Skip to main content

Deja Vu

Ada beberapa hal yang menjadi misteri bagiku, dan aku selalu mencari kebenarannya. Ketika hal-hal tersebut ditampilkan, baik lewat bacaan, tayangan, maupun pembicaraan, inderaku langsung tanggap dan seketika seluruh diriku terseret untuk menyimaknya dengan serius. Bagiku, mereka begitu menggoda, misterius, hingga menggelitik imajinasiku untuk bertanya-tanya: benarkan semua itu, apakah rahasia di balik semuanya, bagaimana itu bisa terjadi, dan yang terpenting adalah apakah jawabannya.

Satu hal misteri yang sempat aku tuliskan adalah tentang fenomena mimpi [bagi pendatang baru yang belum sempat terbang bersamaku menerobos alam mimpi, silakan klik di sini]. Dan kejadian lain yang sempat dan masih membuat diriku gelisah, penasaran, hingga menjadi sasaran bidikku adalah apa yang dinamakan Deja Vu.

Keren yah istilahnya hehe ... Saat aku coba googling, dan aku mendapatkan sebuah pengertian yang menarik versi Merriam Webster Medical Dictionary:

The term déjà vu is French and means, literally, "already seen." Those who have experienced the feeling describe it as an overwhelming sense of familiarity with something that shouldn't be familiar at all.

Yah. Pernahkah mengalami situasi seperti ini?

Anda sedang berada di sebuah tempat, misalnya di Mall. Saat berada di eskalator naik, tiba-tiba Anda terkesiap, tertegun, dan alam bawah sadar Anda menghadirkan sebuah fenomena yang begitu luar biasa. Anda bisa merasakan bahwa Anda pernah berada dalam situasi tersebut, dengan tempat, jam, dan hiruk pikuk lingkungan sekitar. Anda melihat diri sendiri: pakaian, sandal, jam tangan, serta HP yang dipakai persis sama, tempat yang dituju juga sama ... dan hatta, Anda bisa mengetahui apa yang akan terjadi beberapa saat ke depan.

Ke arah mana orang di depan kita bergerak, kata apa yang dikeluarkan orang sebelah kita, siapa yang sebentar lagi akan menyapa kita, bagaimana kata pembukaan sapaan dia, apa yang akan kita jawab ... sampai kejadian sekitar 1 menit ke depan kita hafal dengan begitu jelas. Ada perasaan seolah kita pernah mengalaminya.

Dan memang begitu ... apa yang kita ketahui dan rasakan itu benar-benar terjadi ...

Menarik bukan?

Ketika aku telusuri lebih lanjut tentang fenomena ini, aku mendapati bahwa banyak sekali ilmuwan yang mencoba merumuskan dan memberikan pencerahan kepada sebagian makhluk yang kurang kerjaan dan penasaran seperti diriku ini. Dari sekedar pendapat ringan bahwa itu hanyalah sebuah halusinasi, akibat dari melamun, pikiran lagi blank, lagi dihinggapi setan, hingga pendapat berat yang membuat mengerenyitkan keningku: itu adalah hasil sebuah reinkarnasi. Hmm ... sebuah misteri lagi yang harus aku temukan kesejatiannya hahaha ...

Apakah aku pernah mengalaminya? Jawabannya iya, dan sering. Pengalaman itu terjadi di mana saja: kantor, rumah, jalan, waktu makan, nonton tipi ... dan kejadian-kejadian tersebut selalu aku ingat dan kusimpan rapat-rapat dalam pikiranku. Kadang aku bercerita juga kepada teman, dan mayoritas pernah mengalaminya juga. Hmmm ... bagaimanakah menjelaskan semuanya itu?

Salah satu fenomena deja vu yang paling terkenal adalah ketika si ganteng Keanu Reeves yang berperan sebagai Neo dalam Matrix, di mana dia mengalami deja vu dengan melihat kucing hitam melintas sebanyak 2 kali. Dan sesuai alur ceritanya sang sutradara, itulah awal dari pertempuran dalam film ini hehe ...

* * *

Sebuah penelitan menunjukkan bahwa hampir 70% orang pernah mengalaminya, dengan rentang usia 15-25 tahun dengan tidak tertutup kemungkinan orang di luar rentang tersebut juga mengalaminya.

So ... pernahkah Anda mengalaminya juga? Let me know-lah, biar kegelisahan dan kemisteriusan ini tidak aku simpan sendiri ...

Comments

  1. Anonymous2:50 PM

    Jadi inget final destination. hehe...

    Kayaknya pernah juga sih ngalamin. Gak tau deh cuman perasaan gw donag or emang ada fenomena kayak gitu. ciee...

    ReplyDelete
  2. Hmm... . Rasanya aku pernah deh, tp agak-agak lupa. Jarang aku dapet deja-vu (rasanya... :D).

    Malah, temenku di sekolah baru-baru ini dapet deja-vu (waktu ada ulangan apa gitu dibagi, katanya: "koq rasanya aku pernah ngalamin ini ya???")

    ReplyDelete
  3. Gua serink banged Hen!! Padahal ada situasi yg kadank2 bener2 gua yakin, belon pernah terjadi sebelumnya, tapi pas gua lage sambil ngucapin tuh kata2 yg sama keluar n merhatiin sekitar gua and kata2 yg diucapkan sama org yg ngmg ama gua, sama banged!!

    Gua bingunk, itu apa uda pernah gua mimpiin dulu2 kali ye hauahuaua.. or maybe i am a psychic??? =P

    ReplyDelete
  4. de javu? sering sekali :)
    kebanyakan de javu itu aku dapet dari mimpi... jadi mimpi2 yang aku dapat sering kali terjadi di alam nyata, mulai dari yg terjadi keesokan harinya langsung setelah mimpi semalam, ataupun setelah beberapa minggu atau bulan. sering banget.
    Makanya aku ngeri jg kalo inget mimpi ditembak itu, akan jadi de javu kah? hehehe... only God knows.
    I believe dreams are His ways to communicate with us too.

    ReplyDelete
  5. Deja Vu ...topik yg menarik Hen.. saya ngalamininya pas tidur, sebuah sketsa masa kecil, di suatu tempat yg tak asing, dgn orang2 yg sama dan selalu itu itu saja...ih...seram deh pas bangun keringatan.. ingat orang2 tsb sdh lama meninggal.

    ReplyDelete
  6. daku gaik pernah, hend. pengen sih

    ReplyDelete
  7. deja vu

    wah sering banget tuhhh

    tiap pagi perasaan deja vu, nge-klik blog-mu wakaka

    tiap pagi juga deja vu, ngisi shoutbox-mu

    inikah deja vu sebenarnya wakaka

    ReplyDelete
  8. Dewi: Final destination? Hehehe ... Itu bukan perasaan, tetapi fenomena asli :) Ceritain dong ...


    Zilko: Hahaha ... pengalaman deja-vu untuk anak seusia dirimu masih panjang ... so tunggu aja, dia akan datang menghantuimu :))


    Vylette: Oh gitu yah ... ceritain lengkap dong, biar kita-kita bisa tahu juga :) U r a psychic? I don't think so dear ... semua orang mengalaminya kok ...


    Nie: Wah ... itu artinya deja vu lagi aktif2nya bekerja di atasmu hahaha ... Oooo ... berarti salah satu sebab adanya deja vu karena mimpi yah *hmmm ... mangut-mangut*


    Sisca: Oooo ... itu namanya bad drim hahaha ... bisa jadi topik postingmu lho Sis :))


    Dian: Hahaha ... berdoalah agar kamu diberikan sekali aja ... it's very interesting :))


    Hide: HAHAHA ... itu jelas-jelas bukan deja vu. Itu absolutely karena keranjingan kunjungi blogku hahaha ...

    ReplyDelete
  9. Anonymous9:46 AM

    gue juga sering ngalamin dejavu...

    ReplyDelete
  10. deja vu waktu gw kecil doang tuh,, sekarang dah jarang kenapa yak??

    ReplyDelete
  11. gua juga sering ngalamin DEJAVU...., tapi kalo yang kena Demam Berdarah-darah sih engga :P

    ReplyDelete
  12. Anonymous4:01 PM

    Dejavu? sering banget. Misalnya lagi ngelakuin apa gt tiba2 seperti tersengat karena terasa sepertinya pernah ngelakuin ini sebelumnya. Sama yak ma lo hen? Sampe skrg gw masih ga bisa jawab sih itu apaan.

    ReplyDelete
  13. Aku pernah ngalamin beberapa kali deja-vu, dulu, saat masih di Ambon. Tapi hanya sekali yang "kental" banget. Perasaan "I've been here before" tuh bener2 kuat banget saat itu. Seperti kesedot ke sebuah masa lain. Sementara aku tau itu pertama kalinya aku ke tempat itu. Informasi yang aku peroleh dari papa-mama, sodara2ku juga semua negatif kalo aku pernah ke sana sebelumnya (saat masih anak2 ato bayi dulu).
    Well.. 'gak pernah dipikirin serius lagi setelah itu.

    Ah.. lam kenal ya :)

    ReplyDelete
  14. Lucy: Hahahaha ... idem kalo gitu. Tapi, kok deja vu-nya di makam sih? Ihhh ... ngeyiiiii. Kalo udah ketemu jawabannya jangan takut, pasti aku posting hehehe judulnya: Deja Vu [2] :))


    Ir: oh gitu. Ceritain dong ...


    Dhani: Hehehe ... tanya kenapa? *suaranya dimiripin sebuah iklan*


    Xu: Hahaha ... kalo DB itu Deja ga alias Deh Jatuh ketimpe Tangga :)) Btw, syukur deh udah sembuh ...


    Imelda: Ya begitulah ... sebuah fenomena yang membingungkan khan? Makanya buat geng baru yah: GPDV alias GENG PEMBURU DEJA VU ... Hahaha


    Sinceyen: Hahaha ... trus gimana jelasinnya? Misterius khan :) Lam kenal juga ...

    ReplyDelete
  15. yang ginian sih kadang2 terjadi juga, yang paling inget tuh aku pernah ngimpi dateng di negara dingin, rumah2 sepi...horor...
    baru pas pertama kali liburan winter di Belanda baru ngeh. Ow...ini toh Belanda, bangunannya di mimpi persis dimana kampung omanya Erik tinggal. Horor deh.

    ReplyDelete
  16. Tenfams: Hehehe ... dapat deja vu kok yang horor gituan sih :) Tapi menarik khan untuk ditelusuri sampai ketemu akar-akarnya hehehe ..

    ReplyDelete
  17. Aku dah pernah ngalami dejavu, sering tapi pas kejadiannya engga sadar n pas sadar kayanya waktu berjalan lambat karena pikiran saya ke arah apa yg pernah saya alami dan keadaan yg sedang saya alami alias dejavu itu. Ga tao kenapa sering alami dejavu, tapi kayanya lom 10 kali.

    ReplyDelete
  18. Lilia: Gitu yah? Pengen tahu khan bagaimana dia muncul dan bekerja hehehe ... semoga ada ahli deja vu yang membaca posting ini dan memberikan penjelasan panjang lebar deh:) Tapi kalo pernah mengalaminya hampir mencapai 10x, hebat tuh ...

    ReplyDelete
  19. Anonymous5:39 AM

    Great work!
    [url=http://mnmcqvsq.com/plxk/ckzg.html]My homepage[/url] | [url=http://sftmwmds.com/ynxl/uryk.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  20. Anonymous5:40 AM

    Thank you!
    http://mnmcqvsq.com/plxk/ckzg.html | http://tbmdxdla.com/wkzx/ctrj.html

    ReplyDelete
  21. Anonymous2:57 PM

    Dari sisi Budha, adalah kita mengalami reinkarnasi hidup kita yang dulu. Dan dari sisi Psikologi {Sigmund Freud} ? Mungkin perlu ada penjelasan thd Deja Vu.
    trima kasih.

    ReplyDelete
  22. aku sering ngalami deja visite(pernah mengunjungi sbh tmpt),pernah 2 x deja vu.
    1. deja vu sama sahabatku(waktu itu belum sahabatan), tapi gak gitu kuat seh hanya beberapa kali aja
    2. deja vu sama dokter bedahku, lumayan kuat, eh gak taunya setelah ketemu saudara-2 beliau itu masih sodaranya mamaku, tapi karena beliau tinggal di benua lain jadi kami gak kenal deh (akhirnya sampe skrg kami masih berhubungan terus)
    3. nah yang ketiga ini yang aneh banget,hampir dua bulan ini aku ngalami deja vu,tapi kuat banget, sampe-2 bkin aku pusing karena malah gambar2 spt ingatan mas lalu muncul kaya gambar berjalan. ceritanya wkt aku jadi penitia acara kesenian di TBY jogja, aku ngeliat ada tamu undangan masuk dan melintasiku, tiba2 deg2an deh aku, kayanya kenal banget ama tu orang, suaranya juga kenal banget, tiba2 kaya ada gambar2 berjalan tentang banyak kejadian antara kami berdua, tapi kami kan gak kenal,seringnya aku kaya inget waktu kami ngobrol, selalu gitu. beberapa jam kmudian si pak deja vu tadi menghampiri kami para panitya,nah dari situ justru malah kaya sesuatu yang pernah tjd ke ulang lagi, tapi masih banyak kejadian2 yang lain yang melintas terus sampe aku pusing(ya Allah, jangan2 ini tanda2 orang stres berat..batinku wkt itu)setelah ngobrol, beliaunya itu blg kalo dia seperti kenal aku(tuh kan..). sampe skrg kami masih komunikasi, tapi ya itu jadi lebih peka satu sama lain, padahal kami terpisah jauh...banget, tapi kalo ada apa2 malah lags kerasa, aneh bgt deh..
    sampe aku nulis inipun aku masih bingung sama fenomena kami, kayanya beliau tuh deket banget sama aku, saking bingungnya aku sampe tanya2 ke sana kemari, sebenernya aku kenapa(sapa tau beneran gila), sampe aku menemui seorang yang sangat tau ajaran buddist, katanya mungkin dulu kami suami-istri(nah loe..trus pacarku yang sekarang gmn donk?), asal tau aja hubungan jiwa itu tidak mengenal tua atau muda,jauh atau dekat, karena jika memang ada karma yang menyatukan kedua jiwa, maka sejauh apapun tempanya, jiwalah yang akan mencari..
    eh, gak lama setelah itu aku ketemu lagi sama sang deja vu(jadi kami 2x ketemu), beliau bilang.. "waktu saya lihat kamu, saya tau kamu dulu istriku.."(whats?????? perlu diketahui umurku masih 22 tahun dan bapak itu 42 tahun, tapi sepertinya saya emang kenal banget dengan orang itu..pdhl baru 2x ketemu loh..)lagipula kayanya obrolan kami seperti kami gak berbeda jauh deh, sumpah..!!
    masa iya seh ini deja vu??? trus..gmn donk?
    siapapun yang membaca..tolong katakan bahwa ini hanya fatamorgana..(berarti aku positif gila donk..??)tapi ini semua emang gak masuk akal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa