Skip to main content

Pendatang Baru

Akhirnya ia datang
Tangis pertama menghentak kalbu
Apakah berairmata?
Itu pasti genangan permata
Wajah-wajah siapa di sana?
Dikenang pula untuk hari ini dan seterusnya
Senyum, tawa, ceria diikat dalam buaian
Tidak berkata-kata,
Hanya tatapan
Hanya belaian
Ia sudah mengerti


* * *

Itulah seuntai puisi yang aku terima via SMS dari adikku nun jauh di negeri tetangga kala berita kelahiran onga tersebar ke seluruh penjuru dunia. Puisi itu menggenapi sejumlah SMS, e-mail, serta telp sebagai ungkapan sukacita dan kebahagiaan tatkala penantianku selama hampir 9 bulan lebih jebol dalam sehentak tangisan yang sudah lama aku harapkan.

Yah ... onga telah lahir. Dia secara resmi sudah bergabung bersama kami dalam sebuah keluarga kecil bahagia. Puji syukur ke hadirat Tuhan Yesus Kristus karena sudah menunjukkan kebaikan dan keperkasaanNya dalam proses penantian panjang ini.

* * *

Kamis, 6 April 2006, jam 05.00 tiba-tiba aku terbangun. Tidak biasanya aku begitu, karena aku selalu bangun saat wekerku yang distel jam 05.45 berbunyi. Seraya merenung 'keganjilan' ini, sesaat kemudian, sebuah SMS masuk. Aku lihat pengirimnya, oh ... dari istri tercinta. Segera aku baca, dan isinya sebuah pesan singkat yang membuat adrenalinku bergetar kencang: Yank ... aku sudah keluar flek merah, dan perutku sudah mulai mulas.

Apakah itu tanda-tanda onga mau lahir? Belum sempat aku berpikir panjang, HP-ku berbunyi. Secepat kilat aku terima. Dari seberang, suara Ibu mertua dengan suara panik memintaku segera cabut dari Jakarta menuju Purwokerto, tempat istri mempersiapkan diri baik secara fisik maupun mental untuk melahirkan. Untuk menenangkannya aku jawab akan segera berangkat dengan kereta terpagi.

Namun sejujurnya hatiku sempat bertutur: ah ... itu khan baru gejala. Seandainya aku berangkat dengan kereta malam paling masih keburu, soalnya masih ada beberapa kerjaan kantor yang masih tanggung dan rencananya mau aku selesaikan hari itu juga. Lagian aku sudah punya rencana untuk berangkat hari Jumat malam saja. Selain karena tiketnya sudah ditanganku, feelingku juga mengatakan bahwa onga baru akan lahir kalau tidak hari Sabtu, yah Minggu.

Beberapa saat kemudian ada telp masuk lagi. Kali ini dari adik ipar dan pesannya sama: ko, segera berangkat karena sudah ada tanda-tanda melahirkan. Aku kembali mengiyakan sambil OL untuk cek jadwal kereta serta jumlah kursi yang tersedia. Setelah memastikan jam kereta terpagi masih ada kursi kosong, aku pun telp ke istri menanyakan kabar terakhir. Rupanya dia juga panik, dan segera memintaku datang menemaninya.

Aku pun segera mandi, beres-beres, telp sana-telp sini, dan jam 06.15 aku sudah di taksi menuju stasiun Gambir. Sesampainya di sana, aku langsung membatalkan tiket jumat malam dengan kompensasi dipotong 25%, dan pesan kereta Taksaka. Jam 08.15, akupun sudah nongkrong dengan manis di Gerbong 3 kursi 5D, sendirian dengan sejuta pergumulan dan doa agar semuanya berjalan lancar.

Tepat pukul 13.20, aku sampai di stasiun Purwokerto. Dan jemputan sudah siap mengantarku ke Rumah Sakit. Awalnya aku berpikir istri pasti sudah panik dan sedang berjuang menghadapi proses kelahiran. Namun aku kecele. Ternyata dia masih ceria dengan aneka jajan yang setia menantikan giliran untuk disantap. Aku tanya kabarnya, ternyata baru pembukaan 1/2. Ooo ... kata suster dan dokter itu masih lama baru lahir, paling 2 atau 3 hari lagi. Statemen yang sama juga aku dengar dari beberapa teman yang sempat aku tanyakan. Setelah mendengarkan semua penjelasan tersebut, akupun memutuskan untuk pulang dan istirahat di rumah saja, daripada tidak betah di RS serta juga menghabiskan biaya hehe ... Alhasil, sore hari kitapun boyongan pulang, dan istirahat serta melakukan aktivitas seperti biasanya.

Sekitar jam 00.30 aku sempat tulis satu posting [terima kasih]. Ketika lagi publish sambil blogwalking, istri mulai merasakan kontraksi dengan jeda waktu yang mulai teratur. Aku pun segera OFF, dan bergabung dengan istri di kamar bersama-sama mulai menghitung jeda waktu kontraksinya. Awalnya masih 8 menit, kemudian secara perlahan berkurang menjadi 7 menit, 6 menit ... hingga sekitar jam 04.30 sudah menjadi 3 menit sekali. Wah ... kata orang-orang sih itu artinya tanda sudah mau lahir beneran.

Kita pun kembali ke RS. Ketika diperiksa ternyata baru pembukaan 3, dan dikatakan lagi paling ntar sore atau malam baru lahir. Istri yang udah ndak tahan minta segera di-caesar saja. Namun saat aku pun ngomong sama dokter, permintaan untuk ceasar ternyata ditolak dengan alasan kondisi bayi dan ibu sehat. Operasi hanya boleh dilakukan kalau ada kelainan saja. Kalau memang ngotot untuk caesar, tunggu sampai siang hari sambil melihat proses pembukaannya. Kalau tetap bertahan di angka 3, segera lakukan, namun kalau lancar, mau tidak mau harus lahir normal. Aku yang dikit panik dan kasihan, merasa sebel juga. Masak sih mau operasi saja tidak boleh? Alhasil karena tidak punya pilihan lain, kita pun berkutat di ruang bersalin seraya bertahan dan berdoa.

Singkat cerita, saat jam 07.30 aku lihat di kasur sudah banyak cairan berwarna merah menggenang. Aku pun segera panggil suster, dan saat diperiksa ternyata sudah pembukaan 8. Armada persalinan pun mulai berdatangan, dan sekitar 2 menit kemudian diperiksa lagi sudah pembukaan sempurna alias 10. Aku yang sejak semula memang bertekad ingin menemani istri dan tidak mau melewatkan momen bersejarah ini pun ikut berjuang. Sambil membisikkan doa dan semangat, kupandang wajah istri dengan penuh kasih berpacu dengan waktu mengeluarkan seluruh tenaga yang dimiliki untuk melahirkan onga.

And finally, tepat jam 07.45 di hari Jumat, 7 April 2006, onga untuk pertama kalinya melihat dunia dengan selamat tanpa kekurangan apapun. Tangis kebahagian pecah seketika, ucapan syukur terlanturkan begitu saja, dan pujian atas kebesaran Tuhan mengalir seiring lengkingan tangisan onga.

* * *

Penanggalan di layar pekan lalu menunjuk angka tujuh, dalam jemu berkutat, datanglah berita sukacita, di sebuah rumah bersalin tanah air, sekitar pukul 07.45,
seorang bayi lelaki berbobot tiga kilo, dengan panjang empat puluh delapan centimeter telah membuka mata, menyemarakkan dunia.

sedikit sisipan ini bersalut doa,
semoga penghuni baru dan nahkodanya,
di tengah rasa gembira memetik hasil bunga cinta,
mengingat pesanku..." isi dan bekali si kecil...
menempanya penuh kasih dan budi....
agar menjadi kebanggaan di kemudian hari".


*) a poem from my another far away sister

* * *

Marvel Enrico Bun. Itulah nama buah hatiku. Selamat datang ke dunia nyata, sebuah tempat pembelajaran kehidupan yang penuh tantangan, ketatnya persaingan, serta kerasnya rimba yang harus ditelusuri. Namun, aku ucapkan juga selamat bergabung dalam indahnya sebuah keluarga, limpahnya rahmat dan anugerahNya, serta kayanya kasih sayang dari lingkungan sekitarmu. Aku yakin engkau pasti bisa karena engkau adalah seorang pemenang dan insan pilihan. Engkau sudah bersaing dengan 250 juta saudara sekandungmu dalam proses perburuan menuju sel telur, dan engkau begitulah apa adanya.

Tuhan memberkatimu selalu ...

Comments

  1. Wah, beneran dah lahir nih. Selamat ya...

    Marvel Enrico Bun (wakaka, kirain ada hubungannya sama Melli tuh... :P), berarti cowok ya?? :) Fotonya donk... :D

    ReplyDelete
  2. Sekali lagi selama ya..jadi mama & papa baru..atas hadirnya si kecil Marvel

    Tak ada kado tak ada angpau
    Hanya doa tulus dan sisip postingan
    Semoga senantiasa menjadi kenangan

    ReplyDelete
  3. Selamat datang Marvel, ....namanya bagus sekali Hen. Kalo boleh tahu, apa arti namanya?
    sekali lagi selamat yach jadi orangtua baru. siap2 aja jatah tidurnya dikurangi.

    ReplyDelete
  4. wah namanya bagus, hen!! selamat yang sudah jadi papa! Marvel, he is a marvelous person. :) GOd bless!

    ReplyDelete
  5. *buka champagne*

    congrat, congrat nih bro. Udah jadi bapak. Mana anaknya laki lagi. Hmmm.....

    Gila, believe it or not. Ada satu lagi kesamaan kita nih ...... "MARVEL" ? My sweetie juga namanya "MARVELla".

    Waduh bakalan jadi gosip abis di blog. *buruan balik bikin postingan tandingan ahh*

    ReplyDelete
  6. Anonymous8:02 AM

    Wah selamat yah Hen.. atas kelahiran putranya.. Akhirnya namanya baru terungkap.. hehe.. Nama yang bagus Hen...
    Sudah jadi Papa.. nih ceritanya...
    Sekali lagi selamat yah.

    ReplyDelete
  7. Marvel Enrico Bun
    nice name hen !!!

    selamat yaaaaaaaah.....congratulation !!!

    jangan lupa, posting FOTO nya Marvel yaaaaaaaaa.....ditunggu nih...

    ReplyDelete
  8. selamet yah Hen.. aih Marvel ganteng sekali... btw kurang tuh potona cuma satu.. haiyoo posting lagi

    Sumpe deh, aku baca nih postingan jd nanis tersedu sedan, jadi inget saat2 melahirkan dulu.. hiks..

    selamat bergadang ria yah mulei hari ini dan seterusnya.. enjoy..

    ReplyDelete
  9. wuahhh, Congratzzzz!!!! Onga udah nongol di dunia.... namanya bagus..... ada artinya?
    Selamat ya sekarang gelarnya udah jadi papa beneran.... (terbayang Marvel manggil2 papanya)
    GBU

    ReplyDelete
  10. woww Selamat yah HEN!!! GIlak, baru gua ga blogwalk bentar, tao2 balek sini uda ada berita besar hehee.

    Selamat menempuh hidup baru yg berwarna bertiga yah!!!

    MEB... Marvel Enrico Bun ... wah kayanya tar anaknya pasti suka maen game arcade *marvel super heroes* and tampangnya sedikit2 kaya latino hearthrob *sambil ngebayangin nama enriquenya*

    Titip salam peyuk dan cium buat ur son yah, dari tante yulie =))

    Selamat!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  11. wah
    cuman beda 1 hari nih sm aku ultahnya
    aku ultah 6 april
    dia 7 april

    wah kalo bareng2 harusnya bisa sama2 ngrayain ya?
    hehehehe

    congrats for the new baby ko

    ReplyDelete
  12. Anonymous12:36 PM

    congraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattzzz!!! he's cuteee...dagunya lancip bener...ayooo posting banyakan ttg Marvel....dipanggilnya apa nih...iya apa arti namanya sih..namanya unik...:D

    ReplyDelete
  13. Anonymous2:15 PM

    Selamat ya Hen...udah jadi Bapak nih, siap2 sibuk ganti popok Marvel ya hehe... Namanya keren oi

    ReplyDelete
  14. Hen, selamat yah.... udah dapat kado dari Tuhan. Akhirnya Marvel udah lahir! cihuiiiiiiiiiiiii !! cium buat Marvel yah...

    ReplyDelete
  15. MARVEEEEEEEEELLLLLL !!!!

    Ciluk
    BAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  16. selamat hen ..telah menjadi seorang ayah, dan kamu telah di percaya untuk di titipi seorang anak untuk menjaganya....
    marvel... namanya bagus sekali....

    ReplyDelete
  17. Anonymous7:58 PM

    Hen, gw mo ngasih lagu bwat elo by Creed, judulnya "with arm wide open". Gini lagunya:

    Well I just heard the news today
    It seems my life is going to change
    I closed my eyes, begin to pray
    Then tears of joy stream down my face

    With arms wide open
    Under the sunlight
    Welcome to this place
    I'll show you everything

    With arms wide open
    Well I don't know if I'm ready
    To be the man I have to be...

    ***

    Menggambarkan perasaan elo gak? Lagu ini menggambarkan perasaan gw banget waktu Angina lahir.

    Semoga elo bisa jadi bapak yg baek bwat Enrico, semoga elo bisa menunjukkan segala hal padanya, semoga elo bisa jadi bokap, kakak, teman, everything for ur son.

    Gutlak ya Hen. Sun chayank bwat Enrico, N salam manis bwat ur wive. Tell her that she's GREAT!

    Eniwei, klo ada yg mo lo tanyain bout ur baby, jangan ragu contact gw, sapa tau gw bisa bantu or sekedar dengerin gumamam elo.

    Met begadang yak. See ya!

    ReplyDelete
  18. bro... penantian itu akhirnya happy ending... :D aku bisa membayangkan betapa bahagianya anda saat ini. hal yang sama saya alami 5 tahun lalu.

    se-x lagi selamat ya bro. salam sama istri sama marvel.

    ReplyDelete
  19. Zilko: he eh ... Onga udah lahir :)) Senangnya hatiku hehe ... Foto Marvel? Udah lihat khan?

    Sisca: Terima kasih my sista. Seuntai doa darimu sudah sangat besar maknanya. Kita akan bersama-sama berjuang mewujudkannya :)

    Tenfams: Maturnuwun sanget ... Kalo dari referensiku itu artinya: Manusia Hebat Penyayang Keluarga :) Doakan semoga terwujud yah. Kurangi jatah tidur? Hehehe ...

    Nie: Gitu yah :) Selain marvelous juga ganteng khan :)

    Hide: Hahaha ... memang kita sudah ditakdirkan untuk mirip :) *dikit kaget juga daku dengan semuanya* Btw, kapan giliranmu menyusul?

    Ir: Kam sia yah. Sudah terjawab teka-teki MEB? Semoga tidak mengecewakan hahaha

    Madame: Terima kasih. Foto-foto semoga dalam waktu dekat ini akan segera menyusul. Btw, sudah intip edisi perdananya khan?

    Wina: Hehe ... like father like son, artinya papinya pasti ganteng juga :)) Wah ... postingku membuat dirimu terharu yah, tidak apa-apa khan, anggap aja sebagai kenangan masa lalu :)

    Xu: Yooiiiii ... aku sudah jadi Papa Marvel :)) Artinya? Ada deh ... Btw, kapan giliranmu menyusul?

    VyletteCream: Hahaha ... makasih yah. Semoga face latino-nya jadi kenyataan deh. Tapi yang suka game jangan deh haha ... Peyuk ciumnya ntar aku sampaikan ...

    ReplyDelete
  20. Mee-a: Wah ... berarti barusan ultah juga yah ... selamat ... Yang ke berapa neh? Besok2 makan-makannya bareng aja yah ... lumayan, hemat budget hahaha

    Ley: Xie-xie. Cerita lebih lanjut tentang Marvel? Ditunggu aja yah ... Namanya unik yah, hehehe ... hasil seleksi dari puluhan ribu nama yang ada :) Artinya udah tahu khan?

    Imelda: Iya neh ... sudah tidak terhitung berapa kali aku gantiin tuh popok :) Namanya keren? Hmm ... siapa dulu dong yang ngasih hahaha

    Bev: I know u know much about him. Thanks sister for everythings ... May he call u Auntie Bevvie?

    Yenny: Kado sekaligus sebuah amanah yang sangat besar :) Doain yah biar kami bisa mendidiknya dengan baik.

    Brad: UNCLEEEEEE ...

    Nita: Xie xie nit. Dukungan doanya tetap dinantikan yah :)

    Dewi: Makasih yah untuk lagunya. Bermakna sekali :) Salam untuk lo pho udah disampaikan, katanya makasih juga *and minta bukunya juga hahaha* Thanks untuk kesediaanya ... i will

    Apollo: Hehehe ... thanks Bro.

    Lucy: Wah ... jadi merinding toh haha. Ini baru versi halus lho, belum aku tulis versi blak-blakan, takut di demo hahaha ... Iya neh ... wekernya lagi sibuk :) Tapi akan segera kembali kok, ditunggu aja :))

    ReplyDelete
  21. Bunga: Thanks yah. Doain terus yah agar semuanya tercapai :)

    ReplyDelete
  22. Selamat Hendri!!
    Selamat menjalankan salah satu tugas terberatmu sebagai manusia, menjadi seorang ayah.
    Jadilah ayah yang bijak.
    Jadilah garam dan terang dalam jiwa anakmu.

    Tuhan memberkati :)
    'n selamat paskah ya.

    ReplyDelete
  23. Sinceyen: Makasih yah. Dukungan doanya tetap aku nantikan :)

    Met paskah juga. GBU

    ReplyDelete
  24. congratulations! welcome Marvel to this world! mwaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  25. Bronx: Makacih bangetttttt yah ...

    ReplyDelete
  26. Anonymous5:00 PM

    Thank you!
    [url=http://oyasdsjz.com/rqts/gdgd.html]My homepage[/url] | [url=http://pqwrverh.com/mpru/npig.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  27. Anonymous5:05 PM

    Well done!
    http://oyasdsjz.com/rqts/gdgd.html | http://nlntokeg.com/wygi/htzf.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa