Skip to main content

Keluarga

"Hen, seandainya kamu ditawarin pekerjaan. Gajinya 2 kali lipat gajimu sekarang. Tapi hari Sabtu harus masuk. Kamu ambil tidak pekerjaan tersebut?"
"Sabtu kerja? Setengah hari atau full?"

"Full. Seperti hari biasa"
"Hmm ... Kalo kerja 1/2 hari sih mungkin aku ambil. Tapi kalau harus masuk full ... tidaklah ..."

"Kenapa?"
"Jelaslah. Hari Sabtu dan Minggu khan waktunya untuk keluarga. Setelah setiap hari waktu yang tersedia untuk keluarga begitu sempit, masa harus ditambah Sabtu kehilangan sehari lagi bersama keluarga. Tidak ah ..."

* * *

Itulah sepenggal percakapan singkatku dengan rekan kerjaku beberapa hari yang lalu saat kita siap-siap pulang kerja. Aku tidak tahu apa komen awal teman-teman setelah membaca percakapan singkat di atas. Mungkin ada yang menyimpulkan seorang Hendri itu terlalu idealis, atau terlalu berteori, ataupun terlalu naif dengan menolak tawaran seperti itu.

Bukan pula maksudku meremehkan dan menyepelekan masalah uang dengan menolak sebuah peluang dan kesempatan untuk memperkaya rekening kita hanya dengan tameng keluarga. Bukan niatku juga mengatasnamakan keluarga hingga kelihatannya aku kurang ngoyo dan tangguh dalam mengusahakan rupiah, yang kata banyak orang adalah faktor utama penentu kebahagiaan sebuah keluarga. BUKAN.

Sebuah kata: KELUARGA, bagiku adalah sekumpulan huruf yang terangkai menjadi begitu indah menjadi sebuah kata yang sangat bermakna artinya. Keluarga adalah sebuah persekutuan terkecil di mana di dalamnya segala hal dan peristiwa terjadi begitu saja dalam rangka sebuah penyelenggaraan kehidupan. Di dalamnya ada sukacita, canda tawa, kebahagiaan, kegembiraan, serta tidak ketinggalan juga terdapat air mata sebagai racikan bumbu yang membuat keluarga begitu layak dan pantas untuk dirindukan dan dikangeni.

Keluarga adalah tempat yang paling hangat, akrab, dan bersahabat sebagai tempat istimewa untuk mencari, mendapatkan, dan membentuk diri kita dalam rangka mencapai tujuan dan esensi utama kehidupan ini. Di dalamnya ada dorongan, nasehat, wejangan, dan semangat kebersamaan yang membuat para penghuninya merasa begitu bergairah dan percaya diri dalam mengejar dan menggapai apa yang dicita-citakan bersama. Dengan kata lain, keluarga juga dapat diumpamakan sebagai sebuah arena terbuka di mana didalamnya terjadi serangkaian proses pembelajaran yang mampu mentransformasikan diri kita menjadi diri kita yang terbaik.

Dan yang paling utama, keluarga adalah sebuah tempat yang paling berharga untuk dikenang, diingat, dan menjadi model ke depan bagi penerus keluarga kita: anak-anak. Mau jadi apa anak kita, berkembang seperti apa anak kita, bertumbuh ke arah bagaimana anak kita, semuanya ditentukan sedari awal dalam sebuah lembaga yang dinamakan keluarga. Jadi tidak salah khan, aku begitu menggagungkan dan mensakralkan yang namanya keluarga?

Sayangnya, banyak yang tidak memahami dan menyadarinya, sehingga berkembang anggapan bahwa materilah satu-satunya faktor penentu kebahagiaan sebuah keluarga. Mereka mengira, semakin banyak jumlah nol di rekening mereka, semakin menumpuk dan mengkilap barang-barang simpanan mereka, itu sekaligus sebagai tanda semakin makmur dan hebat sebuah keluarga.

Alhasil, habis-habisan mereka bekerja. Tidak sedikit yang terjebak menjadi seorang workaholic. Mereka tidak mempedulikan waktu dalam bekerja sehingga lupa bahwa di samping mereka ada insan-insan yang sangat mengharapkan sedikit waktu disisakan dan disisihkan untuk menemani persekutuan terkecil ini. Mereka begitu berambisi meraih semua yang dirasa sanggup untuk digapai sehingga tidak menyadari bahwa ada jiwa-jiwa di sekitarnya yang sangat membutuhkan sentuhan, pelukan, kecupan, dan menikmati indahnya kasih dalam sebuah ruang yang dinamakan keluarga.

Bukannya aku mengatakan sikap demikian salah. BUKAN. Tapi banyak sekali yang terjebak dalam budaya konsumerisme dan materialisme, hingga mereka berpikir segala sesuatu tolak ukurnya adalah harta, yang secara ironi mereka harus mengorbankan satu-satunya harta mereka yang paling berharga: keluarga. Dan realitanya kita bisa lihat dengan gamblang dan jelas, bagaimana banyak keluarga yang retak, berantakan, hingga hancur hanya karena kurang memperhatikan keluarga.

Janganlah pernah terperosok dalam dunia itu ... sedapat mungkin hindarilah. Mengutip peringatan yang selalu kita baca di jalan raya: utamakanlah keluarga :)

* * *

"Apakah kita termasuk orang-orang yang naif, dengan menolak hal demikian dengan alasan keluarga?"
"Tidaklah ..."

"Trus, bukankah itu merupakan peluang untuk mengumpulkan tabungan yang notebene untuk keluarga kita juga? Kalau terus-terusan bersikap begitu, kapan kita bisa istilahnya berkecukupan dalam hal materi?"

...
...
...
...

"Aku kok yakin yah, kalau memang sudah diatur dari Sono, rejeki kita pasti tidak akan jauh dari kita. Jadi, tanpa harus mengorbankan keluarga, kalau emang sudah bagian kita, pasti datang kepada kita juga. Yang penting, bagaimana kita hidup dengan bersyukur dan menikmati kondisi kita sekarang ... itu sudah lebih dari cukup ..."

Comments

  1. Anonymous8:29 AM

    wahhhh...Hendri bapak yg baek nih. ;)

    ReplyDelete
  2. Anonymous10:39 AM

    gua sih pengennya dengan gaji gua sekarang kerjanya 5 hari aja... biar ada waktu buat yang disayang.. :)
    udah 2 tahun gak naik gaji nih... hiks2x
    tapi bersyukur masih dicukupkan sama yang diatas. :)

    ReplyDelete
  3. Di The Apprentice juga Donald Trump bilang keluarga itu penting sekali... :) Banyak orang kayak yg tidak sepatutnya bersyukur karena nggak memperhatikan keluarganya. Sekaya apapun orang itu klo keluarganya gak bahagia ya percuma aja... :)

    ReplyDelete
  4. betul katamu hen..uang masih bisa di cari lagi....tapi untuk memperhatikan keluaraga juga sangatlah penting karna wakttu akan berputar ke depan...

    ReplyDelete
  5. setuju Hen/...keluarga diatas segalanya..

    seneng deh baca postingan dari berjenis kelamin laki2 seperti dirimu yg memikirikan keutuhan dan kebahagiaan keluarga

    ReplyDelete
  6. Anonymous12:42 PM

    setuju hen.. keluarga no satu, laen cerita nya kalo gaji 2 kali, tapi sabtu libur yah.. trus tempat kerja deket.. wah asik banget tuh..

    ReplyDelete
  7. Famili is numero uno, setujuuu!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa