Skip to main content

Reinkarnasi

Selain mimpi dan deja vu, salah satu topik yang masih merupakan sebuah misteri besar dan selalu ingin aku gali dan ketahui adalah reinkarnasi. Terlepas dari masalah faith [iman], reinkarnasi menurutku adalah sebuah fenomena yang sangat menarik untuk ditelusuri keberadaan dan kesejatiannya. Yang sering bergulat dalam pikiranku, benarkan reinkarnasi itu ada? Kalau ada, bagaimanakah dia bekerja? Kalau tidak ada, bagaimana dengan fenomena-fenomena dan kesaksian sebagian orang yang sepertinya memberikan bukti bahwa memang proses reinkarnasi itu ada?

Anda sering melihat film mandarin, terutama film-film kuno tentang percintaan? Selalu aku dapati, saat sepasang insan yang lagi dimabuk asmara, namun karena suatu hal hubungan mereka tidaklah semulus yang dibayangkan, dalam arti ada sebuah tembok yang menjadi penghalang bagi mereka untuk bersatu, saat itulah sebuah pernyataan klasik sering diucapkan pasangan ini. Kalau kita jeli mengamati, adegan ini selalu diiringin dengan alunan musik syahdu, kadang diberi efek latar hujan gerimis, dan dengan berlinang air mata sang cowok akan berkata: aku tidak tahu apa yang sudah kita lakukan di kehidupan lampau hingga kita tidak bisa bersatu di kehidupan sekarang, namun aku berharap di kehidupan mendatang kita akan ketemu lagi dan tidak akan ada halangan lagi untuk kita bersatu selamanya.

Wuihhh ... sebuah pernyataan yang menurutku bermakna dalam. Kehidupan lampau, sekarang, dan yang akan datang. Sebuah pernyataan yang sering melambungkan pikiranku tentang reinkarnasi. Dan lagi-lagi berkecamuk dalam benakku: nyatakah apa yang dinamakan reinkarnasi itu?

Dari seabrek referensi yang aku baca, mayoritas menjelaskan bahwa proses reinkarnasi terjadi dalam dunia roh kita. Seperti yang kita ketahui selama ini, anatomi manusia itu terbagi menjadi 3 unsur, yaitu tubuh, jiwa, dan roh. Tubuh adalah tampilan fisik kita yang kelihatan secara nyata, sedangkan jiwa lebih berbicara tentang karakter, emosi, dan kepribadian kita yang tersembunyi dan tidak kelihatan secara gamblang. Dan unsur ketiga, roh, itulah yang abadi dan kekal selamanya.

Mereka-mereka yang percaya dengan dunia reinkarnasi meyakini bahwa roh manusialah yang berpetualangan dari satu generasi ke generasi yang lain. Seberapa sering mereka berloncat, itu masih sebuah pertanyaan besar dan belum ada jawaban yang pasti. Namun sejauh ini, ada dua aliran yang berusaha untuk menjawabnya.

Yang pertama mengatakan bahwa titik di mana roh manusia akan berhenti berpetualang saat sudah mencapai apa yang dinamakan kesempurnaan atau keabadian. Jadi aliran ini mengatakan sebenarnya setiap kali manusia reinkarnasi ada sebuah tujuan khusus, yaitu untuk melatih seberapa jauh manusia menghayati dan menghidupi apa yang dinamakan nilai-nilai luhur atau kebaikan. Jadi kayak sistem ujian, ada sederetan nilai luhur yang harus lulus sebelum mencapai keabadian.

Misalnya, kehidupan masa lalu seseorang diharuskan untuk menghidupi nilai kesabaran. Jadi sepanjang hidupnya dia akan diperhadapkan dengan situasi yang mengharuskan dia untuk hidup sabar, peristiwa-peristiwa yang menuntut dia untuk menghayati kesabaran, dan seabrek kejadian lainnya yang intinya menguji kesabaran dia sampai dia lulus.

Bagaimana kalau dia tidak berhasil melewatinya? Konon, di kehidupan setelahnya dia kembali harus hidup dalam dunia itu lagi. Jadi mengambil istilah sekolah, dia harus ikut her. Sampai dianggap berhasil, dia akan naik ke tahap selanjutnya. Nah, seberapa banyakkah mata ujian atau nilai luhur yang harus dilewati? Itu juga masih misteri dan relatif. Jadi intinya suatu saat pasti akan tercapai keabadian. Masalah cepat atau lambat, itu sangat tergantung dari niat dan keseriusan manusia itu sendiri dalam memaknai hidup mereka saat itu juga.

Aliran kedua menyatakan roh kita akan berloncat terus sampai dunia ini kiamat. Bedanya dengan aliran pertama, yang kedua ini mempercayai bahwa setiap manusia mempunyai jatah yang sama untuk hidup di dunia ini dengan berbagai karakter dan kehidupan yang berbeda. Dan keabadian hanya bisa dicapai ketika semua roh dikumpulkan dalam sebuah wadah yang tak terbatas ukurannya, kemudian ada timbangan besar untuk melihat jumlah kebaikan dan kejahatan kita. Hasilnya ... tahu sendiri :)

* * *

Wuihhh ... kalau mengkonfrontir dengan iman kepercayaan aku, apa yang aku tulis di atas sangat jauh bertentangan. Imanku mempercayai bahwa hidup manusia hanyalah sekali, dan tidak ada yang dinamakan reinkarnasi. Tapi begitulah Hendri, di bawah naungan bintang Libra yang konon selalu mencari kebenaran dan keadilan atas sebuah peristiwa, kejadian, dan fenomena, jadilah postingan reinkarnasi ini.

Dan beberapa waktu lalu saat aku secara iseng googling, aku ketemu sebuah site yang entah dibuat oleh siapa serta seberapa jauh kebenarannya, dia hadir seperti mencoba untuk menjawab pertanyaanku tentang reinkarnasi. Di site ini, kita hanya diminta untuk memasukkan tanggal lahir kita secara lengkap, dan sejurus kemudian muncullah hasilnya.

Saat aku memasukkan punyaku, hasilnya adalah sebagai berikut:

Your past life diagnosis:
I don't know how you feel about it, but you were male in your last earthly incarnation.You were born somewhere in the territory of modern Alaska around the year 825. Your profession was that of a handicraftsman or mechanic.

Your brief psychological profile in your past life:
Seeker of truth and wisdom. You could have seen your future lives. Others perceived you as an idealist illuminating path to future.

The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
You fulfill your lesson by helping old folks and children. You came to this life to learn to care about the weak and the helpless.

Do you remember now?


Anda ingin mencobanya? Klik sini, dan laporkanlah hasilnya kepadaku, jadi aku bisa tahu juga siapakah dikau di masa lalu.

* * *

Beberapa hari ini, aku dapat banyak sekali email yang aku yakin teman-teman juga mendapatkannya, yaitu prediksi akan lahirnya seorang bayi sebagai bentuk reinkarnasi dari Sang Omen [Devil]. Tanda-tandanya adalah anak ini akan lahir besok Selasa, tanggal 6 Juni 2006 [06-06-06] jam 06:06:06, yang entah dari mana penafsirannya disangkutpautkan dengan angka 666.

Yang aku herankan, dikemanain tuh angka 0 sama 2 [si tahun 2006]? Dan benarkah itu benar adanya?

Comments

  1. Anonymous10:54 AM

    article yang menarik

    ReplyDelete
  2. if there is another time, another life, would you be mine? wuakakkakakakaka merinding pacarkuh ditanya ama mantannya edan

    ReplyDelete
  3. Your past life diagnosis:
    --------------------------------------------------------------------------------
    I don't know how you feel about it, but you were female in your last earthly incarnation.You were born somewhere in the territory of modern North Africa around the year 1075. Your profession was that of a farmer, weaver or tailor.
    --------------------------------------------------------------------------------
    Your brief psychological profile in your past life:
    Seeker of truth and wisdom. You could have seen your future lives. Others perceived you as an idealist illuminating path to future.
    --------------------------------------------------------------------------------
    The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
    Your lesson is to develop a kind attitude towards people, and to acquire the gift of understanding and compassion.


    Hasil tesku tuh, he3.... :) Menarik nih tentang reinkarnasi.... :D

    ReplyDelete
  4. Hen, jangan-jangan past life ku itu kadal yak?? :(

    ReplyDelete
  5. Belon coba takut dibilang sebelonnya adalah pendamping di handycraftman *******

    *******= gak elite.

    ReplyDelete
  6. Your past life diagnosis:
    -------------------------
    I don't know how you feel about it, but you were female in your last earthly incarnation.You were born somewhere in the territory of modern North Europe around the year 1125. Your profession was that of a digger, undertaker.
    -------------------------
    Your brief psychological profile in your past life:
    Revolutionary type. You inspired changes in any sphere - politics, business, religion, housekeeping. You could have been a leader.
    -------------------------
    The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
    You are bound to solve problems of pollution of environment, recycling, misuse of raw materials, elimination of radioactivity by all means including psychological methods.

    ReplyDelete
  7. Your past life diagnosis:
    ------------------------
    I don't know how you feel about it, but you were female in your last earthly incarnation.You were born somewhere in the territory of modern South Australia around the year 1125. Your profession was that of a digger, undertaker.
    ----------------------------
    Your brief psychological profile in your past life:
    Person with huge energy, good in planning and supervising. If you were just garbage-man, you were chief garbage-man.
    -------------------------------
    The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
    Your lesson is to learn humility and faith in spiritual principles. You should believe in higher reasons.

    ReplyDelete
  8. I don't know how you feel about it, but you were male in your last earthly incarnation.
    You were born somewhere in the territory of modern Germany around the year 1275.
    Your profession was that of a jeweler or watch-maker.
    Your brief psychological profile in your past life:
    Inquisitive, inventive, you liked to get to the very bottom of things and to rummage in books. Talent for drama, natural born actor.
    The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
    The world is full of ill and lonely people. You should help those, who are less fortunate than you are. Do you remember now?



    aku ga percaya reinkarnasi sih
    hidup cuma sekali
    kalo awalnya katakan saja jumlah manusia di dunia hanya 3 juta dan 3 juta itu meloncat2 terus dr generasi, skrg kok bisa 3 milyar? apakah soul itu bisa beranak?

    eniwei dikatakan aku dr jerman
    aku ga bisa bahasa jerman tuh

    hahahaha

    oh iya aku percaya smuanya diciptakan tuhan sbgai hari baik
    jdnya aku sangsi tgl 6 bulan 6 tahun 2006 jam 6 lebih 6 menit 6 detik itu harinya iblis
    no way!

    aku percaya setiap hari Dia jadikan indah acording to His plan

    ReplyDelete
  9. Anonymous3:22 PM

    blon di cobain neh.. ntar yee lagi gak sempet hehehe

    ReplyDelete
  10. aku gak mau reinkarnasi...takutnya jadi kucing hwehehehe...

    ReplyDelete
  11. Anonymous10:46 AM

    ugh .. masa lalu gue : seorang cewek .. tapi kok kerjaannya mekanik? khan orang dulu belon jamannya emansipasi dimana cewek megang kerjaan cowok?

    yg menarik sebenarnya, kalo kita mati nanti ... reinkarnasi lagi gak? karena dalam ajaran budha(ato hindu ya?) kalo kita kebanyakan dosa, kita bisa reinkarnasi menjadi binatang ... serem

    ReplyDelete
  12. Gue pertama kali ngeh soal reinkarnasi waktu baca komik jepang "setinggi langit dan bintang" pas masih sd dulu.
    asli, ini komik top abish...
    sampe sekarang, kalo denger kata reinkarnasi gue malah kebayang kisah cinta yang romantis yang menembus jarak dan waktu *cieehhhh*

    ReplyDelete
  13. I don't know how you feel about it, but you were male in your last earthly incarnation.You were born somewhere in the territory of modern South New Zealand around the year 700. Your profession was that of a builder of houses, temples and cathedrals.
    --------------------------------------------------------------------------------
    Your brief psychological profile in your past life:
    You had the mind of a scientist, always seeking new explanations. Your environment often misunderstood you, but respected your knowledge.
    --------------------------------------------------------------------------------
    The lesson that your last past life brought to your present incarnation:
    Magic is everywhere around you, even in the most usual, most ordinary situations. Your lesson is to understand this magic and to help other people to see it, too. You are a magician!



    Menurut agama Buddha memang ada reinkernasi, perputaran roda kehidupan.. Karena hidup di dunia ini adalah sebab dan akibat, jadi setiap apa yang kita perbuat akan ada akibatnya dan kita akan mempertanggung jawabkan semua perbuatan yang kita lakukan, baik atau buruk.

    Reinkernasi adalah saat dimana kita setelah meninggal akan terlahir kembali sesuai dengan perbuatan karma baik dan karma buruk kita, jika kita karmanya buruk, kita bisa terlahir di alam yg lain selain manusia, spt alam binatang, alam hantu kelaparan dll, tergantung tingkat karma kita, tapi jika kita karmanya baik dan karma buruk kita sudah berbuah dan kita tebus maka kita bisa terlahir di alam manusia kembali atau lebih tinggi tingkatannya seperti alam dewa-dewa.

    Btw, Zodiak kamu sama ama aku.. hehe..

    ReplyDelete
  14. Hiking: Thanks. Semoga berkenan yah :)

    Bronx: Hehehe ... cepatan kabur kalo gitu :))

    Zilko: Hehehe ... pernah hidup di afrika utara rupanya. Jgn2 dikau titisan raja-raja Mesir :))

    Yen: Kadal? Kok bisa? Coba jelaskan dengan sejelas-jelasnya ... hayoooo

    Sisca: Apa itu ******* yang katanya ndak elit itu? *bingung asli*

    Lucy: Wah ... dikau seorang pria rupanya. Pernahkah mengingatnya? *pasti geleng-geleng kepala*

    Xu: Kalo Lucy pria, dikau seorang wanita rupanya hahahaha ... Tapi ada bagusnya tuh: kamu berbakat jadi seorang pemimpin. Hayo ... cepetan amin tuh :)

    Tenfams: Wah, dikau rupanya tidak jauh-jauh juga lahirnya. Semarang sama Aussie Selatan dekat khan hehehe ... masih satu peta Asia-Ocenia :)

    Mee: Aku juga tidak percaya reinkarnasi. Tapi begitulah ... selalu ada hal2 yang menggelitikku untuk mempertanyakan dan mencari kebenarannya :) 666? aku juga tidak percaya. Itu cuma kebetulan sampai di urutannya saja. Setuju khan?

    Ir: Hehehe ... belum coba atau takut mencoba :)

    Dian: Jadi kucing? Hahahaha ... paling ntar jadi temannya Prince :))

    Johan: Hehehehe ... namanya juga iseng-iseng nyoba, ndak tahu bener atau tidak :) Yap, ajaran Budha yang paling meyakini adanya reinkarnasi. Jadi binatang di kehidupan mendatang? Waaaaaaaaa .....

    Bev: Hahaha .. bisa aja kamu :) Jgn2 kota Beverly itu ada gara-gara dikau yang menemukannya hehehe ... Daku juga heran, tumben kamu mau ambil jatah no. 13. Biasa khan anti :)

    Ester: Hehehe ... setelah baca posting ini, kalo dengar kata reinkarnasi langsung ingat apa dong ...

    Lily: Oh .. gitu yah. Dikau salah satu penganut ajaran Budha Gautama-kah? Welcome to the Libra Club :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa