Skip to main content

Kentut

Hmm ... aku yakin ini adalah aktivitas rutin setiap manusia setiap hari. Aktivitas ini bukan cuma dilakukan sekali dua kali, tetapi berkali-kali. Kadang kita melakukannya secara diam-diam, penuh kehati-hatian, dan sedapat mungkin tidak ketahuan orang lain, tetapi adakalanya kita melakukannya secara terang-terangan, apalagi kondisinya sangat-sangat kondusif dan mendukung.

Ada sebuah perasaan lega tatkala kita menuntaskannya. Apalagi semakin kuat, kencang, dan panjang bunyinya, ada sebuah kebanggaan tersendiri bisa menghasilkan alunan yang menggetarkan. Namun juga ada perasaan was-was takut ketahuan, terlebih ketika kita berada dalam sebuah kelompok dan secara samar-samar tercium seberkas bau yang khas sekali. Nah, kalau sudah begitu kondisinya, kita akan berdiam diri dan berusaha seolah-olah tidak terjadi apa-apa, atau kalau cerdas pura-pura bertanya kepada tetangga sebelah: eh ... cium bau tidak enak nggak? Hahaha

Tahukah teman-teman tentang kentut itu?

Secara penelitian ilmiah yang dilakukan sejak dulu, diketahui bahwa kentut adalah segumpal gas yang berasal dari udara yang kita telan secara tidak sengaja ditambah gas dari reaksi kimia dan bakteri dalam perut yang bermangkal dalam usus. Komposisinya sangat bervariasi. Makin banyak udara anda telan, makin banyak kadar nitrogen dalam kentut [oksigen dari udara terabsorbsi oleh tubuh sebelum sampai di usus]. Adanya bakteri serta reaksi kimia antara asam perut dan cairan usus menghasilkan karbondioksida. Bakteri juga menghasilkan metana dan hidrogen.

Selain itu, proporsi masing-masing gas tergantung apa yang Anda makan, berapa banyak udara tertelan, jenis bakteri dalam usus, berapa lama kita menahan kentut. Makin lama menahan kentut, makin besar proporsi nitrogen, karena gas-gas lain terabsorbsi oleh darah melalui dinding usus. Orang yang makannya tergesa-gesa kadar oksigen dalam kentut lebih banyak karena tubuhnya tidak sempat mengabsorbsi oksigen.

Trus kenapa kentut kadang menimbulkan pencemaran udara di mana-mana alias berbau busuk? Semuanya bermuara dari makanan yang kita konsumsi. Mungkin tidak pernah disadari bahwa makanan yang berprotein banyak seperti telor dan daging berpotensi menyebabkan kentut kita bau. Mengapa? Karena mereka mengandung senyawa hidrogen sulfida dan merkaptan, yang notebene adalah senyawa pembentuk sulfur [belerang]. Dan seperti yang kita tahu, sulfur itu aslinya memang bau. Makanya semakin banyak kandungan sulfur dalam kentut kita, dijamin akan semakin bau juga kentut kita.

Salah satu sumber kentut adalah bakteri. Fermentasi bakteri dan proses pencernaan memproduksi panas, hasil sampingnya adalah gas busuk. Ukuran gelembung gas lebih kecil, hangat dan jenuh dengan produk metabolisme bakteri yang berbau busuk. Ini kemudian menjadi kentut, walau hanya kecil volumenya, tapi SBD [Silent But Deadly]. Itulah sebabnya kalau kita kentutnya tidak bersuara, maka bau busuknya lebih terasa.

Lantas kenapa kentut menimbulkan bunyi? Hmmm ... semua itu disebabkan karena adanya vibrasi atau getaran lubang [maap] anus saat kentut diproduksi. Jadi jangan heran kalau kita sedang sendirian dan berkonsentrasi penuh dalam menglontarkan gas dalam tubuh, maka akan terasa seperti ada getaran HP di bagian pelepasan terakhir tubuh kita. Dan kerasnya bunyi sangat tergantung pada kekuatan dan kecepatan kita menekannya. Morning thunder adalah istilah yang terkenal sebagai kentut pagi hari di toilet. Konon kalau resonansinya sangat bagus, bunyinya bisa kedengaran di seluruh penjuru rumah :)

Seberapa sering sih kentut itu diproduksi? Dari riset dan data, dirata-ratakan bahwa setiap hari manusia memproduksi sebanyak setengah liter gas yang terdistribusi menjadi 14 kali kentut. Ada anggapan bahwa pria lebih banyak kentut dibandingkan wanita. Itu tidak benar, karena dari sononya memang sudah begitu adanya. Kalaupun kelihatannya pria lebih sering, mungkin itu disebabkan karena wanita lebih mampu menahan dan mengelola kentutnya saja. Tapi kompensasi dari semuanya itu adalah saat kentut jumlah yang dikeluarkan akan lebih banyak.

Mungkinkah kentut terbakar? Bisa saja, karena kentut mengandung metana, hidrogen yang combustible [gas alam mengandung komponen ini juga]. Kalau terbakar, nyalanya berwarna biru karena kandungan unsur hidrogen. Tapi jangan pernah berharap menyalakan korek api dengan kentut, karena selain konsistensinya lain, juga disebabkan suhunya tidak cukup panas untuk memulai pembakaran.

Beruntunglah karena kentut itu tidak berwarna. Mengapa? Karena kalau warnanya oranye seperti gas nitrogen oksida, maka akan ketahuan dong siapa yang kentut. Jadi bakalan banyak orang yang tengsin dan kehilangan kepercayaan diri hanya karena ketahuan kentut. Mending kentutnya tidak berbau busuk. Namun kalau baunya menyengat sekali?

Anjuran terakhir, jangan keseringan mencium bau kentut, apalagi 2-3 kali berturut-turut. Mengapa? Karena kentut mengandung sedikit oksigen, maka bisa dijamin Anda akan mengalami rasa sedikit pusing kalau mencium bau kentut terlalu banyak.

* * *

Kentut bisa juga dipakai sebagai alat untuk mengukur tingkat kedekatan dan keharmonisan antara pria dan wanita, khususnya bagi pasangan yang baru yang sedang menjalin kisah kasih asmara.

Aku selalu menanyakan dan menantang teman-teman yang masih pacaran, berani nggak kamu kentut dengan bebas di depan pasangan kamu. Kalau iya dan tanpa perasaan sungkan, maka cepatlah menikah. Tetapi kalau masih ragu-ragu dan sembunyi-sembunyi ... perlu sesi khusus untuk membahasnya dan keterbukaan dan penerimaan haruslah diletakkan di atas segala-galanya ...

Comments

  1. Anonymous12:37 PM

    aku suka kentut depan kring kakak berarti gue boleh merid ne sama kring alias bronx?kakakakkakaka

    ReplyDelete
  2. gua baru tahu ada Morning Thunder ... hahaha!
    Kalo ada pacar trus kentutnya ternyata bau banget gimana donk, tar kalo pacarnya bete gara-gara kebauan gimana donk? apa bilang dulu ke pacar, "Honey, aku mau buang angin nih...!"

    ReplyDelete
  3. *ngakak dulu baca komen si Meli*, haha..emang lagi hobi kentut Hen, sampe2 dibahas. Kalo aku ktt, aku dibilang abis makan tikus ama suami, kalo dia kentut aku yg nanya apa abis maem tikus, suami bilang; aku makan apa aja yg km masak, schat!

    ReplyDelete
  4. Anonymous2:30 PM

    wah wah.. setelah vi3 sekarang Hendri yg bahas kentut. Sampe panjang lebar pulak. hahaha...

    ReplyDelete
  5. Anonymous3:23 PM

    hmmm... kalo kentut di dalam air gimana yak... blub..blub..blub..

    ReplyDelete
  6. seutju Hen!
    Tips buat yang mau manten : kalo pacar nggak berani denger kentut kita, putusin aja langsung....yeyeyeye...masa mau nya yang indah-indah aja... aku juga manusiaaaaaaaaaa...hehehehe...

    ReplyDelete
  7. pantes suami dulu doyan kentut didepanku, makanya dia brani nikahi aku..

    ReplyDelete
  8. kentutttttttttt
    itulah kalau nggak keluar bikin penyakit kalau keluar bikin racun.
    sambil lari bauuuuuuu..

    ReplyDelete
  9. Wah, serasa mbaca jurnal biologi nih... :) Penjelasannya ilmiah sekali... :)

    Oya, merkaptan tuh apa sih?? Blom pernah denger... :?: :?: Kalo hidrogen sulfida kan H2S.

    Wah, nyala apinya biru? Berarti super panas donk???

    ReplyDelete
  10. gue kalo kentut sih di WC, biar melong gak kecium, kan gue gak mao menikah ama dia kakakakkakaa

    ReplyDelete
  11. Gw sama co gua sama2 suka saling kentut tanpa sungkan ato malu2 didepan each other... jadinya kita uda boleh merit donkz wakakakaka

    btw, gua sih ga nolak loh kalo kentut gua dikasi warna, asal warna VIOLET (what else)

    ReplyDelete
  12. kentut oh kentut...
    ditahan jadi penyakit, dilepasin malah... yg lain merasa disakitin.. bodo ah.. hahaha...

    ReplyDelete
  13. Meli: hush ... maksudku yang boleh merit itu cowok sama cewek hehehe ...

    Xu: Hahaha ... baru tahu kata ini tapi sering melakukannya khan :) Kalau kasusmu, bersikap bijak dan pintar dalam menyiasatinya :)

    Tenfams: Hobi kentut? Bukan juga, tapi udah habit hahaha ... Berarti sering kentut-kentutan yah :))

    Dewi: Oh ya ... vi3 bahas juga? *ambil sandal pake sarung ke rumah vi3*

    Imelda: tahu hasilnya blub ... blub ... blub ... berarti sering yah hahaha

    Yenny: Hahaha ... toast dong kalo gitu :))

    Wina: Hehehehe ... berarti kejujuran dan kepasrahannya sudah teruji yah :))

    Bev: Emang siapa yang kentut? Iya neh ... bauuuuu *kabur juga*

    Nita: Akibatnya perut kembung yah hahaha ... *jangan lari, baunya udah hilang* HAHAHA

    Zilko: Hehehe ... tapi lebih hebat khan, di biologi aja ndak diajarin sedetail gitu :) Wah ... hebat, masih hapal H2S segala :)) Zuper panaz? Boljug dicoba tuh ...

    Bronx: Hahahaha ... ntar aku laporin loh :))

    Violet: *ada gosip baru: miss violet mau nikah* hahaha ... dasar tukang gosip ..

    Sinceyen: Hahaha ... lebih baik yang lain sakit daripada kita yang sakit :))

    ReplyDelete
  14. hen, yg paling tersiksa kalo di pesawat jarak jauh. maaaakkk nahan kentut tapi tetap aja tuh kentut balik lage pengen dikeluarin. terpaksa ke toilet, and keluar toiletnya agak lamaan. soale takut ninggalin bekas hahhaa

    ReplyDelete
  15. Dian: Hahaha ... itu pengalaman pribadi dong kalo gitu :) *berarti hati2 kalo pergi sama Dian, kudu hati-hati kalo dia di toilet sampai lama* Hahaha

    ReplyDelete
  16. Hen, itulah mengapa kamu butuh tujuh tahun baru menikah..rupanya kamu ada masalah kentut di depan pacar hahaha

    ReplyDelete
  17. Sisca: Yeee ... bukan itu alasannya aku harus sampai 7 tahun baru merit. Masalah kentut sih ... dari awal udah saling bom-boman hahahaha

    ReplyDelete
  18. emang hendri, kentut aja bisa dibuat menarik *brutt*

    pengalaman pribadi pas kelas 2 sma, kelas lagi gak ada guru, otomatis rame kayak pasar, aku udah bersiap-siap untuk kentut, eh tiba tiba datang seekor eh seorang guru melongok ke dalam kelas, suddenly kelas hening sunyi, dan sepenggal "BRUTTT" meluncur *malunya itu loooh*

    satu tambahan fakta tentang kentut. Pernah coba kentut dengan pantat ditempelkan keras-keras ke kursi ? Gak bisa kan ? Biasanya pantat kudu diangkat beringsut dikit, mungkin untuk memudahkan vibrasi seperti kata Prof Hendri wakaka. Gak percaya ? Coba sendiri

    ReplyDelete
  19. Lucy: Iya juga sih. Aku juga ndak berani sembarangan main bom di depan orang yang lebih tua, ntar di damprat hehe ... tapi kalau berdua sih, saling unjuk kekuatan :))

    Hide: Hahahaha ... aku bisa bayangkan mukamu merah kayak kepiting rebus :)) Btw, boleh juga dicoba tantanganmu itu, ntar aku kasih laporan kalo berhasil yah :))

    ReplyDelete
  20. Anonymous1:44 AM

    Mmh.. bau apa yaak? Oww.. ko Hendri kentut.. hihi..

    ReplyDelete
  21. Tina: *ngendus-endus* iya yah ... bukan aku yang kentut loh ... hayooo siapa, ngaku ...

    Bunga: Hahahaha ... kalo sampean dengan sang Abang gimana?

    ReplyDelete
  22. Waks pada rame rame ngomongin kentut yah ... hayo ngakku siapa yg kentut dang ding dut..siapa yg kentut ditembak raja maling...*sambil nunjuk si Hendry* ternyata dikau yg kentut toh.

    ReplyDelete
  23. EvanMom: hayoooo ... siapa yang jadi malingnya hahaha. Daku kentut? Hmm ... kok ngerti hahaha

    ReplyDelete
  24. Anonymous10:48 AM

    kluargaku jago kentut semua,bunyinya gede2 gitu deh,,kita suka lomba kentut, kentut siapa yang paling keras dan ngebass, dialah pemenangnya :D

    ReplyDelete
  25. Ika: Hahaha ... asyik dong punya keluarga gituan. PAsti tiap hari suasana meriah dengan bunyi "dut ... dut ... dut ... dut" yah :) Trus ada lomba siapa yang paling bau ndak :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa