan pas musimnya. Jadi pesta jus alpokat deh. Namun, kadang kalau dia main ke Jakarta bawa juga beberapa biji sebagai buah tangan.

Pernah aku mabuk alpokat. Hahaha ... kok bisa? Ceritanya gini.

Pas pagi nyampe kantor, seperti biasa memeriksa bekal yang sudah disiapkan istri, ada tromel yang berisi alpokat dingin yang lezat. Jadilah dia menjadi sasaran nafsuku. Makan siang, kebetulan ada teman yang ultah ... kita pun ditraktir. Nah, karena sudah di alam bawah sadar, saat ditanya mau minum apa, spontan aku jawab: jus alpokat. Saat disajikan aku baru sadar, eh ... tadi pagi aku khan udah, kok pesan ini lagi? Karena tanggung dan emang doyan, aku lahap aja.

Malam hari selesai makan dan bersantai, dari kamar aku dengar suara blender dari arah dapur. Ah ... paling buat sesuatu, pikirku. Aku diam aja sambil nonton TV. Setengah jam kemudian, ada suara yang memanggil supaya bergabung di ruang tamu. Dan ... saat tiba di sana, sudah tersedia dengan manis segelas jus alpokat dengan belang-belang coklat. Hmmm ... tidak enak mau nolak, aku sikat aja hahaha ... alhasil hari itu dengan sukses 3 gelas alpokat menjadi korban keganasanku ...

Alpokat oh alpokat ... kenapa engkau diciptakan sedemikian rupa menggoda? Mengapa dalam bentukmu yang aneh tersimpan rasa yang begitu nikmat? Viola ... aku tidak tahu ...

* * *

Tapi ada pendapat yang mengatakan tidak baik juga terlalu banyak mengkonsumsi alpokat. Alasannya lemak dan kolesterolnya tinggi, jadi tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Hmm ...

Comments

  1. aku juga belum pernah minum ato makan alpokat sampe umur gini kakakkakaak...emank enak????

    mendingan nyari rambutan ah :D

    ReplyDelete
  2. aku juga suka tapi ga mo banyak2 soalnya jadi eneg
    aku lebih suka maem pisang ma durian

    ReplyDelete
  3. Wah, koq aku malah ga suka durian ya????? :?: :?: :?: >> gpp sih, katanya duren jg ga sehat loh.... :P :P

    Alpokat aku suka kalo dijus sama dikasi coklat (sama nih seleranya), tp masalahnya kalo di rumah minumnya gelasnya mesti gede tuh, jadinya ya habis minum 1 gelas perutnya dah penuh banget, he3... :lol: :lol: :lol:

    ReplyDelete
  4. Anonymous2:10 PM

    Hennn... lo pasti gemuk ya? hihi... kalo ngga sih kayanya kelainan deh.

    ReplyDelete
  5. Anonymous4:18 PM

    Aneh sampe sekarang gue gak suka makan Alpukat ???

    ReplyDelete
  6. Meli: Hahhhh!??!! Masa sih ndak pernah??? Uenaknya sedunia hahaha .. Rambutan? Kalah neng ...


    Mutiara: Iya ... eneg. Aku juga suka pisang, tapi lebih suka duren hehe


    Zilko: Iya tuh, duren sumber batuk hihihi .. Tapi kata orangtua ada caranya supaya habis makan duren tidak panas dalam, yaitu minum air garam. Bener ndak sih?


    Imelda: Gemuk? Hmmm ... tidak juga. Coba baca postingku yang "gemuk" hehehe


    Irvana: Tidak suka alpokat juga? *kok bisa yah* Mungkin kayak aku yang tidak suka tomat kali ...

    ReplyDelete
  7. >>> omnivora = pemakan segala, apokat doyan, durian doyan. favorite sih navel (jeruk kupas, kalo orang indo suka bilang sunkis).

    bener tuh apokat sumber lemak, tapi herannya kayak lu bilang apokat banyak disaranin buat ngehalusin muka, anti jerawat. perasaan, kalo aku makan kebanyakan, langsung pada nongol tuh jerawat.

    *asik udah bener blognya, bisa cas cis cus komen wakaka*

    ReplyDelete
  8. Hendri, FYI, di sini alpucat itu buat lalapan berteman ama salada, olive oli, garam, merica..atau di makan gitu aja..no juice..no sugar..no milk...

    rasanya...tentu saja ..masih alpukat..gak mungkin dunk pindah ke jeruk..!!! yg benar aja ..

    ReplyDelete
  9. Hide: hahaha ... tapi bener lho, semenjak banyak konsumsi alpokat, mukaku langsung mulus bak habis diampelas hahah ... *wus ... cas cis cus aja*


    Sisca: Oh gitu *baru tahu aku* Hahaha ... ndak enak dong kalo gitu ... *tandanya kalo aku ke French harus bawa susu coklat sendiri*


    Lucy: Setuju ... Alpokat is the best!!! *Asyik, ketemu teman sepatriot*

    ReplyDelete
  10. Hen, gw juga suka alpokat tapi suka takut makan banyak2 krn alpokat menggemukan. Tinggi lemak. Ingat alpokat, ingat bokap gw yang punya pohon alpokat dan baru-baru ini berbuah, alpokatnya hampir sebesar melon.Bener deh gw nggak bohong, rasanya??? jangan tanya, legit bok! ngiler kan Hen? kabur ah...

    ReplyDelete
  11. aku juga suka avocado. selalunya pake es ama susu kental manis. yummy ! besok beli ah..dah lama enggak. biar naek nih timbangan !

    ReplyDelete
  12. iya bener deh banyak khasiat dari avocado, selain menghaluskan kulit juga menggemukkan badan *ngelirik Hen yg montok dan berwajah halus....ngaciiiiiir!!!*

    ReplyDelete
  13. aku sih maonya mimosa pudica hehehe

    ReplyDelete
  14. Nainggolan: Waaaa .... mau. Alamatnya mana? Hahaha ... *air liurnya udah berubah rasa neh*


    Dian: Hahaha ... ntar difoto yah ... Btw, susu kedelainya udah gimana ceritanya ...


    Tenfams: Hendri montok dan berwajah halus? Hmmm .... *habis ini ngaca ah ...*


    Bronx: Mimosa pudica? Apaan tuh ...


    Bunga: Hahaha ... aku juga suka duren. Enak habis :))
    Blogku berat? Masa sih ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa