Skip to main content

Gosip

Tiada hari tanpa gosip. Demikianlah ungkapan yang beredar di republik ini. Bagaimana tidak? Lihat saja di media massa, terutama yang namanya TV. Sejak pagi, sejumlah tayangan yang membahas kehidupan selebriti, entah itu benaran ataupun gosip, berlomba-lomba menarik pemirsanya dengan sajian-sajian yang mereka klaim eksklusif dan fakta adanya. Dan siapa lagi yang tidak tergoda untuk nongkrong dengan manis di sana selain para ibu-ibu, baik yang berperan sebagai ibu rumah tangga maupun mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk berangkat kerja? Bahkan bapak-bapak pun konon banyak yang tersedot untuk menontonnya dengan alasan menemanin anak nonton TV, tapi kenapa sih yang dinonton acara gosip?

Jadi jangan heran kalau sampai di kantor, ada celutuk seperti ini:

"Eh ... udah tahu belum kalo ternyata si anu ketahuan selingkuh dengan si itu ..."

"Kabarnya si ini sedang mengajukan proses perceraian dengan pasangannya lantaran pasangannya sering main pukul yah, gimana tuh lengkapnya ..."

"Udah pada tahu belum? Kabarnya artis A lagi naksir dengan aktor B yah ..."

Dan ketika kita menjawab: Oh ya ... masak sih. Tahu dari mana?
Dengan segera kita mendapatkan jawaban seperti ini: Makanya ... gaul dong. Hari gini masih ketinggalan gosip, hahaha ...

Bukan hanya TV saja yang memanjakan penontonnya dengan gosip, tetapi media cetak juga. Coba sekali-kali perhatikan, sejumlah koran --terutama yang kurang peminatnya-- selalu memanjakan pembacanya dengan menyajikan gosip hangat selebriti yang kadang disertai foto mereka yang ditampilkan begitu menggoda dan sexy. Dan sebagian majalah juga begitu. Headline ditonjolkan secara besar-besaran hanya untuk satu tujuan: sedapat mungkin menarik perhatian orang dengan harapan mereka mau membelinya.

Aku bukan mengkritik dan anti dengan semua cara promosi seperti itu lho. BUKAN. Itu sah dan halal saja, bahkan aku salut dengan semuanya. Tapi aku cuma mau menyorot bagaimana sebuah kata yang namanya gosip begitu mendominasi hidup orang saat ini dan dia menjadi barang yang selalu dicari-cari orang. Endah sekedar mengetahuinya saja, maupun mau beralih profesi menjadi pengamat yang kadang memberikan komentar seolah dia begitu mengetahuinya semua permasalahan yang ada.

Sudahlah ... janganlah kita berbicara tentang selebriti, mungkin karena mereka public figure sehingga layak dan laku dijual sebagai bahan gosip. Tetap sadarkah kita, di kalangan sendiri pun banyak gosip berselewiran. Setuju khan?

Permisi tanya, apakah topik pembicaraan yang hangat dan menarik saat makan siang?

Yap ... gosip juga. Entah itu gosip tentang sesama karyawan, tentang kebijaksanaan perusahaan, sampai yang satu ini aku yakin semua menyetujuinya: gosip tentang atasan. Hayo ... jujur sajalah, pembicaraan apa lagi yang lebih menarik dibandingkan menggosipkan bos? Hehehe *semoga bosku tidak sempat membaca posting ini, kalo iya bisa barabe hahaha*

Mulai dari gosip pilih kasih, keputusan yang plin-plan, pelit naikin gaji, jarang kasih bonus, tidak mau disalahkan, selalu mengganggap diri paling benar, sampai *mungkin* gosip selingkuh mengalir lancar saling bersahutan begitu saja. Hahaha, ketahuan banget yah si Hendri senang banget ngegosipin bos :) Tapi aku pikir itulah realita yang sesungguhnya, dan sebuah kesimpulan yang aku coba aku tarik adalah: kita tidak pernah bisa hidup tanpa gosip.

* * *

Ngomong tentang gosip, aku juga pernah jadi korban gosip. Meskipun aku bukan selebriti, tetapi tetap tidak luput dari gosip hehe ... Mau tahu cerita selengkapnya?

Waktu itu aku baru memulai babak baru dalam hidupku sebagai seorang pekerja. Di tempat aku bekerja, aku kenal dengan seorang cewek lain divisi. Dan entah kenapa, ketika kita kalo ngobrol selalu saja nyambung. Alhasil dibandingkan dengan staf lain, aku lebih sering menghabiskan waktu dengan dia.

Saat itu aku masih belum punya kendaraan pribadi, maklum masih merintis karir dan miskin-miskinnya. Dan, sangat kebetulan juga kostku dan kostnya satu arah. Makanya aku selalu janjian dengan dia kalau mau pulang bareng saja. Kadang aku yang tunggu dia, demikian juga sebaliknya. Namun kalau memang kebetulan salah satu harus pulang lebih malam, yah kita pulang sendiri-sendiri. Meniti perjalanan sejauh hampir 1/2 km dengan obrolan-obralan yang diselingi canda tawa, itulah keasyikan yang kami lalui sekaligus sebagai penghiburan tersendiri kala tubuh ini capek kerja seharian.

Statusku waktu itu udah punya pacar, sedangkan dia masih jomblo. Tetapi aku tidak pernah mengganggap itu sebagai hal yang perlu dipermasalahkan, demikian juga dia. Lagian pacarku udah pernah ketemu dia, dan tahu persis bahwa aku sering pulang bareng dengannya. So, we having fun aja dengan pertemanan kami.

Nah ... suatu hari ketika kita sedang dalam perjalanan pulang seperti biasanya, tiba-tiba dia bertanya kepadaku. "Eh ... di divisimu ada kabar-kabar aneh yang beredar ndak?"

Aku menjawab singkat: tidak. Dan berbalik aku tanya dia: emangnya kenapa sih?
Dia hanya menjawab singkat: tidak apa-apa.

Tetapi aku bisa menangkap ada sesuatu yang salah. Jadi aku mencoba mendesaknya, tetapi dia tetap berkukuh menjawab: nothing. Ya udeh, pikirku.

Trus beberapa hari kemudian, ketika aku ajak pulang bareng lagi, eh ... dia nolak. Aku diam saja. Pikirku mungkin dia mau lembur atau ngapainlah. Jadi aku mengganggap itu hal yang wajar dan tidak mempersoalkannya. Namun, ketika berulangkali dia menolak ajakanku, kecurigaan mulai timbul di hatiku. Dari pada mati penasaran, aku pun langsung menembaknya: ada apa sih.

And .. u guys know what is the answer?

"Aku tidak enak saja dengan teman-teman yang lain, karena di divisiku sudah beredar cerita aku mencoba dekatin kamu, padahal kamu sudah punya pacar. Jadi, sebelum gosip itu berkembang lebih lanjut, makanya kita ndak usah pulang bareng dan kurangi ngobrol lagi deh. Aku takut dikatakan mencoba merebut pacar orang."

HAAAHHHH?!!!?? HOW COME??? Pikirku tak habis-habisnya. Aku coba mengorek siapa saja yang menyebarkan kabar busuk itu, tapi dia bungkam aja. Hasilnya sejak itu pertemanan kami pun retak, dan ... begitulah endingnya. Tidak mengenakan.

Sejak itu pikiran ini muncul di benakku terus. Apakah tidak boleh seorang yang sudah punya pacar berteman dengan cewek lain? Apakah lantas kalau sering bareng itu hal yang tabu? Dan kenapa sih orang selalu gatal dan tidak tahan untuk menjaga mulutnya dari bergosip? Hhhhh ... tidak senang saja melihat orang gembira.

Makanya, aku termasuk orang yang anti dengan gosip. Mengapa? Karena kadang dia begitu kejam: sanggup meretakkan rumah tangga orang, mampu memisahkan sepasang kekasih yang sedang menjalin kisah asmara, bisa memercikan api permusuhan pada dua orang yang sedang bersahabat, dan banyak lagi.

Tapi ada juga pertanyaan yang berujar waktu aku tenggelam dalam pergumulanku: kamu sih Hen, yang kurang nanggap. Masa udah digosipin gitu ndak sadar-sadar juga hahaha ... dasar telmi :))

* * *

Dan ... aku dengar, di dunia per-blog-an pun kabarnya beredar begitu banyak gosip yah. Benarkah demikian?

Comments

  1. Anonymous8:33 AM

    iya lagi Hen di dunia Blog juga banyak Gosip nya. Jadi gak cuma selibritis aja yang jadi sasaran empuk gosip.
    kita sehari2 pun sering banget terlibat gosip. apalagi yg namanya cewek duh... paling seru kalo udah ngumpul rame2 trus ngosip ini itu.. kalo dulu masih lum nikah gosipin cowok A,B,C... wakaka..

    ReplyDelete
  2. gosip, makin digosok makin sip katanya.
    masih mending kalo digosipin yang enak2, tapi kalo yang ga enak spt yang kamu alamin sih nyebelin. gua juga pernah dalam situasi spt kamu hen... :) berbahagialah orang yang digosipkan, karena dia jadi pusat perhatian...
    (atau apa sebenarnya orang lain yang kurang kerjaan ya? hehehe)

    ReplyDelete
  3. gosip o gosip..krn gw diitung new player di dunia persilatan blogger gw blm tau tuh kalo ada gas gos seputar para blogger..mudah2an jangan gosip yang bikin ribut ya.. but yang namanya ceweg2 kalo dah ngumpul tau sendiri donk dari gosip selebriti, orang kantor sampeeee tetangga semuanya dibahas sampe tuntas tas... kakkkkakkkkkk

    ReplyDelete
  4. Anonymous8:48 AM

    di dunia blog pada ngegosip? kok bisa yak... emang gosipin apa sih??? Bukan gw kan?? **geer mode on**

    ReplyDelete
  5. ada gosip Hen... buku *Ngejomblo Itu Nikmat* mau di-film-kan. Asiiikkk...

    ReplyDelete
  6. ko bun bun,kapan kita bergosip ria neh???kakakakka

    ReplyDelete
  7. gosipp dimana2... well selama ini gua liat gossip sebagai bumbu yg bikin semarak hidup aja sih... gosip yg cuman cerita si ini ngapaen aja skrg, si ono habis pergi berlibur kemana

    tapi gosip2 negatip yg bikin demam meriang kaya di kasus loe itu, well, memang menyebalkan sekali!!!

    Kenapa sih banyak banged org picik yg ga bisa ngelihat dua orang berbeda gender temenan. kalopun waktu itu lo belon ada cewe, pasti juga digosipin topik2 laen lage sama temen sekerjamu itu

    *panas sama gosip2 yg nyebelin kek gitu, soalnya gua jg suka digosip and di cap ce rusak binal hanya gara2 gua ngerokok.. DUn ever judge and then condemn a person before you really knoe him/her!~*

    ReplyDelete
  8. Ir: Gitu yah hehehe ... jadi sampean sendiri yang ngaku yah bahwa gosip itu udah jadi sarapan pagi sehari-hari hahaha ...

    Xu: hahaha ... trus gosip kamu gimana? Ceritain dong, kita-kita khan pengen tahu juga :))

    Sunny: Ooo .. pendatang baru ceritanya :) Apakah dikau termasuk kelompok yang sering membahas sesuatu sampai tas .. tas .. tas ... juga :)

    Imelda: Emang situ ngerasa digosipin ndak :) Atau justru situ yang gosipin sering gosipin sekeliling hahaha

    Khun: Oh ya ... kapan tuh launchingnya? Perlu pemeran tambahan hahaha

    Bolot: Iya neh kapan? Dikau udah jarang muncul sih, jadi kapan mau gosip ria :))

    Violet: Hahaha ... toast dong kalo gitu :) Makanya, daripada digosipin cewek ndak baik, hilangin tuh kebiasaan rokok. Lagi pula ndak bagus untuk kesehatan khan :)) *udah ah nasehatnya, ntar dipanggil om lagi hahaha*

    Bunga: Oh ya ... *segera meluncur ke sana sambil bawa hendikam* hahah

    ReplyDelete
  9. Wakaka, bener tuh... . Sampe saking menyesalnya nge-gosip, temenku sampe ngomong: "Gamau nggosip ah, dosa tuh... :D". Tapi belakang2nya akhirnya nggosip juga, wakakaka....

    ReplyDelete
  10. gosip ama fitnah sama gak yach? perasaan sejak aku di SD pun udah digosipin sampe sekarang. Heran, orang koq lebih suka ngurusin orang lain.
    kenapa kalian gak langsung demo ke bos aja *ngumpet ach!*

    ReplyDelete
  11. di dunia perblog-an ? hahahha....kiat kalo chatting, gak pernah ngomongin orang, khan hen ? palingan ngomongin ricky hahaha

    ReplyDelete
  12. Wah, ternyata ada gosip di sini, tengah malam gelap ku sempatkan baca..olala...

    Kamu di gosipin apa hen, kasih tau dong *dgn tatapan lugu melipat tangan memohon*

    Btw, elo kan telmi ya..ya sutralah..percuma di tanya.

    ReplyDelete
  13. Zilko: Hahaha ... berarti itu namanya penyesalan sementara :)) Tapi, kamu tidak termasuk yang suka gosip khan :)

    Tenfams: Yah ... gosip setingkat lebih rendahlah dari fitnah hahaha ... demo langsung ke bos? *celingak-celinguk lihat kiri-kanan seraya berbisik: tidak berani mbak* hahaha

    Dian: Hahaha ... kasihan ricky, jadi bahan gosip :))

    Sisca: Hah?!? Daku digosipin di dunia perblogan? Hmmm ... *kelamaan mikir makanya langsung pencet tombol publish"

    ReplyDelete
  14. kalo gue ama melong pasti gossipin loe hen, gak percaya? tanya aja ama melong akakakkakakakakak

    ReplyDelete
  15. Bronx: oh pantas ... ndak heran aku sering bersin, ternyata sering digosipin kalian toh :))

    ReplyDelete
  16. hidup tanpa gossip bagaikan postingan tanpa komen wakaka

    ReplyDelete
  17. Hide: Gitu yah :) Berarti kalo komen sama dengan gosip dong, berarti kita semua penggosip dong hahahah

    ReplyDelete
  18. Anonymous8:21 PM

    Great work!
    [url=http://enjsszee.com/ppig/lvox.html]My homepage[/url] | [url=http://zgwfyuuc.com/pjiv/mssb.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  19. Anonymous8:22 PM

    Great work!
    [url=http://enjsszee.com/ppig/lvox.html]My homepage[/url] | [url=http://zgwfyuuc.com/pjiv/mssb.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  20. Anonymous8:22 PM

    Great work!
    http://enjsszee.com/ppig/lvox.html | http://eiduqvpz.com/uuau/fkcf.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa