Skip to main content

Burjo

Hahaha ... ini sebuah istilah baru lagi. Pernahkah mendengar istilah ini: Burjo?

Bagi Anda yang pernah menghabiskan waktunya sebagai anak kost, terutama di Jogjakarta, pasti pernah mampir di sini. Tempat ini sering digunakan tempat untuk mangkal, menghabiskan malam dengan teman-teman, tempat memuaskan dahaga dan lapar. Jadi tidak heran tempat ini merupakan salah satu tempat favorit bagi sebagian anak kost, termasuk diriku.

Bubur kacang ijo, demikian kepanjangan dari burjo. Dengan harga yang sangat terjangkau, akan tersaji dengan indah di depan kita semangkok panganan yang isinya kacang ijo, ketan item, dan dilumuri santan putih. Kadang ada yang minta disajikan hangat, dan dengan menambah seratus perak beberapa bongkah kecil es batu nongkrong siap memberikan kesegaran tiada taranya.

Selain itu, warung burjo juga menyediakan jajanan lain. Menunya ditampilkan dengan kreatif dan memikat. Anda tahu di sana juga jual intel? Itu bukan intel beneran atau intel-nya pentium, tetapi singkatan dari indomie telor, alias indomie pake telur. Ada juga jual tante [tanpa telor aka indomie tapi ndak pake telor], telor setengah matang, STMJ, pisang molen, sampai soda gembira.

Aku termasuk sering mampir di tempat yang satu ini, terutama malam-malam setelah bergadang dengan teman-teman. Kesukaanku bukan burjo, tetapi intel dengan sayur sawi yang banyak. Dengan tambahan segelas teh manis hangat, nikmat sekali sebagai pengganti supper penghantar tidur.

Ada satu kenangan yang tidak pernah aku lupakan dengan burjo. Sebuah pengalaman nyata yang membuat hidup saya lebih berwarna. Ceritanya begini.

Di awal kedatanganku ke Jogja, aku dibekali dengan sejumlah uang yang cukup dan cenderung berlimpah. Namun karena sebagai pendatang baru, banyak kebutuhan yang harus aku beli, seperti kasur, lemari, rak buku, meja belajar kecil, dll. Akibatnya, ibarat pepatah: besar pasak dari tiang, uangku habis. Hasil print di buku tabunganku menunjukkan sebuah angka, Rp. 32.635,- Celaka ... pikirku. Aku lirik kalender, masih tengah bulan. Aliran dana bulanan dari orang tua masih sekitar 10 hari lagi, dan dompetku hanya berisi sekitar 2 lembar uang 10.000-an.

Aku panik. Bagaimana aku harus melewati hari dengan dana segitu? Aku hitung-hitung. Sekali makan sekitar Rp. 1.500,- [tahun '94], kalau sehari makan 2 kali saja berarti habis Rp. 3000,- Dikali 10 menjadi Rp. 30.000,-. Cukup memang, tapi sangat riskan. Gimana kalau ada keperluan mendadak? Gelisah dan ketakutan sempat menghantuiku.

Mau minta orang tua kirim dana lebih cepat? Tidak tega. Minta bantuan dari saudara? Aku sebatang kara di Jogja. Bujukan untuk menghutang teman sempat berhembus kencang di otakku. Namun aku menolaknya, karena dari dulu memang aku diajari orang tua pantang berhutang. Trus gimana dong ...

Aku pun datang ke kost temanku. Cerita punya cerita, ternyata dia juga mengalami hal yang sama. Tapi beda prosesnya. Kalau aku habis karena belanja kebutuhan yang memang perlu, temanku karena boros. Wah ... ada teman senasib nih, pikirku. Alhasil kita pun makin akrab. Kita pun sehati sepikir memikirkan jalan keluarnya.

Burjo ... yah, itulah jawaban dari ketidakberdayaan kami. Karena harga burjo murah, dan mengenyangkan, serta dapat minum air putih gratis, kita pun ke sana.

Pesan burjo 2 mangkok, dan minta air putih berulang-ulang supaya kembung dan kenyang, kita terselamatkan. Masih ingat jelas, waktu itu semangkok adalah Rp. 350,-, jadi sekali makan habis Rp. 700,-. Sehari 2 x habisnya cuma Rp. 1.400,- jauh lebih hemat dibandingkan makan nasi ... he he ... kasihan yah aku :)

Selama hampir 5 hari aku dan teman setiaku menjalani hari-hari yang begitu berat. Sebuah pengalaman yang akan terus kuingat sampai kapan pun, membuat aku bisa mengerti dan lebih memahami saudara-saudaraku yang kekurangan ...

* * *

Dengan perlahan aku membuka arsip barang-barangku. Terselip di antara tumpukan itu, aku melihat sebuah buku kecil agak kusam. Aku mengambilnya, dan melihat isinya. Terharu aku melihat tulisan yang tercetak di atasnya, sebuah angka yang membuka memoriku ...

Comments

  1. Anonymous1:46 PM

    wakkakaa.... cucian bener Hendri. Gpp Hen, burjo kan banyak vitaminnya, melancarkan pencernaan tuh, karna banyak seratnya. :p~

    btw, aku jg suka banget sama intel Hen, umm..yummy!! Herannya kenapa klo bwat sendiri gak seenak ditukang burjo itu yak? *sambil ngelus ngelus jenggot*

    ReplyDelete
  2. saknoe rek kkoku ini...
    *untung gak pernah jd anak kost*

    ReplyDelete
  3. ahahhaha,hi hen...gimana dahaganya?udeh minum gak sih :P

    he he he,bener2 anak2 kost deh dienya,kayanya gw juga pernah punya pengalaman yg sama waktu kost diBdg :p ,so give me five donk !ahahha,well thanx udeh visit blog gw yah...^smile^

    ReplyDelete
  4. kalo abis makan burjo emang jadi kesereten/haus banget, bener tuh minum air putih banyak2. hihihi...
    bagus jg dirimu ngikutin keadaan, gak perlu ngutang walau kepepet.

    ReplyDelete
  5. waWww.. kenang2an masa kuliah. *tb2 jadi pengen makan burjo* tadi gua kira burjo itu burung ijo, kali aja disana ada makanan khas yg namanya burung ijo hehe

    ReplyDelete
  6. Hen, untung elo gak eneg2, muntah atau bosan..emang kadang perut bisa menyesuaikan keadaan ketika kefefet..hehehhe

    Dulu mana pernah daku makan menyelup roti ke piring..skr mana kala gak dimakan..di jamain kelaparan..soo...huehueheue..begitulah diriku bertransformasi...

    ReplyDelete
  7. Kenapa lu ngak ngutang aja ama Khun ? atau jgn jgn teman lu itu si Khun yach xixi tapi gw jg suka kok ama burjo tapi kalo gua disini bilangnya kajo hehe kacang ijo . hayoo kajo..kajo..siapa mau ? daftar , taruh duit ...

    ReplyDelete
  8. Dewi: gitu yah, hahaha ... Btw, mau cobain intelku ndak? Ueeenak lho ... banyak yang muji dan minta dibuatin :) *padahal mungkin aja aku dimanfaatin*


    Mee-a: Hehehe ... begitulah nasib anak kos :) Kacian yah ...


    MissUnperfect: TOSSS!!! Asyik ketemu teman sepatriot haha ... Thanks untuk sajian minumnya, dahaganya udah ilang :))


    Tenfams: Begitulah ... jadi pernah ngerasain jadi orang miskin :) Btw, itu prinsip yang kudu dan harus :))


    Miss Violet: Burung ijo? Hahaha ... ceritain dong apaan itu :) Pernah ngerasain masa kuliah juga? Hayoooo ... cerita yah ...


    Sisca: Hahaha ... begitulah. Kalo kefefet apapun rasanya ueeenaakkkk hihihi ... btw, masih kangen ama nasi campur khan :))


    Evan-Mom: Khun? Wah ... belum kenal tuh waktu itu hahaha ... tapi seandainya kenal, mau ndak yah dipinjamin hihihi

    ReplyDelete
  9. Wah, temenku yg ngekos juga katanya suka nge-burjo tuh kalo malem2, he3... :D Pernah dy cerita ke aku... :)

    Burjo sih sehat, tp katanya santen ga bagus ya??? :?: :?: :?:

    ReplyDelete
  10. Hen, tadi pagi aku sarapan burjo deket kantor. Sekarang harganya Rp1.300,- Plus teh panas total Rp2.000,- Gilak ya, sarapan 2 rebu gimana menghasilkan input produk berkualitas intelektual. hahaha... cuman di Yoja bisa begini :)

    ReplyDelete
  11. Ralat:
    input digantiken ama output

    ReplyDelete
  12. Anonymous12:32 AM

    derita anak kost..kalo dah ga ada duit kaya gini nguras otak mikir ada gak yg utang ama aku...kalo gak ya ngutang bentar lah ama roomate yang sudah aku kenal 5 tahun dan jadi tempat bayar nyicil utang wakaka...mau gak mo..abis mo gmna...

    duit di tabungan tgl $18, di kantong tgl $12,buat 3 hari sih lumayan cuman kan serem juga...gak semua terima debit kan...mana yg $12 jadi tgl $2 gara2 makan di luar karena di rumah udah ga ada makanan...skrg bs nafas,,,duit udah dikirim..wakaka..

    intel emang enak..knp klo bikin ndiri ga perna enak ya???

    ReplyDelete
  13. *terharu ternyata kita ada kemiripan juga*
    inget gak aku pernah cerita kalo kuliah itu seminggu cuman balik rumah 2 kali, ambil baju bersih, naruh baju kotor, minta duit. biasanya sih nongkrong di markas besar, rumah Tomy di pusat kota.

    pernah sekali waktu pas aku masih ngerokok sih, semua yang cangkruk di situ kan ngerokok dan pas bokek semua. kumpulin duit, total cuma 3000 perak, akhirnya beli kerupuk upil *bukan dari upil, tapi kecil kecil kayak upil* yg ada petisnya itu loh, terus dimakan rame-rame orang 6 buset dah, kenyang minum air dan berebutannya wakaka

    btw angka apa yg membangkitkan memorimu ? *penasaran mode on*

    ReplyDelete
  14. Zilko: Ya begitulah hehe ... enak, murah meriah, dan yang penting kenyang :)) Santen ndak bagus? Katanya bisa asam urat yah *hahaha ... ngarang si Hendri*


    Khun: Hah? Udah segitu toh harganya. Kalo itu sih bukan karena inputnya yang ndak ok, tapi udah dasar processornya yang udah TOP hahaha ...


    Anonymous: Hahaha ... berarti aku menyimpulkan sementara hampir 90% anak kost pernah mengalami yang namanya krisis keuangan :)) Btw, intel buatan sendiri ndak enak? Sekali-kali mampir deh ke rumah, ntar aku bikinin intel spesial yang dijamin oke punya :)


    Hide: *terharu juga daku menemukan brother sehati denganku* Waktu rebutan kemarin, u dapat berapa biji upilnya hahaha ... Angka memori? Hehehe ... jangan2 mau dipakai untuk pasang lotere :))

    ReplyDelete
  15. Anonymous8:54 AM

    duh jadi inget dulu waktu masih jadi anak Kost, blum kerja, masih mengharap kiriman Ortu :D... yah kalo makan irit2 deh, takut akhir bulan kurang kan bisa gawat, blum lagi buat spare jaga2 kalo ada keperluan mendadak kayak beli buku, fotocopy, beli keperluan sehari2... sabun shampo dll.. blum lagi kalo diajakin temen jalan2 ke Mall.. hihihi..

    ReplyDelete
  16. kakkakka emang air putihnya bisa bikin kenyang, hend ?

    aku suka burjo. sehat and lumayan buat sarapan

    ReplyDelete
  17. Anonymous10:41 AM

    waduh..burjo ya... uenak banget. Tp gw lebih suka ketan item terus pake santen putih...wuih wuihh...hiks..udah lama nih ga makan. Dulu langganan gw di pasar mandiri gading, cuma setelah merit ga pernah lagi

    ReplyDelete
  18. Gw sukanya internet hen.. 9pake kornet0 terus minumnya Fansus (ganta susu).. hihh... borooss banged yah.. tp kalo bener2 nda ada duit maklum anak kost juga, aku lebih ngirit lagi beli indomie trs masak dikost an.. wuaah.. gizinya ga ada yah hen.. tp lumayan untuk menyambung hidup * hallaah..

    ReplyDelete
  19. Ir: gitu yah ... hehehe ... teringat lagunya Project Pop: Nasib anak kost hahaha


    Lucy: Iya neh. Beda kelegitan dan kekentalannya dengan yang ada di Jogja. Mmmm ... memori daun pisang? Hahaha


    Dian: Begitulah, hehehe ... keyang sih kagak, tapi kembung. Tapi lebih baik khan saripada perut kosong, hahaha. Coba aja deh ...


    Imelda: wah ... ternyata punya pengalaman semua :) Pasar mandiri gading itu sebelah mana yah?


    Wina: HAHAHA ... kreatip habis :) Yah begitulah akan kost, demi menyambung hidup, seperti penuturanmu hihihi ...

    ReplyDelete
  20. Anonymous4:40 PM

    Great work!
    [url=http://pbiijwdm.com/mtdn/lnza.html]My homepage[/url] | [url=http://mgmluwhm.com/utif/awbl.html]Cool site[/url]

    ReplyDelete
  21. Anonymous4:40 PM

    Nice site!
    http://pbiijwdm.com/mtdn/lnza.html | http://mmmamtjl.com/jgli/kfba.html

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa