Skip to main content

Tahyul

Asyik kali yah kalo bicara tentang tahyul. Selain karena merasa ada 'dunia lain' sewaktu membicarakannya, juga ada rasa deg-degan dan penasaran, bener ndak sih ada yang namanya tahyul itu. Apalagi sekarang masih fresh karena baru memasuki tahun 2007, rasanya makin klop deh menyambutnya dengan bermacam-macam tahyul --termasuk ramalan-ramalan-- yang dijamin pasti banyak peminat untuk menyimak dan mengetahuinya.

Seandainya aku tanyakan ke teman-teman, percaya tidak dengan tahyul itu, pasti jawabannya beragam. Ada yang mengatakan percaya sekali. Ada juga yang menjawab tidak. Dan seperti biasa, selalu ada yang bersifat netral alias ambil jalan aman: tergantung sih, kalau tahyulnya bagus percaya, tapi kalau jelek, sengaja dikait-kaitkan dengan tahyul lain supaya dapatnya tahyul yang bagus hehehe ...

Bentuk tahyul itu sangat beragam. Dari sekadar tahyul berupa letak tahi lalat, posisi tidur, anjing menggonggong, kucing kawin, suara tokek, lihat cecak mati, dijatuhi kotoran burung, kelelawar masuk rumah, sampai berbagai fenomena alam seperti pohon tumbang, gerhana matahari, dan bentuk awan ... semuanya dapat ditahyulkan.

Tidak percaya? Coba ... kalau tiba-tiba saja ada kucing item nongol di rumah, apa reaksi umum yang didengar? Wah, bakal ketemu sial neh... Atau ada kupu-kupu beterbangan di ruang tamu kita, seketika langsung dikaitkan dengan akan adanya tamu yang berkunjung. Contoh lain, pernah khan dengar kayak gini: jadi anak gadis, jangan bangun sebelum matahari udah tinggi, ntar bakal berat jodoh :)

Waktu kecil aku juga sering di-tahyul-in. Dan layaknya bocah pada umumnya, aku percaya saja dengan aneka tahyul tersebut. Parahnya, tahyul yang disampaikan seram-seram lagi, yang kadang sampai terbawa ke alam mimpi. Salah satu tahyul yang paling aku ingat sampai saat ini adalah tahyul tentang main layangan menjelang sore. Pernah teman-teman dengar tahyul ini?

Kalau belum, gini neh kisah lengkapnya. Salah satu musim yang dinantikan anak-anak adalah musim layangan. Aku kebetulan salah satu anak yang doyan main layangan. Makanya saat musim ini tiba, di rumah pasti bermunculan peralatan untuk bermain layangan, seperti gulungan benang yang sudah di-gelas [supaya kalau adu layangan bisa menang], bambu-bambu plus kertas khusus untuk buat layangan sendiri, sampai galah panjang yang dihiasi dengan tanduk-tanduk sebagai senjata untuk rebut kalau ada layangan putus.

Makanya, setiap hari sepulang sekolah, hal pertama yang aku lakukan adalah ke lapangan bola dekat rumah, trus nongkrong dan asyik dengan teman-teman di sana sambil main layangan ... sampai sore. Tidak jarang kadang harus dicari sama ortu agar pulang karena sudah kemalaman. Mungkin untuk mengakali supaya kita pulang tidak kemalaman, makanya diceritakan tahyul ini.

Gimana bunyi tahyulnya? Gini: jangan pernah main layangan sampai malam hari. Kalau masih nekad, maka pas kita tidur, akan datang hantu layangan, kemudian menangkap kita ... memposisikan tubuh kita seperti bentuk salib, dipasangin benang dan kertas hingga jadi layangan manusia. Selanjutnya, hantu layangan akan bermain layangan manusia, dan kita salah satu layangan yang ntar diadu. Kalau kalah, kita akan putus ... dan terbang entah kemana alias ndak balik-balik alias hilang alias koit hehehe ...

Sebagai bocah, takut khan dengar yang gituan. Makanya kita tidak berani tuh main layangan sampai sore ... tatuttttt ;)

Tahyul lainnya jangan memotong kuku waktu malam, karena akan datang hantu kuku menangkap dan memotong kita. Padahal maksud di baliknya adalah karena hari sudah malam, riskan kalau potong kuku. Salah-salah malah jari kita berdarah karena salah potong, atau takut kalau guntingan kuku itu tidak sengaja masuk ke mata kita.

Tahyul lain, malam-malam jangan duduk di depan pintu utama rumah, karena ntar diembat setan hantu *heran yah, kok dulu sering nakutin anak atas nama setan, padahal para setan khan tidak punya salah hehehe*. Sebenarnya maksud asli tidak duduk di depan pintu adalah supaya tidak menghalangi orang kalau mau masuk keluar rumah, atau supaya tidak masuk angin.

Tapi begitulah realita yang ada. Tahyul ada di mana-mana ;)

* * *

Beberapa hari ini mataku sebelah kanan kayak bergetar sendiri atau berkedut. Waktu aku ceritakan ke orang-orang, komentar pertama yang muncul adalah: wah ... itu artinya kamu bakal menangis tuh. Iseng aku ke bongkar-bongkar koleksi bukuku, aku ketemu sebuah buku --yang aku sendiri heran dari mana aku mendapatkannya--. Judul buku itu "1001 Tahyul di Indonesia".

Dan ... benar. Di sana dikatakan kalau bagian bawah mata bergetar, artinya aku bakal menangis karena ada kesedihan. Tidak terima dengan tahyul itu, aku baca lebih lanjut. Ketemu tahyul lain: pipi kanan bergetar, yang artinya akan mendapat keberuntungan. Membaca itu ... puas deh aku, karena tahyulnya bagus hehe ...

Kaitan dengan memasuki tahun 2007, dikatakan --entah termasuk tahyul tidak-- tahun 2007 akan terbongkar perselingkuhan yang dilakukan banyak orang. Dan yang paling banyak skandal yang terbongkar itu adalah pada pria yang shio ular yang lahir di tahun 1977. Waaaaaaa ... aku juga shio ular dan lahir tahun 1977. Jangan-jangan benaran aku berselingkuh, dan itu akan terbongkar HAHAHAHA ...

Takut oeiiiiiiiiiiiiiiii ;)

Comments

  1. Hayooo.. laporan sini.. selingkuh ama siapa??!!!!

    Hen, salah satu yg bikin aku kangen Indonesia terutama pergantian tahun tuh crita2 gini-nih. Lucu. Di sini mah sepi, 'gak ada "gosip tahyul2" beginian.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Met taun baru dulu ah :)

    Nyokap gw bilang anak perempuan gak boleh makan toge banyak2x..jgn2x togenya mo di pake beliau buat ketoprak..ahahahahh :p

    ReplyDelete
  4. Ngomong2 ramalan, ada yg menarik nih (ramalannya Mama Laurent)

    1. Diramalin tahun 2006, di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan ada bencana. Kenyataan: 27 Mei 2006 gempa bumi di Jogja (Jawa Tengah); 29 Mei 2006 - skrg Kasus Lapindo di Sidoarjo (Jawa Timur); 17 Juli 2006 tsunami di Pangandaran (Jawa Barat)

    2. Katanya (dibilang pas tahun 2006 kemarin) akan ada pesawat yang kecelakaan, maskapai naas ini berhuruf depan "A". Tanggal 1 Januari 2006, "A"dam Air KI 527 hilang!! (kayanya sih jatuh)

    3. Akan ada artis muda meninggal (Desember kemarin, Alda meninggal)

    Hayoo, gimana?? :)

    ReplyDelete
  5. Ngomong2 ramalan, ada yg menarik nih (ramalannya Mama Laurent)

    1. Diramalin tahun 2006, di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur akan ada bencana. Kenyataan: 27 Mei 2006 gempa bumi di Jogja (Jawa Tengah); 29 Mei 2006 - skrg Kasus Lapindo di Sidoarjo (Jawa Timur); 17 Juli 2006 tsunami di Pangandaran (Jawa Barat)

    2. Katanya (dibilang pas tahun 2006 kemarin) akan ada pesawat yang kecelakaan, maskapai naas ini berhuruf depan "A". Tanggal 1 Januari 2006, "A"dam Air KI 527 hilang!! (kayanya sih jatuh)

    3. Akan ada artis muda meninggal (Desember kemarin, Alda meninggal)

    Hayoo, gimana?? :)

    ReplyDelete
  6. Anonymous8:37 AM

    Hendriiiiii.... *TUK TUK TUK* misua gw shio ular n lahir th 77 juga taukkk... ugh... nakut2in aja nih. :P~

    niwei... untungnya gw gak percaya tahyul, jadi... gw gak tatutt tuhhh. weq..

    ReplyDelete
  7. Since: Hehehe ... selingkuh dengan siapa? Ada dehhhh ;)
    Makanya, pulang indo lagi dong. Khan republik ini adalah "unik" hehe ...

    Yulia: Met taon baru juga ... Trus sebenarnya kenapa tidak boleh makan toge? Ketoprak? Waaaaa ... kesukaanku tuh hehehe

    Zilko: Hehehe ... kalo ngomong Mama Lauren mah ... daku nyerah deh. Terlalu canggih ilmunye hehehe. Btw, gimana kabar Adam Air. Kok ngawur banget sih beritanya ...

    Dewi: Hayooooo ... siap2 neh jadi mata-mata. Perlu spionase khususkah ;)

    ReplyDelete
  8. Anonymous10:47 AM

    selingkuh itu selingan indah.. hihihii.. memacu adrenalin kita.. hahahaa...

    ReplyDelete
  9. Laki gue juga taon 77 tapi dia shio naga..so aman deh gue :P

    ReplyDelete
  10. Anonymous1:55 PM

    Iya neh ... waktu kecil juga sering ditahyulin heehehe ... Btw, benarkah perselingkuhan om bakal terbongkar? Hmmm ... tidak sabar menantinya ;)

    ReplyDelete
  11. Anonymous11:35 PM

    bini gue juga kelahiran 77 dan shionya ular??? hihihi..
    berlaku gak untuk perempuan ramalannya???

    btw
    Met taon baru ya.. sukses selalu buat Anda!!!

    ReplyDelete
  12. Anonymous12:37 AM

    om P2 ketawanya kencenk amad, kedengeran sampe ke kota sini neh kakakakaakak

    aku malah palink hobi gunting kuku malem2 kewkwkwwkwk

    happy new year yah!! semoga di tahun yg baru ini selalu dilalui penuh kebahagiaan dan selalu diberkati!!!

    all the best mister seven (serba tujuh yah hehehe)!!! =DD

    ReplyDelete
  13. jangan pulak kau ikuti itu takhyul ! hehehe...gara2x ramalan, beneran selingkuh pulak si hendri

    eh, kemaren ada kucing item nongol dirumah.

    ReplyDelete
  14. vi3: iyaaaa ... selingan indah dan keluarga tetap utuh bahagia :)) asyikkkk ... berminat ikut2an selingkuh vi3???

    Amey: Hahaha ... meskipun naga, tapi tetap ada efeknya. Sama-sama 77 oeiiii ...

    Rudy: Gitu yahhh ... Emang daku selingkuh? Waaaa ... jadi takuttttt ...

    Joni: Wahh ... berarti dikau dalam bahaya Bro. Siap2 pasang webcam di rumah, atau sewa mata2 HAHAHA ... tidaklah j/k. Namanya juga tahyul ato ramalan ;) Met taon baru juga!!! Sukses untuk bersama yah ...

    Ponakan: HAHAHA ... masa sih sampai kedengaran di sono. Jgn2 gara2 tawaku, terjadi gempa atau tanah longsor di mana2 ;) Hobi gunting kuku malam2? Bahaya atuhhh hehehe ... hepi new year juga. Tahun 2007 taon keberuntunganku. Soalnya selain ada angka 7, juga ada angka 2 dan 7 yang berarti angka pernikahan daku 2 Juli ;)

    Dian: Waaaa ... jgn deh itu terjadi. Takuttttt hehehe. Btw, kucing item kemarin itu si prince ato pacarnya prince :))

    ReplyDelete
  15. Anonymous10:57 AM

    Sama om, waktu kecil juga sering diancam2 pake nama setan hehe ... Gimana dengan kedutan matanya? Ndak ketemu hal2 menyedihkan khan???

    Selingkuh? Wowww ... asyiknyaaaaaa

    ReplyDelete
  16. pernah dibilangin kalo liat pelangi gak boleh ditunjuk..ntar telinganya ilang hihihihi

    ReplyDelete
  17. Anonymous1:42 PM

    percaya ga percaya sih.
    kalo tahayul beda dengan ramalan kan?
    gue sih ambil positip nya aja
    kalo tahayul ngelarang ini itu, karena akan mengakibatkan ini itu, sejauh berefek positif, ya diikutin aja.

    contohnya kek larangan maen layangan magrib2. itu kan bener, kemaleman, masuk angin, lupa makan, lupa belajar.

    tapi keknya kalo punya anak ntar, gue jelasin pake logika deh, bukannya ntar ditangkap hantu layangan. emangnya lagu agnes monica, tak ada logika..., huehehehee

    ReplyDelete
  18. Anonymous2:49 PM

    dulu, aku juga sangat2 percaya tahyul. gara2 dibadanku tuh banyak tahi lalat. hihhii .... semenjak temenku ngajarin aku baca tarot, aku jadi agak2 ga yakin. soalnya banyak ga benernya mas. hahaha ... buat sebagian orang, katanya sih ada benernya. tapi banyak juga yang ga benernya. kalo bagus, baru percaya. jelek, ga percaya .. wakakaka

    ReplyDelete
  19. Anonym: Heheh ... kedutan matanya udah ndak lagi. Tidak ada yang menyedihkan tuh ... bener neh yang namanya tahyul jangan dipercaya :))

    Meli: Masa sih? Kok aku malah dikatain bakal dapat rezeki yah? Rezekinya tambahan telinga karena punya Meli udah hilang hihihihi

    Ester: HAHAHA ... lagi demen sama lagunya Agnes? Hmm ... cinta tanpa logika. asyikkk ...

    Meda: iyaaa ... aku juga cenderung gitu. Kalo tahyulnya bagus meng-amini saja. Kalo tidak ... no way!!!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa