Skip to main content

Swan

Angsa, begitulah terjemahannya saat aku melihat kamus. Yang namanya swan pasti ada di mana-mana. Tapi perlakuan terhadap swan berbeda-beda. Kalau di tanah air, swan diperlakukan persis sebagaimana teman-teman sejenisnya seperti ayam, itik, dan bebek. Hidup mereka tidak jauh dari yang namanya rawa-rawa, sawah, dan tempat-tempat yang digenangi air.

Berbeda dengan luar negeri, swan diperlakukan sangat istimewa. Dari tayangan-tayangan di tv [aku ndak tahu kenyataan aslinya lho ...], swan selalu berenang dengan anggun dan indah di kolam yang bersih dan jernih. Bahkan pernah aku lihat seekor swan didandani begitu rupa layaknya manusia menjadi 'cantik' dan 'menarik'. Hmm ... kadang dipikir perlakuan orang asing [baca: bule ato sebagian penduduk asia timur?] terhadap pets [beda dengan animals] kadang keterlaluan juga yah ... didandani, dirias, dipakaikan pakaian, bahkan mereka tidak ragu-ragu untuk keluarkan uang banyak demi 'partner' mereka ... he he ... Mungkin mereka menerapkan prinsip semua ciptaan Tuhan pada intinya sama? May be ...

Kembali ke swan, kalau diperhatikan mereka sebetulnya indah. Bulu-bulunya putih dan bersih, perawakannya besar dan anggun, kepakan sayapnya begitu kuat, sehingga swan sering dilambangkan sebagai sebuah keindahan. Mungkin atas pemikiran seperti itulah sebuah TV asing menggelar sebuah acara yang diberi judul SWAN. Dengan motto mereka 'to transform the ugly goose become a swan', dengan cepat mereka menarik banyak orang untuk ditransformasikan menjadi secantik, seindah, dan seanggun seekor swan.

Pesertanya adalah mereka yang mengganggap diri mereka sebagai 'itik yang jelek'. Kegemukan, rendah diri, trauma di masa lalu merupakan masalah yang mereka bawa untuk ditransform. Dan ajaib sekali. Hanya dalam waktu 4 bulan, mereka melalui sejumlah reparasi di meja operasi, latihan keras di gym, dan konseling intensif untuk menghapus trauma masa lampau, mereka benar-benar diubah menjadi sosok baru yang berbeda sekali. Badan seksi dengan dibaluti gaun malam yang menampilkan keindahan tubuh mereka disajikan. Langkah pasti yang anggun dan penuh percaya diri ditampilkan.

Dan ketika mereka melihat diri mereka untuk pertama kalinya sejak mengikuti program ini [karena selama karangtina semua cermin dihilangkan], rata-rata bereaksi sama: Oh ... aku tidak percaya ini aku; Aku punya pinggang ...; Lihat dadaku yang berisi padat ...; Aku punya senyum yang memikat. Pernyataan-pernyataan yang membuatku bertanya-tanya: apakah kepercayaan diri hanya dilambangkan dengan hal itu saja?

Jumat malam kemarin adalah kontes final untuk menentukan siapa yang menjadi swan yang terpilih. Layaknya pemilihan putri-putri kecantikan lainnya, selalu ada pertanyaan dari juri tentang mengapa mereka layak dinobatkan menjadi swan. Hampir semua menjawab, dengan tubuhku yang baru aku menjadi lebih percaya diri. Jawaban yang seakan-akan menguatkan pandangan orang bahwa hanya merekalah yang mempunyai tubuh yang indah dan cantik yang bisa dan layak untuk percaya diri.

Apa benar seperti itu? Apakah mereka yang dikarunia size besar juga tidak bisa berprestasi dan tampil percaya diri? Apakah benar dunia selalu menantikan, mendambakan, dan melihat yang indah-indah saja?

* * *

Dalam acara ET Show, pernah seorang pembawa acara yang kebetulan cewek melakukan survei berikut. Dia yang aslinya memang dikarunia kecantikan suatu hari dipermak menjadi seorang yang berukuran jumbo [persis yang dilakukan Eddie Murphy di film Nutty Professor]. Kemudian pembawa acara ini melewati hari untuk melihat reaksi orang-orang di sekitarnya terhadap dirinya yang baru itu. Apa yang terjadi? Hampir 99% orang mengabaikan dia. Waktu dia berolahraga, dan dengan sengaja sapu tangannya dia jatuhkan, dengan cuek orang-orang disekitarnya melewatinya begitu saja walaupun dia udah mencoba meminta bantuan. Saat dia menanyakan jalan, orang-orang hanya menjawab seadanya saja. Bahkan, ketika dia berada di keramaian, pandangan sinis sebagian orang harus diterima hanya karena ukuran tubuhnya sangat besar.

Eksperimen kembali dilakukan beberapa hari kemudian, tapi kali ini dengan tubuhnya yang asli. Hasilnya sangat di luar dugaan. Pria-pria dengan senang hati memunggut sapu tangannya yang jatuh meskipun tidak diminta. Saat bertanya jalan, mereka bahkan menawarkan diri mereka untuk mengantarnya sampai tujuan dan mengajak kencan segala. Di keramaian, orang bahkan sepertinya memberikan jalan untuk dia hanya karena dia cantik.

* * *

Dunia oh dunia ... mengapa engkau begitu kejam? Di manakah keadilanmu? Ajarilah dan berikanlah penjelasan kepadaku tentang semuanya ini ...

Comments

  1. hend, kucing aku pernah dirawat inap semalam di animal hospital hihihi..bahkan mereka juga punya hotel lho buat anjing. haiyaa

    ReplyDelete
  2. aku sih kurang suka dengan Swan... soalnya itu kan bentuk tubuh yang idealnya barat, mirip Barbie.... dada besar, kaki kurus berjenjang... mirip Mariah Carey....
    itu acara kan udah berhenti, gak ditrusin lagi di Amriknya sejak awal 2005.. jadi cuman ada 2 season...
    baguslah berhenti, jadi orang gak terobsesi ubah body yang dari sononya indah jadi palsu... :)

    ReplyDelete
  3. yaaa...sukur2 deh kalo 'reparasi'nya berhasil, bikin cewek2 ini cantik. lha kalo malah jadi bengkak and merot2 gimana?...

    ReplyDelete
  4. Emang sih orang lebih suka menilai buku dari covernya.... :) Soalnya kalo harus mbaca keseluruhan dulu kan lama + (mungkin) males juga... :)

    Btw, The Swan tuh katanya yang ga menang kasian loh, kan ga dpt duit tuh utk 'merawat tubuh baru' mereka, akhirnya katanya ada yang kena penyakit2 apaan gitu... . Aku cuma dibilangi temen sih...

    ReplyDelete
  5. Anonymous8:01 PM

    Memang banyak yang kurang mensyukuri anugrah.. dah dikasih cantik masih berasa kurang terus..

    Aku pribadi melihat orang lebih ke dalamnya, innernya, kalo tampilan luar sih ga terlalu nomor satu.. yang penting simpatik, baik, engga jaim, dan engga norse, hehe.. *tau norse gak?

    kalo ga tau, bwt pe-er ya ko..

    ReplyDelete
  6. Dunia tidak bersalah Hen...yg salah adalah mata yang memandang...

    ReplyDelete
  7. Anonymous10:06 AM

    Itulah manusia. Tidak pernah puas atas anugrah yg diberikan Tuhan.

    ReplyDelete
  8. Dian: oic ... dan kucing itu yang pernah jadi avatar-mu yah :) haiyaa ... enak bener jadi pets di negeri sebelah ...


    xu: oh gitu ... jadi udah tamat acaranya. Wah, harus kasih tahu istri neh ... semoga ndak kecewa karena itu salah satu acara fav-nya :)


    Miniez: iya tuh. Lagian khan bahaya banget permak2 tubuh gitu khan ...


    Zilko: Mmm ... gitu yah. kalo dipikir bener juga yah ...

    "Don't judge the book from it's cover" :)

    ReplyDelete
  9. Me: setuju banget ... inner beauty. Norse? makhluk apa itu?


    Sisca: Gitu yah ...


    Beverly: makanya, dunia udah retak gitu yah ... he he


    Dewi: kuncinya bersyukur. Bener khan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa