Skip to main content

Rokok

Hari ini, Sabtu 4 Februari 2006, pemerintah secara resmi akan melaksanakan peraturan tentang lingkungan hidup, di mana salah satu pasalnya adalah tentang larangan merokok di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, angkutan umum, kantor, dan beberapa tempat umum lainnya. Mmm... sebuah berita buruk bagi perokok, namun menjadi berita gembira bagi kita-kita yang tidak merokok.

Aku sampai sekarang masih bingung, heran, tidak habis pikir, serta belum bisa mamahami pikiran rekan-rekanku yang merokok, apa sih enaknya dan untungnya merokok? Rata-rata ketika aku tanyakan, mereka juga susah menjawab. Namun, ada kesamaan alasan bahwa dengan merokok ada sensasi, kepuasan, dan kebanggaan tersendiri yang susah untuk dijelaskan. Nah, ini yang membuat aku makin bingung.

Coba kita lihat yuk, untung dan ruginya dari merokok.

Kita mulai dari untungnya. Menurutku sih ndak ada. Paling bagi sebagian orang dengan merokok itu ada perasaan bangga, macho, dan naluri menjadi laki-laki sejati tersalurkan dengannya. Selebihnya ... akal sehatku susah untuk menjangkau dan memahaminya. Mungkin ada juga yang bilang, itu sih udah sebuah tradisi dari dulu. Sedari kecil aku udah diajarin rokok sama orang tua, atau lingkunganku memang lingkungan perokok, jadi wajar khan aku juga ikut-ikutan ... Mmmm ... sebuah alasan yang sangat klasik.

Namun kalau kita mendata ruginya merokok, sangat banyak. Peringatan pemerintah yang tertera di setiap bungkus rokok sudah menjelaskan semuanya. Impotensi-lah, kanker-lah, gangguan pernafasan-lah ... dan banyak lagi. Bahkan aku pernah membaca brosur tentang bahaya merokok yang ditempel di setiap rumah sakit, dan di situ dijelaskan bahwa asap yang dikeluarkan dari hasil pembakaran sebatang rokok kadar pencemaran dan bahayanya sama dengan asap hitam yang dikeluarkan oleh knalpot bis-bis yang memakai bahan bakar jelek, yang sangat menyesakkan nafas. Woww ... menakutkan he he ...

Satu lagi kerugian merokok adalah biaya yang dikeluarkan. Nah, ini juga yang aku heran. Katanya bangsa kita ini terpuruk dan kemiskinan di negeri kita ini semakin bertambah. Namun herannya, yang aku perhatikan justru yang paling banyak merokok itu adalah mereka-mereka itu. Lho, katanya untuk beli makan aja susah, tapi untuk rokok ... ndak masalah tuh. Coba kita hitung yah, harga satu bungkus rokok anggap aja rata-rata Rp. 5.000,- dan sehari rata-rata menghabiskan 1/2 bungkus rokok, berarti sama saja dengan satu hari mereka membakar uang sebanyak Rp. 2.500,-. Seandainya itu dialihkan untuk keperluan lain, khan lumayan untuk makan misalnya. Di Warteg dengan uang segitu bisa sekali makan puas dan kenyang.

Satu hal yang membuat aku benci rokok adalah perilaku sang perokok itu sendiri. Gimana yah ... kadang aku merasa mereka egois gitu loh. Dengan seenaknya mereka kapan saja, dan di mana saja dengan santai dan tanpa beban mengeluarkan sebatang rokok, dan dengan style sendiri menyalakan korek api ... tussss ... asap-asap pun beterbangan memenuhi ruangan sekitar. Alhasil, kita yang tidak merokok langsung ngacir secepat mungkin menghindarinya ... karena bukankah dijelaskan bahwa kita-kita yang perokok pasif justru lebih berbahaya?

Aku juga kasihan dan tidak tega, ketika melihat ada bayi yang masih belum tahu apa-apa, dalam gendongan ibunya ... tiba-tiba sang ayah dengan tidak mempunyai kesadaran lagi menyalakan rokoknya ... khan kasihan, kecil-kecil udah terkontaminasi dengan zat-zat yang berbahaya ...

Hmm ... banyak sekali yang bisa ditumpahkan. Namun aku bersyukur, meskipun pernah hidup dalam sebuah lingkungan yang hampir 90% adalah perokok, aku tetap disadarkan dan dihindarkan dari terseret dalam arus menjadi seorang perokok. Dan satu hal yang sangat aku syukuri, aku dilahirkan dalam sebuah keluarga yang juga anti-rokok, dan dididik untuk menjauhinya ... Thanks to my family.

Aku hanya bisa berbicara dengan sudut pandang seorang anti-rokok. Namun, apakah ada pro-rokok yang bisa menjelaskan kepadaku tentang dunia 'per-rokok-kan'? Monggo ...

* * *

Seorang anak kecil, berusia sekitar 4 tahun, dengan sebuah perasaan yang begitu penasaran melihat tamu papa-nya dengan begitu asyik memasukkan sebatang benda putih ke mulutnya, dan tidak lama kemudian keluarlah asap putih dari mulut dan hidungnya. Wah ... keren sekali.

Dengan malu-malu, sang bocah ini pun mendekat ke papanya, dan berbisik ... aku pengen coba benda putih itu.

Setelah berkali-kali merengek, akhirnya sang tamu pun mendekatkan batang putih tersebut ke mulut bocah ini, dan ... uhuk ... uhukkk ... uhukkkkk ...

Itulah kali pertama dan terakhir aku merasakan apa yang namanya merokok ...

Comments

  1. salut deh ama postingannya. met kenal yach. aku ama suamiku juga gak pernah ngerokok. gak ada untungnya koq.

    ReplyDelete
  2. Miniez: Sama dong kalo gitu. Met kenal juga ...

    Beverly: Iya tuh ... Itu pun belum tau cara pengawasannya. Se-7 ... Bravo anti-rokok

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:57 AM

    Hallo Hendri,

    Merokok memang tidak baik untuk kesehatan fisik maupun kantong!!!

    Sangat bagus bila kamu tidak menyukainya...:)

    ReplyDelete
  4. Anonymous7:00 PM

    aku sih sangat setuju dgn adanya undang2 tsb , masalahnya praktek di lapangan belum tentu bisa. contoh konkrit yah di kantor ku , boss ku sehari2 merokok ,dan aku udah jadi perokok pasif selama 10th neh , mustinya nanti kalau boss ku kena denda mendingan dendanya kasih ke aku haha

    ReplyDelete
  5. :)) Sama, aku jg ngga ngerokok. Hidup Anti Rokok!!! :) Ngerokok emang ga ada untungnya...

    Oya, yg penting tuh justru pelaksanaan UUnya tuh. Kalo ga salah di beberapa kota ada denda buang sampah sembarangan kan? Tp di lapangan kalo ada yg buang sampah sembarangan jg ga didenda, akhirnya ya sama aja deh...

    ReplyDelete
  6. Lisa: Ha ha ha ... sama dong kalo gitu. Kita usulin aja yu ke pemda, kalo di acc khan lumayan :)

    Zilko: Bener tuh .. yang penting adalah bagaimana pelaksanaan dan pengawasannya. Mmm ... membayangkan negara-negara tetangga yang serba tertib dan bersih ... pengennnnnnnnnnnn

    ReplyDelete
  7. hendri wrote :
    Kita mulai dari untungnya. Menurutku sih ndak ada. Paling bagi sebagian orang dengan merokok itu ada perasaan bangga, macho, dan naluri menjadi laki-laki sejati tersalurkan dengannya.

    HAH ?! BENCONG AJA NGEROKOK HEHE...

    ReplyDelete
  8. Dian: Berarti itu bencong yang macho ha ha ...

    ReplyDelete
  9. berarti yg merokok gak beda ama bencong haha...abis sebel, suka ngaku2x macho karena merokok. wong bencong aja merokok

    ReplyDelete
  10. Yah begitulah ... bencong tapi macho gitu he he ...

    ReplyDelete
  11. Anonymous7:42 AM

    ah... denger kata "ROKOK" aje gue dah muak buangeett, pa lagi ketika gi naek angkot or bus umum ada yang nge"ROKOK" depan gue... hih serasa mo sekap mulutnye, biar asapnye masuk ke 'knalpot'nye lagee.. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa