Skip to main content

Mimpi

Pernahkah Anda bermimpi? Seberapa seringkah Anda terbang menelusuri dunia impian? Bagaimanakah bentuk mimpi Anda? Indah, buruk, kering, ataupun basah?

Dari dulu aku selalu penasaran dengan mimpi. Bagiku mimpi adalah sebuah fenomena luar biasa yang sulit untuk dijabarkan keberadaannya. Bagaimana cara menjelaskannya, apa hubungannya dengan dunia nyata, bagaimana dia datang, apakah benar sewaktu mimpi roh atau sukma kita berkelana dan benar-benar mengalaminya, dan seribu pertanyaan lain yang sampai sekarang masih belum aku dapatkan jawabannya.

Bagi sebagian orang mimpi adalah sebuah dunia yang benar-benar ada dan dapat ditafsirkan. Makanya jangan heran kalau Anda menyempatkan diri jalan-jalan ke toko buku, akan ketemu sebuah buku sakti dengan judul "1001 macam arti mimpi". Bukannya aku tidak percaya dengan semua yang tertulis di sana, tapi apakah semuanya itu benar?

Salah satu tafsiran mimpi yang paling sering aku dengar dan terekam dengan baik di alam bawah sadarku adalah mimpi gigi copot. Kata orang, kalau kita mimpi itu, berarti kita akan mendapat berita duka. Bila yang copot bagian kiri, itu artinya berita duka dari si ini. Tatkala yang copot bagian kanan, berita duka dari itu. Geraham copot, lain lagi. Taring copot, beda pula. Pernahkan dengar gituan?

Bukannya meremehkan, tapi aku juga pernah dan sering bermimpi gigi copot juga. Awalnya sempat deg-deg-an sih, benar ndak aku bakalan dapat telp atau SMS duka. Alhasil seharian tidak tenang, telp sana-sini, SMS ini-itu ... namun aman-aman aja tuh. Sampai malam tidak pernah ada tuh, berita duka datang kepadaku. So ... how to explain it?

Banyak lagi tafsiran lainnya. Seperti kalo mimpi digigit ular, maka akan begini. Mimpi menang lotere, akan begitu. Mimpi ketemu pacar lama, akan begono. Mimpi dijatuhi eek burung, akan begene. Dan jumlah tafsirannya berkembang sebanyak objek yang dapat dimimpikan.

Sedangkan bagi sebagian orang lainnya, mimpi dianggap hanya sebatas bunga tidur, dan dengan lantang aku berkata: aku termasuk dalamnya. Jadi ... nikmati aja, tanpa harus perlu pusing untuk kasuk kusuk ke sana-sini sekedar untuk mengartikannya. Mengambil tag iklan sebuah produk yang aku hindari: enjoy aja!

* * *

Aku termasuk orang yang jarang bermimpi. Namun percaya atau tidak, sekali aku dapat mimpi, selalu kebagian jatah mimpi buruk.

Sangat jelas di pikiranku waktu kecil, aku sering bermimpi dikejar-kejar sesuatu. Entah itu orang, binatang, maupun makhluk semacam alien. Dan yang aneh dalam mimpi tersebut adalah selalu mimpi berlapis, dalam arti aku selalu bermimpi aku bermimpi. Bingung khan hehehe ... Aku juga bingung kenapa bisa mengalami hal demikian.

Jadi di dalam mimpiku, aku seperti diteror dan diburu. Makanya, sedapat mungkin aku berlari, bersembunyi, dan dengan berbagai cara aku menghindar dari mereka. Hingga sampai suatu titik aku seperti terbangun. Namun yang terjadi sesungguhnya adalah aku masih bermimpi. Dan celakanya, mimpiku masih berseting sama, alias aku masih menjadi buronan. Alhasil untuk kedua kalinya aku pun harus berlari meloloskan diri, sampai aku benar-benar terbangun dengan nafas ngos-ngosan dan tubuh basah oleh keringat. Aku benar-benar seperti habis berlari jauh sekali dan tubuh ini terasa capek sekali. Dan ... setelah bangun, biasanya aku langsung tidak berani tidur lagi, takut ... dan aku hanya bisa memelekkan mata di pojok tempat tidurku sampai pagi menyapa sang surya.

Ketika aku menceritakan mimpiku kepada orangtua, saudara, dan teman, rata-rata mengatakan itu karena sebelum tidur aku masih beraktivitas keras. Akibatnya terbawa sampai mimpi. Makanya sekarang aku sering lihat orangtua melarang anaknya yang masih kecil berlari-lari atau melompat-lompat menjelang waktu tidur. Alasannya klasik: ntar mimpi buruk. Hmm ... benarkah demikian?

Kalau mimpi indah jarang sekali aku dapatkan. Hmmm ... susah juga mengingatnya hahaha ... *mikir keras neh untuk menghadirkannya* tetap tidak muncul juga. Hahaha ... kasihan yah aku.

Bagaimana kalau mimpi basah? Aha ... pernah juga aku alami. Eittt ... jangan berpikiran yang tidak-tidak dulu. Ini bukan mimpi yang gituan ... BUKAN!!! Mimpi basah yang aku maksudkan adalah mimpi waktu kecil, dan aku yakin semua pernah mengalaminya.

Gini: pernah khan mimpi kebelet pengen pipis? Hehehe ... aku yakin sebagian sidang pembaca sudah mengangguk-anggukan kepala dan sudah menangkap maksudku. Yap ... mimpi ini selalu mengambil setting kita buru-buru aku berlari ke toilet, atau kadang lagi di kolam renang. Jadi begitu kita melepaskan beban kantong kemih kita, spontan terasa hangat-hangat basah di celana kita ... dan saat terbangun ... Hmmm ... bingung mau sembunyikan ke mana bekas ompolan kita hahaha ...

* **

Eureka ... beberapa hari kemarin aku bermimpi indah, dan selalu aku ingat dan ceritakan kepada siapa saja yang aku temui. Dalam mimpiku aku begitu bahagia dan begitu menikmatinya ... dengan penuh kebanggaan dan kegembiraan aku melihat dengan mataku yang bersinar cemerlang sebuah karya luar biasa Sang Pencipta, dan aku dalam posisi sedang membopongnya: Onga ...

Yah ... aku bermimpi aku sedang menggendong anakku ...

Comments

  1. Hadir pertama kali,
    Kubawa warta seperti ini,
    Bersihkan pikiran dan hati,
    sebelum engkau di buai mimpi.

    kubuat sebait pantun sederhana, agar mimpimu malam ini lebih indah,
    Ayo..Berbaring dan pejamkan mata,
    Sembari panjat syukur pada yang maha kuasa.

    Dari biru langit Perancis Selatan,
    Seuntai doa kukirimkan,
    Si Onga bergegas datang,
    dengan cahaya melingkar,
    Mengubah mimpi mimpi,
    Menjadi sebuah obsesi.

    ReplyDelete
  2. bro.. wah ada aja topiknya ya..
    btw lo pernah mimpi basah enggak?
    hehehehehhe

    salam buat onga-mu ya

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:52 AM

    wah saking semangatnya...gak sabaran nunggu onga hadir :D

    ReplyDelete
  4. mimpi oh mimpi :)
    seringkali mimpi itu jadi sarana Tuhan berbicara pada kita :)
    salam buat si onga kecil :D

    ReplyDelete
  5. td malam abru aja mimpi. mimpi meluk suami hihihi...jarang2x mimpiin dia. aku sering mimpi ke toilet. untungnya sejak dirumah ini, keburu kebangun. hotel balisani di bali, aku pipisin banyak banget akkaka..subuh2x, lakiku ngebalikin kasurnya.

    ReplyDelete
  6. Sisca: *plok plok plok ... tepuk tangan sekalian ama kaki* Masih berani ngomong tidak bisa bikin puisi ... *tertegun aku membacanya*

    Thanks yah ... dan aku pesan 1 puisi lagi hahaha


    Apollo: Hahaha ... begitulah orang kurang kerjaan, liat sesuatu langsung mikir jadi topik tulisan :) Mimpi basah? Hmmm ...


    Bolot: Hehehe ... begitulah. Udah mendekati hari neh ... *deg-deg-an*


    Nie: Gitu yah ... berarti aku harus lebih peka lagi dong .:) Ntar kalo udah nongol salamnya aku sampaiin ...


    Dian: HAHAHAHAHA ... nakal banget nih anak. Btw, kamar berapa itu? *biar kalo aku nginap sana harus full waspada*

    ReplyDelete
  7. *gubrak*
    *gubrak*
    *gubrak*

    lo paranormal yahhhh ? kok bisa bikin postingan yah begitu nyata buat daku ?

    aku baru aja bangun tidur dan *sorry buat yg merasa canggung, tapi aku bener-bener jujur dan naif "sumpah"* .......
    mimpi yang gak kering itu loh

    waduhhhhhh

    jarang-jarang tidur pagi eh dapet jackpot hahaha

    mungkin kudu ganti nama lo jadi hendri kun alias hendri dukun :))

    kalau mau menang lotere, mimpinya apa yah Hen ?

    ReplyDelete
  8. salam pelum cium buat Onga

    ReplyDelete
  9. Anonymous1:04 PM

    waktu kecil s/d remaja lah sering juga mimpi yang ada cerita bersambung nya ..
    jadi mimpi nya itu saling berkaitan sama mimpi sebelumnya , kalo mimpi yang indah sih ok .. tapi ini mimpi nya yang serem2 lagi bersambung bbrp seri ... kayak film serial aja ..

    ReplyDelete
  10. mimpi kalo Onga mirip mamanya gak Hen.
    soal mimpi aku juga antara percaya dan tidak, yang penting gemes kalo udah mimpi gak bisa nyeritain lagi. soalnya aku sering banget ngimpi.

    ReplyDelete
  11. kalo aku sih serriiing banget mimpi, mimpi aneh sering banget, believe it or not. tp aku sih sante2 aja

    waktu omaku mau meninggal di Jambi, aku mimpi papaku (alm) dateng dan marah2 suruh aku pulang ke Jambi nengokin omaku, dan aku yg dimimpi ya jawab ogah2an aja, pas bangun aku ditelponin bahwa oma meninggal, ya pulang deh ke Jambi.

    ada lagi yang lain, tp ntar aja deh ya

    ReplyDelete
  12. Hen, alinea terahir di sesuaikan dengan pepatah :

    belon beranak sudah menimbang...wakakakka

    ReplyDelete
  13. Hide: Hahaha ... aku tahu persis loh kamu mimpiin apa :)) Btw, kalau aku ganti nama saingan dong ntar dengan om Deddy Dukun hahaha


    Madame: Salamnya akan aku sampaikan. Semoga dia menjadi kupu-kupu kecilku yang kuat :)


    Bunga: Mau gendong? Boleh :)) Met long wiken juga ...


    Lucy: Iya ... dan itu satu2nya mimpi indah yang aku ingat :) Onga akan hadir tidak lama lagi ... doain lancar yah ...


    Ir: Gitu yah ... kok bisa? Btw, bisa dikumpulin tuh mimpi, trus dibuat jadi skenario, trus ditawarkan ke produser, trus .... nabrak ... Hahaha


    Tenfams: Wah ... belum tau tuh mirip siapa :) Btw, sering mimpi apaan?


    Ling: Hehe ... take it easy gitu loh :)) Trus, mimpi yang lain apa? *jenguk blognya ah ... siapa tahu ada posting tentang mimpi juga :)*


    Sisca: Hahaha ... emang siapa yang belon beranak? Hmmm ..

    ReplyDelete
  14. Dah ga sabar nunggu kelahirannya Onga tuh kali... lol

    Kalo aku sih tergolong agak jarang mimpi... . Kadang sih mimpinya yang aku lagi kepikiran banget, tp kadang jg engga sih... . Bingung jg. Kadang mimpi serem, kadang juga mimpi dalam mimpi gitu. Anehnya, kejadian dalam mimpi tuh kayak kerasa nyata dan logis plus masuk akal gitu, padahal pas dah bangun kalo dipikir-pikir ga masuk akal bgt... . Aneh....

    ReplyDelete
  15. kalo mimpi buruk gua suka inget, apalage yg terjaga ketakutan pas tengah mlm gitu, suka dire wind mimpi buruk midnite nya ama otak gua!! kalo yg bagus2 jarang banged inget! abies ampir tiap hari bgn kesiangan jadi lg enak2 mimpi yg indah, mendadak dibangunin jadi lupa hehehe.... waduhh sweet skali mimpiin babynya =))

    ReplyDelete
  16. mimpi......
    kalau mimpi sering sekali,tapi mimpi bukanlah kembangnya tidur..

    pernahkah kau bermimpi seketika berada di tempatku hen....

    ReplyDelete
  17. Zilko: Iya tuh hehehe ... pengen cepat-cepat aja kelarnya :) Ohh ... pernah mimpi dalam mimpi juga? Ceritain dong ...


    Vylette: Hahaha ... pasti pernah neh, kalo mimpi indah tiba-tiba dibangunin, sengaja tidur lagi sambil2 berharap nyambung mimpinya khan :))


    Nita: kalo bukan kembang tidur, apa dong??? Mimpi ke tempatmu? Hmmm ... aku mau dijamu apa ntar?

    ReplyDelete
  18. Anonymous1:03 PM

    Aku suka juga mimpi, tapi mimpi kering, huehuehue.. *kaburrrrrrr*

    ReplyDelete
  19. Bev: Mimpi kiamat? Kok bisa :)) *mungkin gara-gara itu dia pernah post tentang kiamat yang judulnya Just for Fun hahaha


    Tina: Mimpi kering? Hue hue hue ... cerita dong ...

    ReplyDelete
  20. Anonymous2:02 PM

    Nice site!
    [url=http://dsppvcmk.com/ibfq/qkad.html]My homepage[/url] | [url=http://szzsdydt.com/dtsd/nyyr.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  21. Anonymous2:03 PM

    Great work!
    http://dsppvcmk.com/ibfq/qkad.html | http://vfsfemii.com/btdy/claz.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa