Skip to main content

Manusia Kalong

Anda tahu apa itu kalong? Yap ... makhluk yang tinggal di gua-gua, keluarnya malam-malam, trus konon makannya adalah isep darah. Ihhh ... tatut ... saudaranya dracula kali yah. Selama hidupku, aku pernah ketemu hanya sekali dengan makhluk itu. Waktu itu aku masih nge-kost, sekitar jam 8 malam, tiba-tiba nyelonong begitu aja seekor kalong ke kamarku, trus hinggap dengan manis di pojok langit-langit. Kontan aku teriak ... takut he he ... Dengan bantuan teman-teman, akhirnya berhasil diusir juga tuh makhluk ...

Aku bertanya-tanya, kok bisa-bisanya yah. Apakah dia menganggap aku salah satu temannya? Eits ... bukan dalam arti aku juga suka isep darah orang, tetapi karena kesukaanku yang senang bergadang dan berlembur ria.

Menjadi seorang anak kost yang kuliah, pasti pernah merasakan yang namanya bergadang aka lembur. Aku mengenalnya waktu menginjak semester ke-2 kuliah. Awalnya sih aku tidak tertarik untuk gituan, aku masih berusaha menjadi anak manis yang bangun jam 06.00 trus jam 21.00 udah tidur. Namun tarikan dan godaan teman-teman yang begitu kuat membuatku luluh juga ... sampai aku pun terseret di dalamnya.

Akibatnya siklus hidupku berubah total. Hari-hari aku lalui layaknya si kalong. Jam 02.00 subuh baru tidur, trus jam 10-an bangun. Kecuali ada kuliah pagi ... dengan mata sangat berat aku harus memaksakan diri untuk mengikutinya.

Ada suka, begitu juga ada dukanya menjadi manusia kalong. Dukanya, aku kehilangan segernya oksigen pagi hari, indahnya sinar mentari yang menyinari bumi, cericit merdu burung di pagi hari, lembabnya daun-daun karena embun, serta waktu untuk olahraga juga hilang.

Sedangkan sukanya, menjadi penguasa di malam hari ha ha ha ... becanda ding :) Sukanya adalah aku merasa menjadi lebih cerdas, karena dalam suasana sepi sunyi, otakku lebih mudah diajak kompromi sehingga pikiran-pikiran produktif mengalir begitu saja. Alhasil, belajar menjadi lebih mudah dan prestasi kuliah tercapai. Selain itu, juga bisa sebagai ajang penghematan. Lho kok bisa? Iya ... soalnya aku khan bangunnya sekitar jam 10-an, berarti aku bisa menghemat pengeluaran untuk makan pagi. Jadi, makan siang sekalian makan pagi juga ha ha ha ...

Apa aja sih yang aku kerjakan dalam rangka berlembur dan bergadang ria?

Oh ... banyak. Pertama-tama, kumpul ama teman-teman kos di depan rumah, sambil menenteng gitar, alunan suara dari suara 1 sampai 5 memberikan refreshing tersendiri, dan murah lagi. Dari pada ke karaoke khan? Trus menggelar tikar, kartu remi/gaplek pun dikeluarkan ... kalau main yang satu ini waktu sudah mengalir begitu cepat, atau istilahku kairos buangettt. Selain itu, kadang ngendon di kamar, nonton VCD rame-rame, atau main game jaringan ama teman sebelah kamar.

Yang menjadi pertanyaan adalah apa sih manfaatnya bergadang? Tidak ada gunanya khan?

Belum tentu. Justru dari pengalaman bergadanglah aku mendapatkan pengalaman yang asyik dan manfaat nyata. Ceritanya gini. Waktu itu aku ambil matakuliah proyek, membuat program sistem keanggotaan/membership. Masa untuk mengerjakannya sih 1 semester. Tapi tahulah khas mahasiswa, kalau bisa ditunda-tunda, kenapa ndak? Hasilnya, menjelang 1 minggu sebelum deadline presentasi, aku baru sadar aku belum mengerjakan apa-apa. Cilaka, pikirku.

Aku pun heboh bertanya kiri-kanan, apakah temanku sudah mengerjakannya juga. Beruntung, aku ketemu seorang. Statusnya sama dengan aku. Aman ... pikirku.

Kita pun membuat rencana ... dia memboyong kompinya ke kostku, dan kita janjian setiap jam 22.00 kita mulai mengerjakannya. Selama semingguan itu kita lembur ekstra ... jam 22.00 udah mengunci diri dari dunia luar, konsen ke kerjaan, dan jam 05.00 baru stop kerja. Tidur bentar, jam 09.00 pun bangun ... lakukan aktivitas seperti biasa ... dan jam 22.00 pun kerja lagi. Dan hasilnya ... nilai A adalah imbalan yang sangat setimpal dengan pengorbananku.

Dari sana aku dapat pencerahan, ternyata tidak tidur ndak membuat kita mati tuh. Selama seminggu aku cuma tidur 4 jam, kadang cuman 3 jam ... dan hasilnya tetap ok. Memang sih, dopingnya harus kuat he he ...

Pengalaman waktu kerja juga sama. Suatu ketika aku dilibatkan dalam sebuah proyek sekitar 6 bulan yang mengharuskan aku lembur setiap hari. Kita mulai kerja jam 08.00, dan baru pulang rata-rata jam 01.00. Pulang rumah, tidur, jam 06.00 udah bangun lagi ... itu dilewati setiap hari selama 6 bulan. Ada kekecualian sih untuk sabtu-minggu, paling pulangnya lebih awal, sekitar jam 20-an. Dan, aku juga sehat-sehat tuh ...

Tapi itu dulu .. waktu masih bujangan, masih liar, dan belum ada yang mengatur diriku. Sekarang aku udah lebih terkendali, hidup lebih tertib, dan menjadi lebih konvensional. Tapi bergadang juga kadang-kadang, terutama akhir pekan. Biasa ... nonton bola ataupun balapan he he ...

* * *

"Hello ... gimana kerjaannya?"
"Baik ... hanya sibuk sekali"

"Oh ya ..."
"Iya ... sekarang aja aku baru break bentar. Nanti mulai lagi sampai jam 19.00. Istirahat dan makan sampai jam 20.00, kemudian kerja lagi sampai jam 24.00 ..."

"Hmm ... "
...

...
...

Comments

  1. gue kalo tidur jam 1 am termasuk kalong gak yah????

    ReplyDelete
  2. aduh, gua gak biasa ngalong gitu... anak mami gitu? paling malem jam 12 udah ke pulau kapuk... zzzzzz

    ReplyDelete
  3. wah....klo yang dateng CAT-WOMAN..

    kaget NGAK ???

    ReplyDelete
  4. kalong=kelelawar=kampret?
    kakakakak...jangan suka begadang ah!!

    ReplyDelete
  5. Anonymous2:11 PM

    daging kalong enak lho Hen, dibakar. Jadi namanya kalong bakar yak? hehe...

    aku jg pernah jd kalong, siang jd malam, malam jadi siang. hiks..persis drakula. Jaman kuliah dulu, waktu jagain warnet bareng temen temenku.

    ReplyDelete
  6. Anonymous4:12 PM

    Skrg g bobo ngikutin jadwal anak. Kalo jam 10 bobonya yah jam segitulah gue bobo. Kalo jam 8 udah bobo? ya ikutan juga. kebo ya.. hihi

    ReplyDelete
  7. Hendri, saya hampir dipastikan tiap akhir pekan di sini..padahal dulu di TA maksudnya tanah air..paling top jam sepuluh malam dah kenlonan bantal...

    nasib anak kost !!!!

    ReplyDelete
  8. Bronx: itu namanya ratu kalong hi hi hi


    Xu: ups anak mami ... udah jam 9 malam. Sono cuci kaki, sikat gigi trus bobok yah ha ha ha j/k


    Dahlia: CAT-WOMAN? Waaa ... mau ... mau ...

    ReplyDelete
  9. Bev: :) masih ingat aja he he


    Meli: begadang itu asyik loh ... coba deh ...


    Dewi: kalong bakar? Ihh ... geli ah. Apa enak? Pernah jaga warnet juga? Di mana?


    Maria: thanks juga. Senang kalau tulisanku bisa bermanfaat bagi yang membaca :) Lama ndak muncul. Ke mana aja?


    Imelda: oh gitu yah. Jadi ntar aku juga gitu dong ... :(


    Sisca: he he ... jadi di mana-mana sama yah, nasib seorang anak kost :)

    ReplyDelete
  10. Anonymous7:50 PM

    Aku tiap hari ngalong tuh Hen.. gpp kan? yang jelas, kalo subuh tuh otak malah terang, enak dipake belajar, hehe.. *kebiasaan buruk bangetzz*

    ReplyDelete
  11. Anonymous9:44 PM

    eh ga bagus loh ngalong...berefek pada kesehatan tubuh....ntar aku post imel ttg itu deh di blog ku...tar ya abis pulang kuliah...mo kul dulu ni...lagian bisa kliatan cepet tua loh..dan bangun pagi tuh enak...emang sih klo pagi lebih mantap mikirnya..hihihi...

    ReplyDelete
  12. Hidup begadang... .. He3... :) Aku jg tidurnya kebanyakan minimal jam 11 tuh... :) Kadang2 doank yang engga soalnya ada kasus khusus, huehuehue.... :)

    Btw, kalong ga semua penghisap darah loh... . Yang kebanyakan disini kan kalong buah, kalo yang penghisap darah konon banyak ada di Amerika Selatan... :)

    ReplyDelete
  13. aku hanya bulan puasa jd kalong. tidur jam 4 am bangun jam 1 pm hahhaha

    ReplyDelete
  14. huahuahauhau... kalo yg paragraph terakhir itu pasti berakhir dengan kebisuan hihihihi.... *ambekan sang istri?*
    doppingnya apaan hen? bisa kuat gitu?

    ReplyDelete
  15. Tina: he he he ... kebiasaan buruk tapi khan bermanfaat :) So ... keep rock gitu loh ...


    Ley: gitu yah? *ngaca dulu* Cepeten post yah, ntar aku berkunjung ke sana :)


    Zilko: Hidup juga ... Wajar Zil, seusiamu suka bergadang. Justru yang dicurigai kalo kamu jam 21.00 udah bobo hi hi ... anak mami banget itu :)

    Kalong penghisap buah? *dengan polos berujar: oh gitu yah ...*


    Dian: Ha ha ha ... ndak bagus itu ... ntar pahalanya didiskon lho :)


    Nie: Hi hi hi ... Dopingnya? Vit C yang 1000 mg, jajan spt kacang, snack-snack ringan, ama lengkingan music rock ha ha ha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa