Skip to main content

Hati Seorang Wanita

Sebagai awal posting ini, ijinkanlah aku untuk mengutip sebuah anekdot yang aku dapat dari sebuah milis, sebuah humor yang aku kira mungkin sudah pernah teman-teman baca juga. Tapi aku senang dengan humor yang satu ini.

Suatu malam, ketika sedang berjalan menelusuri pantai, seorang pria menemukan lampu tua yang diletakkan di atas sebuah batu karang. Karena iseng, dia pun mengambilnya, dan kerena dilihatnya kotor, dia pun menggosok-gosoknya lampu dengan bajunya. Tiba-tiba, muncullah seorang Jin.

“Baik, cukup sudah!” bentak Jin itu. “Ini keempat kalinya dalam bulan ini orang menggangguku! Aku begitu marah sampai aku hanya akan memberimu satu permintaan!!! Ingat, cuma satu, bukan tiga! Jadi ayo! Katakan apa yang kau inginkan. Cepat, karena waktuku sangat berharga!!!”

Pria itu pun berpikir cepat. Sejurus kemudian dia berkata, “Yah, aku selalu bermimpi pergi ke negeri tetangga untuk berbelanja. Tetapi masalahnya aku takut terbang dan cenderung mabuk laut di atas kapal. Bagaimana kalau kau buatkan aku jembatan ke sana? Dengan begitu, aku bisa naik mobil ke sana.”

Jin itu tertawa. “Jembatan ke negeri sebelah?! Kau pasti bercanda? Bagaimana aku bisa mendapat penyangga yang sampai ke dasar samudera? Itu membutuhkan terlalu banyak baja, dan sangat terlalu banyak beton! itu sama sekali tidak bisa dilakukan! Pikirkan permintaan lain!”

Kecewa, pria itu berusaha keras untuk memikirkan permintaan lain. Akhirnya ia berkata.

“Baiklah, aku punya keinginan lain. Semua wanita dalam hidupku berkata aku tidak peka. Aku berusaha dan berusaha untuk menyenangkan mereka, tetapi tidak ada yang berhasil. Aku tidak tahu di mana kesalahanku.

Satu permintaanku adalah untuk mengerti wanita ...
Tahu bagaimana sebenarnya perasaan mereka ...
Ketika mereka membisu padaku ...
Tahu mengapa mereka menangis ...
Tahu apa yang mereka inginkan ketika mereka tidak ...
Memberitahu aku apa yang sebenarnya mereka inginkan ...
Aku ingin tahu apa yang membuat mereka benar bahagia.”

Sunyi sejenak, kemudian Jin itu berkata, “Kau mau jembatan itu berjalur dua atau empat?”


* * *

Sekilas, mungkin kita --khususnya kaum Adam-- hanya akan tersenyum membaca kisah di atas. Namun sesungguhnya, itulah sebuah realita yang tersaji secara gamblang. Humor tersebut seolah ingin mengatakan betapa kompleks dan rumitnya perasaan, keinginan, dan hati seorang wanita. Dia terlalu dalam untuk diselami, terlalu tinggi untuk disinggahi, terlalu jauh untuk digapai, serta terlalu lebar untuk dirangkul keberadaannya.

Guruku pernah mengatakan bahwa wanita selalu menggunakan emosi dan perasaannya dalam melihat dan merespon kejadian-kejadian yang terjadi di sekelilingnya. Berbeda dengan seorang pria yang lebih mengandalkan akal dan logika sehingga kadang kelihatan selalu berpikir praktis dan realistis. Dan perbedaan yang begitu drastis itulah yang sering menjadi batu sandungan bagi seorang pria untuk memahami seorang wanita.

Banyak contoh yang mudah kita temui di sekeliling kita, yang berbicara bagaimana susahnya seorang pria untuk mengerti dan memahami hati seorang wanita. Misalnya saat seorang wanita berkata: nothing. Bagi seorang pria, kalau berkata nothing, yah memang berarti tidak ada apa-apa. That's simple. Tapi bagi seorang wanita, kata nothing berarti sangat rumit dan panjang penjelasannya. Ia bisa berarti benar-benar nothing, tapi juga bisa berarti ini, berarti itu, dan beraneka arti lainnya. Jadi kalau pria tidak hati-hati menanggapinya, hasilnya bisa barabe. Dia bisa dicap tidak perhatian, tidak tanggap, tidak simpati, cuek, dan seabrek tuduhan-tuduhan lain yang membuat sang pria terheran-heran sendiri. Bagaimana mungkin hanya sebuah kata bisa menciptakan keributan yang menurut pria tidak masuk akal. Namun sekali lagi, itulah wanita.

Sering juga kita dapati sang wanita tiba-tiba saja menangis. Tanpa angin tanpa badai, air matanya mengalir begitu saja. Heran? So pasti. Trus harus bagaimana dong. Kalau didiami, kaum pria akan dikatakan: dasar manusia tidak berperasaan, melihat orang menangis kok hanya diam saja. Tapi kalau didekati dan tanya apa gerangan yang terjadi, bisa-bisa yang didapat adalah tangisan yang lebih kencang ... atau yang ekstrim umpatan yang membuat sang pria geleng-geleng kepala seraya bertanya: mimpi apa aku semalam mendapat 'durian runtuh' seperti itu. Tapi lagi-lagi, hati wanita sulit untuk dipahami ...

Contoh lain mungkin saat sedang berbelanja, let say baju. Ada dua pilihan, yang satu warna kuning, dan satunya warna biru. Seperti biasa sang wanita selalu meminta masukan dari pria harus memilih yang mana. Tapi sebenarnya, dalam hati wanita dia sudah menentukan mau membeli yang mana. Tapi begitulah wanita, selalu susah untuk dimengerti. Jadi, saat pria ditanya beli yang mana, itu adalah sebuah situasi yang sangat mencekam dan serba salah.

Kalau pria mengatakan: beli saja yang kuning, atau yang biru bagus tuh. Tidak menjadi masalah kalau yang kita sebut itu cocok dengan pilihan awalnya, tapi kalau berbeda? Wah ... siap-siap deh mendengarkan omelan seperti ini: dasar tidak tahu selera orang, udah tahu untuk aku bagus yang kuning, masih bilang yang biru. Atau gini: emang kamu sudah kenal aku belum sih? Jelas dari dulu aku suka warna biru, eh ... masih ngomong yang kuning. *padahal sebenarnya ke-2 warna itu adalah warna kesukaannya* Bingung khan?

Tapi jangan juga berkata: menurut kamu yang bagus mana, pilihlah itu. Akibatnya juga sang pria bisa kena semprotan: dasar pria tidak berpendirian, minta masukan aja tidak mampu. Lha ... kalau sudah begini harus bagaimana dong ....

Belum lagi kalau pria diperhadapkan dengan situasi seperti sang wanita tiba-tiba diam, tiba-tiba cerewet, tiba-tiba sedih, tiba-tiba tersenyum sendiri, dan masih banyak tiba-tiba lainnya. Dan saat pria menanyakan ada apakah gerangan yang terjadi, jangan pernah berharap mendapatkan jawaban yang pasti. Percayalah kepadaku: selalu membingungkan dan tidak masuk akal. Kenapa semuanya bisa terjadi: karena begitulah seorang wanita, terlalu susah untuk dipahami.

Jelaskan kepadaku hai kaum Hawa ... harus bagaimanakah supaya kaum Adam bisa mengerti dan memahami hati kalian seutuhnya?

* * *

Wanita bisa ditaklukan, tapi pasti ada satu sisi hatinya yang tidak mungkin bisa ditaklukkan. Hati wanita ada satu jendela, dan jendela itu terkunci rapat bahkan untuk orang yang ia paling cintai sekalipun. Hati itu adalah perasaannya yang ke enam ...

Comments

  1. Anonymous9:13 AM

    wah saya paling tidak mengerti wanita

    ReplyDelete
  2. percaya deh, hen... hal itu tidak disengaja oleh wanita kok. semua hal yang bikin pria bingung itu terjadi dengan sendirinya. faktor kepribadian dan karakter akan memperkuat atau justru memperbaiki kondisi itu, tapi kayaknya susah hilang deh.

    jalan keluarnya? gampang! belajarlah dari masa lalu. pertama kali bentrok, pasti elo dah tau sebenarnya kami ingin elo bereaksi seperti apa, ikutin deh maunya kami *wakakaaa*, maka dunia akan damai sentosa.

    eniwei, kami juga nggak mengerti tindakan kalian para pria, kok. Gue rasa satu sama deh... hehehee

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya memahami kami ga begitu sulit2 banget..
    Jadi semua tergantung dengan karakter masing2 wanita menjadi lebih sulit atau menjadi lebih mudah dipahami..
    Hanya 1 yang paling dicari wanita adalah perhatian. Wanita sangat suka diperhatikan..

    Btw, benar kata Ester, kami seringkali malah tidak mengerti jalan pikiran kalian para pria, kadang kita merasa mengenal dan tau kemana jalan pikiran, tapi pada saat yang selanjutnya kita sungguh jadi tak mengerti apa yang kalian pikirkan dan tindakan apa yang kalian lakukan..

    So, ternyata kita itu harus belajar untuk mengenal masing2 pribadi entah itu wanita atau entah itu pria...

    ReplyDelete
  4. gua juga bertanya sama kyk hendri.... butuh penjelasan...

    ReplyDelete
  5. Anonymous1:57 PM

    lo tanya ama gw, gw tanya ama siapeee?? Wong gw aja ga ngerti ama diri gw sendiri xixixi

    ReplyDelete
  6. Anonymous2:55 PM

    itulah uniknya Wanita.. hehehe.

    Hidup Wanita..

    ReplyDelete
  7. Kesimpulannya, dua2nya harus saling belajar, he3... :D

    ReplyDelete
  8. Huehehehe, Hendri sok teu! biar bisa dimengerti kalo bergadang nonton bola yak?? hueeeeeeeee

    ReplyDelete
  9. Gw aja yg wanita jg binun Hen..kekekekk..wanita itu suka kayak org bego..kadang nangis..di tanya ada apa? gaka pa-pa..cm pengen nangis aja..wakakakakkkk..

    Apalagi kalo lg datang bulan..beuuuhhhh..makin galak, makin emosian, makin bikin binunnnn...itulah gw! weekekekekkkk...

    Sukses ya mempelajari hati dan seorang wanita ;)

    ReplyDelete
  10. Ditaklukkan??? Siapa yg naklukin siapa nih?

    Kok jadi kayak mbaca woman from Venus and man from Mars ya???

    ReplyDelete
  11. hati wanita emank complex tapi pria juga kadank susah dimengerti =D

    but it can works out kalo sama2 mo share apa yg mengganjal di hati dan mao kompromi

    ReplyDelete
  12. Anonymous11:40 PM

    i love being a woman ... qeqeqe

    ReplyDelete
  13. Hidup pemerhati wanita !!!!

    Hati wanita adalah perasaan yg ke enam ??? itu urutannya dari mana ??? harap diterangkan krn mengecewakan seorang pembaca wanita.

    ReplyDelete
  14. Hiking: *toast* sama dong kalo gitu:)

    Ester: Wah ... ini wanita pertama yang menjawab hehehe ... Jadi kuncinya belajarlah dari pengalaman yah. Kalian susah memahami kaum pria juga? Hmmm ... apa aku perlu buat posting tandingan? "Hati Seorang Pria" hehehe

    Lily: Oh gitu yah ... tapi bagaimanakah cara yang tepat untuk menunjukkan perhatian kita? *bingung lagi hehehe* Memahami kaum pria? Hmmm ...

    Fay: Gitu yah ... *semakin meneguhkanku untuk menulis "Hati Seorang Pria" hehehe

    Xu: Saling kasih info aja yah. Kalau dikau sudah mendapat jawabannya, jgn lupa diposting :)

    Imelda: Oeiii ... dikau wedok neng ... ingat. *heran kok ada wanita yang tidak mengerti dirinya sendiri* hahaha

    Ir: Yeee ... jangan senang aja. Kasih dong tips2nya agar kaum Adam bisa mengerti kalian-kalian ...

    Zilko: So, itu kesimpulan sementara? Hehehe

    Yen: Yeeeeeeee ... apanya yang sok teu? Heheh ... tahu aja kamu ada niat di balik bakwan hahaha ... Bola oeiiiiiiii

    Yulia: Gitu yah ... jadi memang sangat rumit dan kompleks seorang wanita, sampai2 dia sendiri bingung juga dengan keadaannya jhahaha ...

    Since: Hehehehe ... pokoknya ada yang ditaklukan deh :) Woman from Venus, Man from Mars? *jujur aku sudah sering dengar buku ini, namun belum pernah membacanya :((*


    Violet: Gitu yah ... so kuncinya keterbukaan aja?

    Engeltje: Hehehe ... and i love not being a woman :))

    Sisca: Siapakah pemerhati wanita itu? Perasaan keenam? hehehe ... aku cari dulu yah urutan-urutannya. Semoga dikau tidak terlalu kecewa :))

    ReplyDelete
  15. ok mo tau ttg kaum wanita hend??? ok gampang,

    -----JUST LISTEN to them------

    iya listen-listen-listen and then do watever they say,ok..trust me :P they gonna love it *wink*

    ahahahahaahhahah*evil laughter*

    ReplyDelete
  16. Anonymous5:17 PM

    Tergantung wanitanya Hen. Tapi, wanita yg kamu describe itu emang "wanita sekale". Klo gw sih lebih suka blak2an aja, gak suka tiba2 diem, tiba2 nangis, tiba2 ngomel, dst. Gw sih lebih suka terbuka sama kaum lelaki, dak suka maen petak umpet seh. :p~

    ReplyDelete
  17. MissUnperfect: Ooo ... gitu toh resepnya. Rupanya sederhana yah: cuma siapkan telinga aja ... hmmm ... besok2 coba ah :) Btw, tatut dengan evil laughternya ... waaaaaaa

    Dewi: Hehehe ... kalo situ sih aku ndak heran. Kabarnya dikau khan termasuk yang namanya preman, jadi bawaannya blak-blakan :)) *kaburrrr*

    ReplyDelete
  18. Anonymous12:58 PM

    Itu semua adalaj baik...
    Allah menciptakan manusia.., lalumembuat ia tertidur, lalu diambillah tulang rusuknya, kemudian dijadikan-Nya perempuan yang ditempatkan di sisinya...
    Allah melihat itu semua baik..

    Kehadiran lelaki melengkapi kekurangan wanita..

    Kehadiran wanita melengkapi kekurangan lelaki..

    Semua baik..

    Coba kalo laki-laki sama laki-laki...

    Ga ada yang mengingatkan atau memberi kehangatan kepada lelaki akan lembutnya sentuhan wanita..
    Hmmm.. I think the world will be ended so soon..

    Apapun keadaanmu wanita...
    ku mencintaimu..

    ReplyDelete
  19. obrolin tentang wanita...
    aku jadi ingat lagunyaaaa.... sapa tu ya., aku dah lupa yang jelas band indi dari jogja..
    Yg liriknya pas BGT buat nerangin tentang wanita...

    "Hidup pria.... dijajah wanita..." wkekekek...

    But... apapun itu...
    cinta tetaplah cinta,..
    sayang tetaplah sayang

    "Aku mencintaimu wanita ku...
    dan tak pernah ku sesali cintaku padamu...
    Aku hanya minta ketabahan untuk menghadapi mu..."

    So.. keep your smile hend

    ReplyDelete
  20. Eve: Inikah jawaban dari hati terdalam seorang wanita? Kalo iya, thanks banget karena sudah memberikan pencerahan baru bagi kami kaum pria untuk lebih memahami tulang rusuk kami, wanita. Nice share Eve ...

    Reno: Yap ... saling melengkapi. Itu kali yah tujuan diciptakannya pria dan wanita dengan karakter yang berbeda. Apa pun keadaanmu wanita, aku juga selalu mencintaimu ...

    Rinduan: ketabahan. Pilihan kata yang bagun Rinduan. Daku akan belajar untuk tabah ... tq yah.

    Btw, Eve, Reno, dan Riduan. Blog kalian masih kosong?

    ReplyDelete
  21. salam kenal

    aku malu, pria itu adlah aku..

    pagi-mentari.blogspot.com

    ReplyDelete
  22. Anonymous6:55 PM

    Lelaki mencoba memikirkan perasaan wanita, dan wanita mencoba merasakan pikiran pria. Biarlah itu menjadi misteri hidup yang tersibak perlahan...

    Jika semuanya mudah dimengerti, kita tidak akan pernah belajar...

    Belajar untuk berfikir...
    Belajar untuk merasakan...
    Satu sama lain.

    ReplyDelete
  23. Anonymous2:44 AM

    ada band - karena wanita ingin dimengerti

    ReplyDelete
  24. I'm A Man4:19 PM

    @esther : "ikuti maunya kami maka dunia akan damai sentosa", dunianya para wanita akan damai maksudnya?? nah dunia para prianya pa kabar?? *gubrak*

    wanita = dikasih hati minta jantung.. jadi jangan pernah dikasih hati bulet2.. biar penasaran terus ngedapetin hatinya, gak kepikiran buat minta jantung de el el.. hehehehehhe

    ReplyDelete
  25. kharistama3:44 PM

    Disaat kita tak bisa mengerti wanita, hendaklah kita menerima dgn ikhlas ketidakmengertian itu.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa