Skip to main content

Onga

Kami memanggilnya onga. Kehadirannya di tengah-tengah kami menambah kebahagiaan keluarga kami yang masih seumur jagung. Melihat perkembangannya dari hari-ke-hari, minggu-ke-minggu, dan bulan-ke-bulan sangat mengagumkan dan menakjubkan, dan memberikan kami kesadaran betapa sempurna, ajaib, dan luar biasa Tuhan yang membentuk dan memeliharanya.

Awalnya kami belum pernah berpikir dia datang begitu cepat, maklum kita masih pengantin baru dan pikiran ke arah untuk punya onga masih belum terbentuk sama sekali. Pikir kami, yah ... paling 1/2 tahun atau 1 tahun baru dapat. Eh ... ternyata kami sangat diberkati. Di bulan pertama pernikahan kami, langsung kami diberi.

Tokcer neh ... demikian kata teman-teman. Ibu mertua berkata, kalian sangat diberkati. Namun, aku sering menjuluki diriku dengan sebutan penjantan tangguh ha ha ha ... Tapi itulah yang terjadi, rasa kaget, kuatir, dan belum siap menghinggapi kami berdua. Tapi perasaan bangga dan bersyukur lebih besar dalam diri kami, apa lagi menyadari banyak senior yang sampai saat ini belum juga dikasih. Thanks God ...

* * *

Bulan pertama: Onga masih belum ada bentuk sama sekali. Waktu USG, dia hanya berbentuk seperti sebuah kacang kedelai yang masih sangat kecil.

Bulan kedua: Secara perlahan tapi pasti, bentuknya berubah. Sudah mulai kelihatan bentuk kepala, tangan, dan kaki meskipun bentuknya masih belum sempurna.

Bulan ketiga: Wow ... udah kelihatan jelas bentuknya. Kepala, tangan, kaki udah utuh terbentuk.

Bulan keempat: Luar biasa. Ada bentuk di dadanya berwarna merah, dan berdetak. Itu jantungnya ... Waa ... ternyata dia hidup ...

Bulan kelima: Eh ... keliatan dia lagi ngisap jempolnya. Lucu :) Dan mulai bulan ini kita mulai mendengarkan lagu-lagu klasik, yang konon bisa membuat dia lahir sebagai anak cerdas. Bener ndak sih?

Bulan keenam: Kata dokter udah utuh. Tulang belakangnya terlihat jelas, jantungnya berdetak semakin normal, udah mulai nendang-nendang mamanya ...

Bulan ketujuh: Kenakalannya semakin menjadi-jadi. Setiap saat ketika aku menempelkan tanganku ke perut mamanya, terasa juga dia bergerak seperti mengerti bahwa papanya rindu untuk membelainya, mengelusnya, dan mengasihinya ...

* * *

Kemarin kita barusan dari dokter. Antriannya luar biasa, kita registrasi jam 19.00, dan jam 20.30 baru dipanggil. Dengan hati yang penuh penasaran untuk melihatnya, layar USG menjadi pusat perhatian kami.

"Sehat, bagus ..." demikian kata dokternya singkat. Tapi kata selanjutnya membuat kami sedikit kuatir dan mikir. "Posisinya masih belum balik yah, masih sungsang ..."

"Apa dengan banyak nungging bisa balik sendiri?" tanya istriku.

"Kadang bisa, kadang tidak ... yah, 2 minggu lagi periksa yah."

Aku lantas bertanya pada teman-teman yang sudah berpengalaman. Ada yang menyarankan panggil dukun bayi supaya diurut, ada yang nyaranin banyak senam dan nungging, ada yang memberi saran waktu tidur kakinya diganjalin bantal supaya tinggi, bahkan ada yang nyaran-ken minum obat.

Terang aku bingung ... gimana yah bagusnya. Ada saran dan sharing dari yang berpengalaman?

Comments

  1. gak usah pake dukun bayi, minta aja ama Heavenly Father... pasti Onga balik sendiri pas waktunya... :)
    gua dah sering denger kesaksian ttg onga-onga lain yang sungsang tapi pas lahir tjadi mujizat... balik sendiri... :)
    wuih... bentar lagi dipanggil papi ama onga...
    Selamat ya.... :)

    ReplyDelete
  2. belum pernah hamil, but adekku sungsang. yeah terpaksa caesar dia. aku ngedengar kata dukun bayi kok serem ya hihi...

    ReplyDelete
  3. Iya ... dokter juga ngomong gitu, padahal kita khan maunya normal :(

    Dukun bayi? Aku juga seyyyeeeemmmmm dengernya he he

    ReplyDelete
  4. Xu: iya neh ... khan ndak ada yang mustahil bagiNya yah ...

    Papi? wow ... belum terbayang tuh hi hi ...

    papi ... onga minta jajan

    papi ... onga minta dimandiin

    papi ... onga mau jalan-jalan

    papi ... onga minta mobil-mobilan

    :)))

    ReplyDelete
  5. katanya sih disuruh ngepel lantai.. bagus buat posisi bayi.. gitu katanya sih... vi3 juga ga tau bener apa nggak.. lha married aja belum....
    doohh jadi pengen punya anak...

    ReplyDelete
  6. :)) Aku gatau sama sekali deh.... :)

    Tapi katanya dulu aku pas lahir juga pertamanya dikira sungsang, ternyata engga soalnya dokternya 'salah liat' (aduh, istilah yg tepat apa yach???) :?:

    ReplyDelete
  7. Anonymous2:54 PM

    Iya hen, sering sering sujud. Lom ngalamin sih. Tapi, jangan terlalu kuatir kakakku anaknya masih sungsang dibulan ke delapan, tapi pas mo lahir udah muter tuh, jd bisa lahir normal.

    Aku do`ain biar posisinya normal yah. Kapan due date? wahhh..gak sabar nunggu ponakan lahir nih. :)

    ReplyDelete
  8. Vi3: Suruh ngepel? Emang bisa yah, apa ndak dipikir orang 'jahatin' istri, wong lagi hamil kok disuruh ngepel? Btw, bisa dicoba kali yah ...

    Belum merit? cepeten ngih ..


    Zilko: he he ... jelas u gak tau sama sekali, btw waktumu akan tiba :)


    Dewi: Aku juga tanya teman lain, dan emang ada yang 8 bulan masih sungsang, tapi mendekati hari H akan normal. Doain yah.

    Ponakan baru? Hi hi ...


    Beverly: masa nyi ng ti ngai a bui loi. Kan nga lo posting jiu kong nga kampung. Chi fan thuk yah ... Kalo nyi abui nyin?

    ReplyDelete
  9. hakka nyin hak si nyin =))
    no koment la..ndak pernah punya onga hahaha..pengen kawen ehh nikah neh...ndak ada calon :(

    ReplyDelete
  10. katanya sih harus sering2 nungging, baik istri maupun suaminya. ini katanya lho.

    ReplyDelete
  11. Hendri,

    Ni se hak ngin he....hak shi ngin ? wa em tie..:)Intermezzo..

    Btw, petik hikmahnya aja..konon yg lahir posisi Budha duduk, hokinya bagus..:) Semoga..kudoin.amin :)

    ReplyDelete
  12. Anonymous5:48 AM

    cuma mo nambahin, Hen..ngepelnya jongkok yah, kayak inem pelayan sexy getuw..hehe gut lak! Bilang sama istrimu nyantai aja, jgn terlalu kuatir. Serahkan semua sama Tuhan Yesus. Pasti lahirannya lancar. :)

    ReplyDelete
  13. kalau mamiku sih biar ndak sungsang, mesti banyak posisi ngepel gitu... katanya cepet balik :)

    met weekend ya!

    ReplyDelete
  14. Meli: Makanya, mang-mang chim calon. Jangan-jangan loe ke taiwan untuk chim thoi ban nyin yah. he he he ... kalau udah dapat kabarin yah :)

    Miniez: masa suami ikut nungging? Yang bener ah ... Tapi boleh dicoba juga, kemarin waktu aku ngomongin ke istri, dia jawab: aku mau asal u ikut. Waaa .... hasilnya kemarin pada nungging bersama ha ha

    Sisca: Nyi hak si nyin juga ndak. Hmm ... posisi budha duduk, keren juga yah ha ha

    ReplyDelete
  15. Dewi: Inem pelayan seksi? Hmmmm ... *mata langsung cring ....*

    Thanks yah, tadi kita udah doa kok, pokoknya yang terbaiklah yang Tuhan berikan. Setuju?


    Nie: Jadi kuncinya harus sering2 ngepel yah ... Met wekend juga ...

    ReplyDelete
  16. Anonymous7:59 PM

    Duh, sungsang ya? Lom pernah ngalamin, jadi ga bisa kasih saran..

    Aku batu doain aja ya, pada saatnya nanti, ga sungsang lagi..

    ReplyDelete
  17. Anonymous8:57 AM

    Hen, wkt g hamil 7 bulan jg dokternya ngomong gt, g jg tanya :nanti bisa balik ga? dan lagi2 dokternya jawab sama, bisa ga bisa iya. Jgn2 kita ke dokter yg sama ya hehehe...
    But don't worry, wkt itu g cuma banyak jalan aja, ga pernah nungging2 segala..(pegel bo). Coba deh kalo ga sempet jalan pagi ya jalan sore..kan romantis tuh uhuyyy...

    ReplyDelete
  18. Tina: Iya neh ... bantuan doa yang kencang aku harapin dari teman2 :)

    Imelda: Gitu yah ... tapi perasaan semua dokter sama yah, pelit ngomong. Hanya seperlunya aja he he

    JJS, wow ... mersa mbok :)

    ReplyDelete
  19. panggil dukun bayi...? No way ! kalau diurut kan ntar ada kemungkinan kena bagian-bagian bayi...bisa cacat.
    Jadi, yang utama : minta sama The Creator untuk menunjukkan maksudNya : lahir normal or caesar? Kalau harus Caesar ya ga masalah. Aku juga pernah nglahirin anak dengan cara Caesar.

    ReplyDelete
  20. Iya ... aku juga ngeri bayanginnya, denger namanya aja udah takut. Dukun Bayi ihhh ...

    Btw, Tuhan sudah membuka jalannya, tadi pagi istri ke dokter dan posisi udah normal, alias kepala udah turun. Thanks God banget :)

    ReplyDelete
  21. nah, ternyata yang terbaik dari Tuhan buat kalian adalah mendapat bayi dengan cara alami. Btw, boleh minta alamat kalian berdua (alamat beneran, bukan alamat email :-))
    aku tunggu di martha_pratana@yahoo.com ya...

    ReplyDelete
  22. Bu Martha ... thanks yah.

    Alamatku udah terima khan? Ada apa gerangan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa