Skip to main content

Putus Cinta [Count down at 7]

Kalau orang-orang mengatakan bahwa jatuh cinta itu berjuta rasanya, bagaimanakah rasanya kalau sedang putus cinta? Apakah rasanya berjuta juga? Atau jangan-jangan tiada rasa apa-apa ...

Kesan pertama yang kita tangkap dari seseorang yang sedang putus cinta adalah kesedihan yang mendalam. Sangat bertolak belakang dengan saat jatuh cinta, bawaannya menjadi selalu loyo, lesu, tiada bergairah, dan tentunya tanpa semangat. Keceriaan hilang sekejap berganti dengan kemurungan. Celoteh gembira seketika berubah menjadi keluhan yang tak terucapkan. Tak ketinggalan air mata bahagia secara kilat berubah menjadi deraian air mata kesedihan.

Dunia serasa runtuh. Tidak ada lagi denyut kehidupan. Hidup serasa menjadi begitu hampa. Hari-hari terasa begitu lambat dan berat untuk dilewati. Semuanya menjadi serba salah: mau begitu salah, mau begini rasanya tidak bisa, mau begono rasanya canggung. Ada perasaan manjadi manusia paling malang sedunia, serta berjuta perasaan tidak enak lainnya dipastikan datang menghinggapi insan yang sedang dijauhi dewi Armor.

Akibatnya pelarian menjadi salah satu ekspresi yang bisa ditunjukkan. Kalau diperhatikan, ada-ada saja ulah para korban kegagalan cinta. Bagi yang merasa begitu terpukul, dia melampiaskan dengan kebut-kebutan di jalan raya seolah hidup ini ada 9 nyawa. Ada pula yang menjadi beringas hingga bawaannya marah-marah terus. Sebagian menyalurkan emosinya dengan sengaja mencari masalah seperti mengajak orang berantem, bertengkar, dan sebagainya. Tak ketinggalan binatang piaraan yang tidak bersalah pun kadang menjadi sasaran kemurkaan akibat putus cinta.

Bagi yang sentimentil, hidup kembali menjomblo dilewatkan dengan kesendirian. Mengurung diri di kamar berhari-hari, dengan hanya ditemani radio atau lagu mp3 yang begitu sendu dan menyentuh. Persediaan tissue menumpuk untuk menampung ingus dan air mata. Emosinya begitu rapuh dan mudah tersinggung. Melihat cecak sedang bercinta di dinding aja tidak rela. Buku atau barang terdekat yang terjangkau langsung dilemparkan begitu saja dengan tujuan merusak kenikmatan mereka. Suara tokek menjadi begitu indah untuk didengar dan dinikmati.

Yang masih shock dengan keputusan mendadak itu, barang-barang kenangan bersama menjadi sasaran untuk dipelototi. Kalung atau cincin sejuta memori, boneka kesayangan, album foto mesra, surat-surat dengan sejuta rayuan gombal, bolak-balik lihat HP sekedar mencek apakah nomor sang mantan masih terekam di memori, SMS yang sempat disimpan dan belum dihapus dibaca berulang-ulang, serta banyak lagi kenangan bersama hadir bersama jatuhnya air mata begitu saja.

Sebagian menyalurkan kekecewaan hati mereka ke makanan, akibatnya cemilan dan jajan selalu tersedia dan menjadi makanan wajib kala sendirian. Serasa dendam sama makan karena waktu jatuh cinta harus berdiet ekstra demi penampilan, saat putus cinta segalanya menjadi begitu nikmat untuk disantap. Jadi, kalau kita melihat teman kita agak gemukan, pasti alasannya dua. Pertama sudah lebih makmur, dan yang kedua sedang putus cinta.

Penampilan bagi yang lagi broken heart sekarang sudah menjadi prioritas kesekian. Rambut kusut, mata merah membengkak, muka lecek, serta badan sedikit bau seolah ingin memberitahukan kepada dunia bahwa dia benar-benar sedang berduka. Untuk apalagi tampil mempesona, lagian yang akan memberikan perhatian dan pujian sudah jauh dari jangkauan? Memangnya ada yang peduli dengan fisikku lagi? Demikian sebagian pikiran yang bergolak dalam benak sang malang.

Ada juga yang mengekpresikan dengan memotong rambut, entah itu dipendekin ala Demi Moore dalam film Ghost [khususnya cewek] atau pun dibotakin ala Demi Moore juga dalam film GI Joe [yang ini cowok]. Tempat-tempat yang pernah menjadi saksi kebersamaan sedapat mungkin dihindari, karena hanya menambah kesedihan saja.

Yang ekstrim menyeramkan melakukan perubahan secara anarkis. Tato menjadi trademark barunya. Tindik entah itu di hidung, mulut, atau pun lidah juga menjadi aksesoris sebagai tanda bahwa sekarang dia adalah insan baru. Sukanya pakai celana jeans yang sobek sana sobek sini. Kaos u can see dengan kelihatan ketiaknya juga tiba-tiba lengket di tubuhnya. Tidak ketinggalan pula topi menjadi barang baru yang selalu nongkrong dengan manis di kepalanya.

Tentu saja masih banyak lagi ulah sang pecinta gagal ini. Tapi satu yang jelas: ternyata putus cinta rasanya juga berjuta :)

* * *

Namun dari semua hal-hal negatif di atas, sebenarnya ada satu hal positif yang kadang dilupakan oleh orang yang putus cinta. Apakah itu? Kedewasaan.

Yap. Putus cinta sesungguhnya adalah satu cara untuk membuat orang menjadi lebih matang dan dewasa, entah itu dalam bertindak, berperilaku, maupun berpikir. Hal-hal negatif di atas sifatnya hanyalah sementara, dan percayalah, semuanya itu selalu berlalu seiring waktu berjalan.

So ... sudah berapa kalikah Anda putus cinta?

Comments

  1. asiik yg pertama..

    banyak temenku yg putus cinta ma cewe nya langsung nge drugs, ga worth it banget yah

    aku sih belom pernah patah hati, sering bikin patah hati orang kali.. hihihi.. ge er banget yah :) jk

    terakhir patah hati sama org yang mau ngelamar aku, tapi sayang sihirnya udah musnah, dia keburu sadar deh .. hiks.. but it's okay.. i got the better one.. much much better

    ReplyDelete
  2. LOPHEE IS ALL OVER HENDRI's BLOG! Bravo, Pak!!! Banyak amad serial entry cintahnya hehehe... inspirasi lage berjalan lancar ya???

    Gua kalo lg putus cintah sedihhh banged * well u jg pasti uda pernah baca dulu2 di archive gua hehehe * BUt i am glad sekarank uda ga putus cinta lage, and i hope i will never will nomore!

    one thing, suka gua ama example lo yg aLa demi moore GHOST / GI JANE *lol abis*

    ReplyDelete
  3. hehehe jadi binun neh abis jatuh cinta dua kali jadi topik postingan, eh sekarang putus cinta. Ada Apa Dengan Hendry nih ?
    Maklum lah bikin postingan sambil nggendong Marvel sih hehehe

    Kalo gw sih putus cinta larinya ke kebul kebul alias smoking tuhhh

    ReplyDelete
  4. Wakaka, belakangan topiknya cinta melulu yach... :D He3... :)

    ReplyDelete
  5. Hen, kan kemarin pas aku putusin kamu, aku udah bilang jangan di publish di blog mu. Gimana sih Bapak Hendri, pas jatuh cinta bilang-bilang, putus cinta juga di umumin, kan aku jadi maulu gitu :D

    *gw putus cinta, gak bisa makan, gak bisa tidur, gak bisa kerja, tinggal menghitung hari, gak lama lagi myodarrrrr*

    ReplyDelete
  6. Wina: Iya tuh ... teman2 juga banyak yang larinya ke drugs, mencari kenikmatan sesaat hehehe ... Btw, udah berapa korbanmu? Bisa diceritakan tuh hahaha

    Violet: Begitulah. So much love in Hendri :) Yap, aku udah pernah baca ceritamu, mengharukan :)

    Hide: Hahaha ... kenapa bingung Bro? Ngebul ... mau nyaingin PT KA yah hahaha

    Zilko: Iya neh ... ada apa yah?

    Yenlesly: Stttt ... jangan buka rahasia dong, akh khan kebagian tengsin juga :) Yang terakhir itu pengalaman pribadi?

    Bunga: Hahahaha ... apakah itu pengakuan sejujurnya dirimu?

    ReplyDelete
  7. putus cinta...menambah pengalaman...dan memberi semangat agar lebih mengoreksi diri ...dan pengen tampil lebih ok biar si dia yang mutusin nyesel kakakakakak

    ReplyDelete
  8. Hmm..putus cinta ??? hmmm tepatnya seh bukan diputusin,tapi terpisah oleh jarak, tanpa kabar , tanpa berita....itu putus gak tuh namanya.....jadi binun :)

    ReplyDelete
  9. gua belum pernah, normal toh?

    ReplyDelete
  10. Abis ngebahas jatuh cinta, sekarang putus cinta, hueehheeehe.. lama2 bisa dijadiin buku panduan dalam dunia percintaan untuk pemula ^_^

    Makna putus cinta adalah kedewasaan, gue suka kalimat ini. Dengan putus cinta, kita belajar melepaskan masa lalu yang ga membawa kebaikan buat kita berdua, mending move on.

    ReplyDelete
  11. hen, ketinggalan. kalo putus cinta, makan juga gak nafsu.

    aku udha berapa kali putus ya...gak ingat, hen !

    ReplyDelete
  12. Anonymous9:13 AM

    Putus cinta??... gw sih srot-srot 1 hari aja, besok2 langsung perbaiki diri, diet mati2an, dandan yg cakep... beli baju yg keren, terus hunting deh cari cowo baru huahuahuahua....

    ReplyDelete
  13. Bolot: Hehehe ... gitu yah. Jadi mau nunjukkin siapa dulu dong ike :)

    Sisca: *ikut bingung juga* Pasti komennya seraya itung euro hahaha .. Btw, kalau terpisah jarak bukan putus cinta, tapi pisah sementara :)

    Xu: Oooo ... belum pernah putus cinta toh? Hmmm ... belum tahu dia rasanya hahaha

    Ester: Gitu yah? Emang ntar kalo jadi seri ada yang nerbitin? *lirik Khun hahaha* Iya neh, harus jadi dewasa dong :)

    Dian: Ooo ... makanya kurus yah? Berarti sering sekali putus cinta hahahaha

    Imelda: Ah ... yang bener? Aku tahu yang sejujurnya loh ;)

    Lucy: Awas ... berapi-apinya jgn kelamaan, takut hehehe ... Tapi apakah bener kayak gitu? *curiga abiz*

    ReplyDelete
  14. abis jatuh cinta skrg putus cinta, abis ini??

    kalo gw sukurrrr.. gak pernah putus cinta, gw pacaran sama org yg gw kawinin hihihi...

    ReplyDelete
  15. Anonymous11:46 AM

    wahh..jadi ngiri neh. Gw lom pernah ngerasain putus cinta. hiks..

    Dewi
    http://www.tristania-angina.com/blog/

    ReplyDelete
  16. Mau dunk putus cinta..biar turun berat badan gw..wakakakakakakk..2 kilo aja lagii..huaaahhh..putus..putusss..layangan kaliiii..kekekekek..

    Eh btw..elo gak putus cinta kan?? ixixixixi..

    ReplyDelete
  17. duuh...duuh...kemaren2 jatuh cinta, sekarang kok bahas putus cintanya ?

    hmm, putus cinta ga enaaaaaaak rasanya, menyebalkan !!!

    ReplyDelete
  18. eh tapi kalo jatuh cinta bukan berjuta rasanya hen...tapi berjuta modalnya, hehehehehe...

    ReplyDelete
  19. eh tapi kalo jatuh cinta bukan berjuta rasanya hen...tapi berjuta modalnya, hehehehehe...

    ReplyDelete
  20. Walah yang ini bukan topik untukku, cuma mau kasi salam balik. Kepitingnya engga saya makan krn susah makan kepiting disini, enakan makan kepiting lemburi alias kepiting kulit lunak, ga susah2 buka cangkang.

    ReplyDelete
  21. Sunny Day: Abis putus cinta? Bubyarrrr hahaha ... Oh, belon pernah putus cinta? Berarti misua sekarang the first and the last dong? *give two thumbs up*

    Dewi: Wah ... yang satu ini belum pernah juga? Hebat ... Tapi sekali-kali perlu deh. Hahahaha ... dalam hati Dewi berkata: bagaimana caranya :)

    Yulia: Oohhh ... lagi diet nih ceritanya :) Aku lagi putus cinta? Hmmm ...

    Madame: Hahahaha ... tapi itulah realita hidup. Ada jatuh cinta, pasti ada putus cinta :) Emang menyebalkan khan, putus cinta :)) Jatuh cinta berjuta modal? Hmm ... boljug tuh hehehe

    Lilia: Hehehe ... salam balik juga :) Kepiting kulit lunak emang enak tuh, tapi jarang bisa ketemu yah, lagian kalo ada pasti mahal hihihihi

    ReplyDelete
  22. putus cinta berapa kali yaa? ngitung jari dulu.
    kalo pas putus cinta biasanya aku suka berpuisi. sebelum itu, nangis dulu meraung-raung.

    ReplyDelete
  23. Tenfams: Udah selesai belon itungnya hihihihihi ... Wah, kalo tenfams buat puisi, pasti lagi putus cinta :))

    ReplyDelete
  24. putus cinta...
    aaarrrghh...
    sediiiiiihhhh bgt...
    smpe air mata kering...
    gak enak bgt dah nmmya "putus cinta"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa