Skip to main content

Jatuh Cinta

Kata orang kalau sedang jatuh cinta sejuta perasaan akan bergejolak di dalam dada. Entah itu senang, bahagia, rindu, kangen, bahkan sedih bertumpuk menjadi satu membuat insan yang sedang dilanda cinta bingung sendiri. Entah dari mana munculnya dia datang begitu saja. Seperti pencuri di malam hari, kehadirannya sungguh mengejutkan, secara tiba-tiba, dan ketika kita dihantam olehnya ... kita hanya bisa berdiam diri tanpa bisa berbuat apa-apa. Sikap yang paling bijaksana adalah just take it and enjoy very much.

Jatuh cinta mampu mengtransformasikan secara total pribadi seseorang. Lihat saja bukti-bukti yang berseliweran di sekeliling kita. Tiba-tiba saja kita mendapati teman kita berubah drastis penampilannya, dari seorang super cuek menjadi pendandan tangguh. Hari-hari biasa, mungkin dia berpakaian rapi seadanya dengan aroma parfum serta olesan di muka yang masih dapat diterima keberadaannya. Namun saat sang cupid memanah hatinya, kita akan melihat perbedaan yang begitu nyata dalam dirinya. Tampilannya akan menjadi lebih bersih. Gaya rambut tertata rapi dengan model yang lagi on. Bau parfum? Jangan ditanya. Ditambah olesan ekstra di wajah menandakan bahwa dia ingin menjadi perhatian dari seseorang. Cinta membuat dia berpenampilan lebih fresh dan menarik. Mukanya akan lebih banyak menelorkan senyum, suara akan lebih ceria, dan langkah-langkah menjadi begitu lincah dan ringan.

Jatuh cinta juga bisa membuat seseorang menjadi seorang pemalu. Saat biasa, dengan tingkah laku seadanya dia tampilkan sebagai dirinya sendiri. Namun saat sang pujaan bergabung, dia hanya bisa mati kutu tak berdaya. Mengasingkan diri ke pojok ruangan, mata bersiaga penuh menatap sang pujaan, seraya mulai membayangkan seandainya dia ditinggal berdua sendirian, kejutan apakah yang akan didapatnya? Jantung akan berdetak kencang saat mata si dia secara tidak sengaja bertatapan langsung, tubuh ini serasa tersengat listrik ribuan watt yang mematikan, dan apa yang bisa dilakukan hanyalah secepatnya mengalihkan mata ke objek lain seraya berpura-pura membenahi rambut atau baju yang kusut. Namun sekian detik kemudian, secara pelan tapi pasti sang mata kembali dialihkan ke dia, dan sejuta lamunan kembali menyelimuti pikirannya ...

Jatuh cinta sanggup membuat seseorang mendadak romantis. Serasa pujangga baru, demikianlah yang akan kita temukan dalam pribadi baru sobat kita. Kata-kata yang keluar dari mulutnya semakin berbobot dan sudah untuk dicerna. Rangkaian puisi mengalir begitu saja sebagai tanda kepuitisan dirinya. Kita akan terheran-heran mendapati secarik kertas berbau wangi tergeletak begitu saja di meja dengan coretan pena membentuk seuntai pujian membuat kita hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala. Shakespeare mungkin akan tersaingi seandainya dia masih hidup. Khalil Gibran hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala. Chairil Anwar juga tak berdaya menghadapi bakat dadakan ini. Dan tidak ada sebuah teori yang sanggup menjelaskan, bagaimanakah seseorang bisa dihinggapi roh romantis semacam itu? Barangkali itulah sebuah berkah yang patut disyukuri.

Jatuh cinta mampu menyebabkan seseorang menjadi sangat gelisah. Semuanya terpancar dari sikapnya yang sulit untuk berkonsentrasi. Serba salah ... begitulah kelakuannya di mata kita. HP dipelototi terus. Saat ada SMS masuk, dengan segera diraih dengan harapan semoga itu dari seseorang. Sebuah senyum manis terpancar ketika benar dari si dia, namun seberkas kekecewaan tersirat saat mendapati itu adalah dari orang lain. Bagi karyawan yang mendapat fasilitas internet, email menjadi sesuatu yang sangat rajin untuk dicek. YM menjadi barang yang perlu perhatian ekstra. Ketika ada suara tanda orang OL, dengan sigap dan penuh pengharapan icon si dia berubah menjadi kuning. Dan jika itu benar, segera terdengar bunyi "Ting tong", tanda BUZZ yang diikuti sebuah senyum kelihatan gigi penuh menghiasi layar chat. Dia menjadi sangat betah di depan komputer, dan kala ada teman yang menyela, itu akan dianggap sebagai gangguan yang sangat berarti dan harus dicuekin.

Berbicara jatuh cinta, tidak terlepas juga dari kebiasaan aneh. Bagi mereka yang kebetulan tinggal sekota, banyak hal-hal kecil yang tidak lazim akan dilakukan sang pencinta baru. Misalnya saja, seharian tidak berkeliling entah dengan naik sepeda, motor, ataupun boil melewati rumah pujaan hati, sesuatu yang kurang akan terasa di hati. Entah di namakan sindrom apa, saat melihat rumahnya saja, ada perasaan puas yang tiada terkira. Apalagi ketika melihat incarannya sedang bersantai atau menyapu halaman rumah, maka dengan semangat dia akan mencari alasan bolak-balik melewati rute yang sama hanya demi menampakkan diri seraya berharap dipanggil dan diundang untuk bertamu.

Contoh lain, misalnya kebetulan satu kelas atau sekantor. Secara tidak sengaja terpeleset jatuh persis di depan si dia. Maka reaksi pertama adalah tertawa sangat keras dan dengan jantan bangun seolah tidak terjadi apa-apa. Secara inplisit dia ingin mengatakan: ini loh aku, gagah perkasa dan begitu kuat. Jatuh gitu sih, tidak apa-apanya. Bandingkan saat sendirian, jangankan jatuh terpeleset, kaki kesandung meja aja udah sumpah-sumpah diselingi koleksi kebun binatang, dan sebutir air secara perlahan menggenang di mata.

* * *

Kata orang jatuh cinta berati dunia ini serasa milik berdua, dan yang lain cuma sewa atau kontrak. Semua tempat adalah milik sendiri, sehingga bisa berbuat apa saja seenaknya. Makanya kita sering melihat di mana-mana orang pacaran. Entah itu di mal, taman, bioskop, trotoar, restoran, dan segala tempat bisa dijadikan tempat untuk berkencan. Sikap mereka memang tidak bisa disalahkan, lha gimana mau menyalahkannya, soalnya dunia ini milik mereka berdua kok. Kita-kita, tidak dipandang, cuma kontraktor alias ngontrak.

Jatuh cinta juga membuat mata menjadi buta. Alhasil kita juga dapat menemukan di tempat-tempat gelap banyak pasangan-pasangan yang sedang memadu kasih. Apakah mereka salah juga? Tidak. Karena mereka sudah dibutakan apa yang dinamakan cinta, jadi sangat wajar mereka mencari tempat yang gelap. Ada pameo mereka: semakin gelap semakin oyeee.

Jatuh cinta juga berarti tiada berlaku lagi waktu. Coba perhatikan, orang yang sedang jatuh cinta pagi-pagi pasti sudah rapi dan sebagian sudah nongkrong dengan manis di teras rumah sang kekasih. Alasannya bermacam-macam, dari mengajak cari sarapan, cari udara segar, habis olahraga, bahkan ada yang datang dengan alasan kebetulan saja lewat. Dari pagi sampai siang dilalui bersama dengan sejuta aktivitas yang sudah dirancang sedemikian rupa. Menjelang sore, pulang rumah sekedar mandi, dan malam sudah kembali lagi dengan tampilan yang lebih necis. Karena waktu sudah tidak dianggap, kadang sampai tengah malam pun masih setia nongkrong dengan alasan sekalian ronda malam.

Jatuh cinta juga membuat seseorang menjadi kaya mendadak. Selembar demi lembar uang dengan mudah dikeluarkan dan melayang begitu saja. Si dia cuma ngomong lapar, langsung disambut bergayung dengan ajakan makan malam romantis di restoran ternama. Waktu jalan-jalan di mal, si dia tertegun di depan sehelai baju, naluri segera berkata tidak masalah, dicoba saja dan abang siap membelikan. Melewati studio 21 dan melihat reklame film romantis, dengan ditemani pop corn dan soft drink segera mereka nongkrong di salah satu studio. Begitu royal dan mudah mengeluarkan uang. Ketika ditanya alasan di baliknya, hanya dijawab: cinta perlu pengorbanan.


* * *

Itulah segelintir penuturan dari seseorang yang sedang membuat orang bingung: apakah dia sedang jatuh cinta? Dan apakah ada yang terlewatkan? Silakan menambahkan ...

Comments

  1. Topiknya JATUH CINTA lagi ?

    Terinspirasi ama Marvel yah......

    Bikin postingan tentang kegiatanmu dengan Marvel donk, bukan yang tangan kiri gendong Marvel, tangan kanan blogwalking lho wakaka

    ReplyDelete
  2. Hen, kesimpulannya kamu benar2 lagi jatuh cinta...dgn siapakah ?

    mengakulah padaku..
    aku tak akan membocorkannya
    sampai ada yg menanyakannya :)

    ReplyDelete
  3. ketika jatuh cinta, mendadak rasa cemas datang tiba-tiba. Cemas apakah si belahan hati sudah pulang atau belum, kehujanan atau tidak, sudah makan atau belum, cape atau tidak?
    Cinta itu memakan perasaan hati karena keduanya saling menyayangi.
    *jadi ingat tadi malam saat hujan lebat gua dateng kerumahnya*

    ReplyDelete
  4. Jatuh cinta :
    *Mendadak gak bisa berhitung yang penting yang dicintai senang.
    *Jadi rajin berDOA "Moga-moga DIA jodoh gw :)"
    *Pemalu jadi muka tembok.
    *Menghemat blush on karna pipi selalu merona
    *tulalit.com
    *Males.com-mau nya melingkar di kasur sambil brkhayal

    ReplyDelete
  5. wawww

    tambah penasaran si hendri jatuh cintrong ma sapa!!!

    ReplyDelete
  6. hahhhh.. jatuh cinta lagi, kemaren jatuh cinta sekarang jatuh cinta...

    xixixi, hen tuh ada yg nawarin lu kaya mendadak tuh.. buruan, sapa tau tar kalo tambah kaya bisa terus2an lu jatuh cinta.. ama bini loe tapi.. jangan ama bini orang.. kakakakakkkk...

    ReplyDelete
  7. Hide: Kenapa dengan jatuh cinta? Bosan yah hahahaha ... Cerita Marvel? Tunggu kamu cerita Marvella dulu deh :)

    Sisca: Dengan siapakah daku jatuh cinta? Hmm .. janji dulu ndak ndak bocorin? Kalo iya sini ... aku bisikin :)

    Xu: Wow ... itu pengalaman pribadi yah? Asyikkkk ... ceritain lebih lengkap dong ..

    Yenny: Hahahaha ... pasti ini pengalaman pribadi juga :) Hayoooo ... mana ceritanya?

    Voilet: Wah ... penasaran toh. Dengan siapakah aku jatuh cinta? Hmmm ... disayembarakan laku ndak yah?

    Sunny: Hahahaha ... ada apa dengan cinta? Hmmm ... Iya tuh ... udah kali ke2 loh dia mampir. Biasa, manfaatkan peluang dalam kesempitan hehehehe

    ReplyDelete
  8. Anonymous11:12 AM

    Lage jatuh cinta ama sapa Hen? Jangan ama gw yak. hahaha..

    ReplyDelete
  9. deee...yg lagi jatuh cintaaa, dag dig dug derrr gak!
    iya deh, ngaku aja kalo jacin-nya ama istri dan anak. harusnya pria emang tiap kali jacin ama keluarga, biar gak meleng kiri kanan.

    ReplyDelete
  10. Wah, topiknya jatuh cinta lagi nih... :)

    ReplyDelete
  11. Dew: Jgn takut. Aku ndak bakalan jatuh cinta sama kamu kok :) Santai aja ...

    Tanfams: Hehehe ... tahu aja ibu yang satu ini :)

    Zilko: Kenapa? Ceritamu sendiri gimana? Ayo ... biar kita tahu juga :)

    ReplyDelete
  12. jatuh cintah=kerugian :P

    *rugi materi
    *rugi waktu
    *rugi perasaan
    ahahahah,but "indah" sih ^blush^

    ReplyDelete
  13. kamu kok tau aja sih, hend ciri2xnya ?? aku suka banget saat sedang jatuh cinta. dipegang tangan aja berdebar hahha...

    kalo beli baju baru dan berdandan, itu ciri my mantan. ternyata...

    ReplyDelete
  14. Pengalamaku jatuh cinteeee:
    -waktu SMP naksir co beda kelas.. eh suatu hari negur aku.. aku yang lagi makan permen karet langsung sal-ting.. eh ketelen deh tuh permen karetnya
    -Waktu SMA kalo diajak jalan trus maem ama cowok yang gw taksir, gw gak bisa makan,.... rasanya langsung kenyang... hebat juga buat program diet. Tapinya gw waktu itu gak perlu diet...
    -Waktu kuliah naksir co, dan udah sering jalan bareng, tapi gak pernah jadian..suatu ketika kita jadi jauh, tp gw masih suka,.. mau ngedeketin tengsin..akhirnya tiap bubaran kelas gw mandangin punggungnya.. kayak ya gimana gitu..
    -Waktu pacaran sama my Uda, rasanya pengen cepet-cepet ketemu.. kalo mau pisah bawaaannya muka jadi panas, mau nangis... dan gak henti-hentinya ngomongin dia terus ke temen-temen gw. Sampai-sampai temen2 gw protes..!

    ReplyDelete
  15. Hen...jatuh cintanya gk sampe jatuh bangun aku mengejarmu kan ?? heeheheh....yg bikin seneng pas jatuh cinta yah pas pe de ka te nya gitu degh

    ReplyDelete
  16. Missunperfect: hahaha ... tapi semua itu terlupakan khan, demi indahnya itu loh :))

    Dian: Gini-gini khan pernah jatuh cinta :) Iya tuh ... kalo cowok selalu cari kesempatan sekedar untuk memegang tangan sang cewek :) *jadi ingat masa dulu lagi* hahaha

    rebina: Hahaha ... pengalaman pribadi rupanya :)

    Tata: Tidaklah ... kalo jatuh bangun khan sakit hihihih ... pdkt? Hmm ... adakah dikau ceritanya?

    ReplyDelete
  17. jatuh cinta bisa membuat org kere
    apalagi jatuh cinta dgn anaknya sendiri
    susu 130 ribu hanya buat persediaan 3-5 hari

    heheheheh

    untunglah jatuh cinta ama anak sendiri
    hehehehe

    *gak ketipu*

    ReplyDelete
  18. Mee: Hehehehe ... udah siap rupanya punya momongan, sampai2 sudah survei harga susu segala :))

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa