Skip to main content

Chatting

"Hai ..."
"Hai juga ..."

"Kenalan dong ..."
"Boleh ..."

"a/s/l please"
"23/m/jkt. Kamu?"

* * *

He he he ... Bagi yang pernah chatting dan sampai sekarang masih suka ber-chatting ria, tentu saja tidak asing dengan percakapan-percakapan di atas.

Chatting memang mengasyikkan. Dengan chatting, kita seperti masuk dan tenggelam dalam sebuah dunia baru, dunia cyber yang tidak mampu membatasi kita untuk berkenalan, ngobrol, dan bagi sebagian orang, mencari gebetan baru. Dunia chatting mampu menghanyutkan kita hingga kita lupa waktu, lupa makan, lupa kerja, lupa segalanya.

Aku mulai mengenal chatting waktu aku masih kuliah di tingkat 3. Saat itu kampusku baru bekerja sama dengan sebuah provider ISP dengan menyediakan lab komputer yang online non-stop. Lab mulai buka jam 08.00, dan tutup jam 22.00. Awalnya aku tidak tertarik dengan yang satu ini, ngapain sih, kurang kerjaan, demikian pikirku. Lebih baik fasilitas online aku gunakan untuk surfing, baca news, cari-cari informasi dan bahan kuliah, dll.

Tapi, seiring perkembangan waktu, dari percakapan dengan teman-teman sehabis kuliah, waktu makan di kantin, mereka selalu membangga-banggakan teman-teman mayanya.

"Eh ... kemarin aku ketemu cewek, lokasinya di Bandung. Kita nge-chat hampir seharian, asyik bener ... dan dia ngakunya masih single lho ... Ah, ntar kita janjian mojok lagi."

"Ah, itu belum seberapa. Kemarin aku iseng join channel #australia, di sana aku ketemu banyak teman baru, dan ngobrolnya pake Inggris lagi. Keren 'bok ..."

"Weee ... coba dong join #ngakak, di sana banyak teman yang lucu-lucu, dan obrolannya juga rada-rada nyerempet. Nggak rugi deh, join channel itu ..."

Demikian komentar sebagian teman yang mulai menggoda dan menggoyang imanku untuk terjun dan terlibat dengan dunia chatting. Mulanya aku tetap bertahan, namun secara perlahan pertahananku terkikis juga, keinginanku untuk mencoba chat mulai menguat, dan di satu titik aku ndak tahan lagi. Aku terseret dalam gelombang chatting juga.

Mulailah aku mencoba. MIRC merupakan program yang begitu laris waktu itu untuk chatting. Setelah klik ini, klik itu, join ini, join itu ... Wow, ternyata chatting itu mengasyikkan. Dan ... aku ketagihan. Mulanya aku cuma ikut channel dalam negeri, trus karena bosan, aku coba-coba channel luar negeri. Channel #Manila adalah yang paling sering aku kunjungi. Di sana aku sempat bercengkerama dengan seorang cewek [ngakunya sih] bernama mmm ... *pikir dulu* ... Irene, kalo ndak salah. Dia juga chat dari kampusnya, dan sebentar lagi akan lulus dan wisuda. Ngobrol sana, ngobrol sini, dia pun minta tukaran pic. Tapi aku tolak dengan halus, karena memang aku menghindari hal itu. [udah ah ... cerita lebih lanjut akan muncul kenangan masa lalu ha ha ha].

Semenjak mengenal chatting, aku pun lebih banyak berkencan dengan komputer. Setiap habis kuliah, tempat tujuan pertamaku adalah langsung ke lab. Bersaing dengan teman-teman, kita cepat-cepatan masuk dan memilih komputer yang sepertinya sudah menjadi komputer kita sendiri. Dan, waktulah yang memisahkan diriku dengan kencan baruku itu, menjelang malam ... dengan tubuh capek dan mata lelah karena nongkrong seharian, bagai prajurit yang habis bertempur, aku pun melewatkan malam dengan istirahat nyenyak sambil mengumpulkan tenaga baru untuk chat keesokan harinya.

Dunia chatting juga identik dengan bohong-bohongan. Ngaku cewek, ndak taunya cowok. Ngaku single, ndak taunya udah duda beranak 2. Ngaku tinggal di luar negeri, ndak taunya mangkal di warnet yang sama dan hanya dipisahkan beberapa pc saja. Tapi itulah realita dunia chatting, dan kita harus benar-benar memahaminya.

Namun, tidak semua seperti itu. Ada yang benar-benar jujur, seadanya, dan terbuka. Sering aku dengar ada pasangan yang jadian lewat dunia chatting, pacaran, bahkan menikah. Mmm ... sebuah roman percintaan yang menyentuh dan luar biasa.

Aku sempat stop chatting semenjak tingkat akhir kuliah sampai mulai bekerja lagi aku terlibat chatting lagi. Tapi fokusnya sekarang berbeda, kalau dulu motifnya hanya untuk bersenang-senang, sekarang lebih memperkuat relasi, kabar-kabari, tempat curhat, bahkan tempat prospek he he ...

* * *

"Hello ..."
"Hello 2"

"How are you today?"
"Boring"

"Why?"
"Too many meeting today ... u know"

"Mmm ..."
"Wasted time only"

...
...

Comments

  1. si Ramli raja chatting, punya gebetan namanya putri... (itu lirik lagu MIRC)

    emang chatting itu addictive, tapi lama-lama gua bosen juga ama chatting apalagi yang pake MiRC... sempet absen chat beberapa bulan, pas gua gawe di kantor yang online 24 jam, baru mulai chat lagi, tapi pake YM.

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:12 AM

    kalo di kantor, gw chat pake YM utk ngatur2 meeting dan jg kalo lagi hot gosip (biasalah cewek) ngak ketauan ama boss dan yg digosipin hihi

    ReplyDelete
  3. hehehe gue demen chat waktu jaman detik dulu. th 98/99 kalo gak salah. abis itu detiknya dihapus, gak pernah chat lagi. abis bingung mau masuk dimana hehe

    ReplyDelete
  4. Xu: he he he ... Idmu di YM apa?

    Lisa: gitu yah ... emang sering gosipin siapa sih?

    Dian: He he he ... tapi sekarang udah aktif chat lagi khan?

    Bev: kenapa mukanya merah?

    ReplyDelete
  5. Anonymous1:28 PM

    Gw alumni centrin chat, emang asik yah chat di MIRC. eh..kan bisa liat tuh klo di dalam or luar negeri, dr IPnya..di whois aja, pasti keliatan klo orangnya gak pake spoof. oalahhh Dewi, masih aja. xixi....

    Pernah ngerasain war di room flood floodan, sampe roomnya jebol. servernya ngehang? Foundernya maki maki. kekekek...

    Gw juga pernah memerankan suatu peran yg bukan diri gw. Peran baru yg very excited sampe semua orang tertepuuu... ahhhh... Indahnya dunia chat. ^_^

    ReplyDelete
  6. Hendri,

    Sy skr dah jarang chatting, meskipun byk yg ngajakin..hehehe

    Dulu sewaktu sering chatting, makan tertunda, ke wc ngibrit, mata tambah minus...kasihan deh sy:)

    ReplyDelete
  7. Dewi: jadi ceritanya ratu chatting juga neh hi hi hi ... Btw, jangan-jangan dulu kita sering chating bareng ...

    Bev: Emang ada yang tulis kata-kata itu? *katanya kalo mukanya merah, makin caem gitu hi hi hi*

    Sisca: He he he ... emang minus berapa neh?

    ReplyDelete
  8. hahahah iye...males gue sekarng chatting di room..paling liat2 dan nyamar doank kakaakak...paling juga nanya macem2 ...belum kenal juga kakakak...

    kamar sebelah gue minta gue masuk room dia di mirc kakaka gak mau gue!!

    btw...asl dunk pls ;) kakakak

    ReplyDelete
  9. Hallo... :) Wah, kalo aku kayanya rada ketinggalan deh. Baru mulainya 2 tahun yg lalu tuh (skitar itu sih), pertamanya ketagihan gitu, pernah koq chatting sampe pagi... . He3... :) Tapi lama2 males juga, chatting juga jarang2 doank. Paling sekali seminggu. Sisanya untuk nge-blog sama FS deh, he3... :)

    ReplyDelete
  10. Anonymous10:33 PM

    Aku malah dah say good bye to chating.. ga bisa ketanganan.. hehe.. waktunya ga kompromi banget..

    ReplyDelete
  11. oh iya ketinggalan. i hate when people ask ; asl pls ? shut up ! boring question hahahaha..pernah ada yg nanyak gitu, dg cuweknya aku jawab ; boring ! eh nanyak pulak ; why ? then i blocked idnya hihihi..

    jarang2x sih aku dapat yg fun,chat ngalir tanpa nanya2x. tapi pernah juga begitu chat langsung terbayang,pdhl belom liat picnya hehehe...asyiiiik banget chattingnya tuh orang...setelah chatting lama ama dia,baru nyadar belom nanyak nama and umur hahaha...michael namanya ! from amsterdam. crazy but nice and fun

    duh kok aku curhat abis gini kaakkakka

    ReplyDelete
  12. huhahhahah sama decante, gue ampe pernah really mean ama tuh orang,dibilang sombong. Biarin!!! gue emang sombong so what gitu lho dot com! peduli setan! setan aja kagak peduli!

    malas chatting di cyber forum tadak dikenal

    ReplyDelete
  13. trus ada yg sooombong buanget, gue bilang ginik

    Christina : you sound like a ni***r to me!
    langsung gue BLOCK !

    ReplyDelete
  14. kekekeke.....chatting...

    jadi ingat jaman2nya masih gratis internet selama 15 jam di kampus.
    ampe bela2in ngantri lama buat satu PC doang....keekkee

    ReplyDelete
  15. Anonymous11:27 AM

    g kok merasa tersindir ya, apalagi yg bagian " Sering aku dengar ada pasangan yang jadian lewat dunia chatting, pacaran, bahkan menikah." aduhhh.....

    ReplyDelete
  16. sekali2 doang masuk ke irc lagih.. karena kudu login biar usernamenya gag ilang.. :D

    ReplyDelete
  17. chatting di SM, bukannya ngobrol malah nyimak orang2 pada berantem, sampe kata2 binatangnya pada keluar. jadi males dah.

    ReplyDelete
  18. Meli: 28/m/jkt. And your?

    Zilko: he he ... ketinggalan gerbong kereta yah ... habis, u telat sih lahirnya ha ha ha

    Tina: lolos dari chatting, terperangkap dalam blogger khan :)

    Dian: kita senang kok dengar curhatnya ... lanjutin dong hi hi hi

    ReplyDelete
  19. Bronx: what is ni**r? *bingung asli*


    Yoan: he he ... mengenang perjuangan masa lalu memang menyenangkan yah :)


    Imelda: kenapa tersindir? Hadapilah kenyataan ... kita bahkan salut banget kok :) *btw, salah satu inspirasiku menulis artikel ini adalah gara-gara dikau juga* :)


    vi3: emang masih ada program IRC? Minta dong ...


    Tenfarms: hi hi hi ... sekarang kalo blogging udah ndak keluar lagi khan, koleksi binatangnya :)

    ReplyDelete
  20. 25/benchonk asli ting2/gank banci

    ReplyDelete
  21. Ha ha ...

    mangkalnya mana mang ...

    ReplyDelete
  22. siang, wah jarang chat...rasanya gak seasyik jaman mahasiswa, umur dan waktu kalee yg ngaruh. Udah gitu males bgt ditanya f?asl plz? Whatta jadul question..ym an pun sama temen dekat wae

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa