Skip to main content

Musik

Dia adalah bahasa universal yang bisa menyeberangi perbedaan suku, bangsa, ras, agama, dan warna kulit. Dia adalah ungkapan lisan yang mampu menyelami dan memahami perasaan tak terucapkan manusia. Dia adalah busur teracung yang siap dipanahkan untuk menggerakkan dan mengguncang hati manusia yang sedang bergembira.

Dia laksana bahasa cinta yang memeriahkan dan menyemarakkan hati orang-orang yang sedang kasmaran. Dia juga sahabat terdekat yang dapat menemani, memberikan penghiburan, dan menampung air mata mereka-mereka yang sedang bermuram durja dan bersedih hati.

Tiap hari dia hadir menyapa kita. Entah karena kita dengan sengaja menghadirkannya sebagai teman perjalanan menembus dan menghabiskan detik-detak pergeseran jarum jam. Ataupun mungkin dia datang kepada kita dengan malu-malu berbisik mengalun halus dan lembut menembus telinga kita. Tidak pernah bosan dia menggelitik, menggoda, dan mencumbu indra pendengaran kita hingga tanpa disadari kita pun jatuh terlena dan ikut bergoyang menikmati indahnya kebersamaan dengannya.

* * *

Aku termasuk orang yang hidup berdampingan baik dengan musik. Sedari kecil, dia sudah hadir menjadi sobat perjalananku yang memberikan banyak penghiburan dan sukacita. Seiring pertumbuhanku, dia pun tidak pernah mengkhianatiku dan tetap setia menghadirkan suasana tak terlupakan. Sedih, senang, duka, gembira, kasmaran, putus cinta, sepi, bahagia, dalam situasi apapun dia ada bagiku.

Berbagai aliran dengan mudah aku cerna dan lahap. Mulai dari slow rock, pop, country, rap, blues, jazz, dangdut, hingga heavy metal bisa dengan mudah bersahabat denganku. Tapi dari sekian banyak aliran yang ada, musik slow rock-lah yang paling intim denganku. Tidak heran kalau aku membongkar koleksi MP3-ku, rock band seperti scorpion, gun n roses, white lion, def lepard, Aerosmith, dan tentu saja si ganteng Bon Jovi dengan mudah untuk ditemukan.

Tapi dari sekian banyak koleksiku, band yang paling menghipnotis diriku hingga aku terhisap menjadi fans sejatinya adalah Bon Jovi. Runaway, merupakan awal perkenalanku dengannya. Setelah itu berturut-turut lagunya mulai dari Dry Country hingga Have a Nice Day sudah sering sekali menyentuh gendang telingaku.

Scorpion juga masuk dalam deretan alunan yang menghiasi hari-hariku. Wind of Change, Still Loving you serta You and I adalah sederetan tembang kesukaanku. Teristimewa lagu Still Loving You, adalah lagu kenangan yang aku paling hafal, baik itu liriknya maupun notasi gitarnya. Kenapa? Hehehe ... karena itulah lagu yang setia menemaniku saat daku putus cinta untuk pertama dan terakhir kalinya :)

November Rain-nya Gun n Roses juga jadi lahapanku. When the Children Cry-nya White Lion sempat mengiringi masa-masa puberku. When Love and Hate Collide-nya Def Lepard pernah menjadi saksi perjalanan hidupku. Crazy-nya Aerosmith juga mampu membuat bibirku monyong sekadar menyiulkannya.

Selain rock band, musik pop juga aku suka. Dari sekian banyak lagu yang berlalu-lalang melewati telingaku, ada beberapa lagu yang sangat berkesan hingga mendengar intro-nya saja sudah memancing diriku untuk konsen menyimaknya sampai selesai. Misalnya Savage Garden dengan Santa Monica-nya, Making Love Out of Nothing at All-nya Air Supply, Torn-nya Natalie Imbruglia, Close to You-nya Corey Yuen [yang juga soundtrack film So Close], hingga Toy Soldiers-nya Martika adalah lagu-lagu yang amat sangat aku sukai.

Ups ... aku baru sadar belum ada koleksi anak bangsa yang masuk daftar kesukaanku. Hmm ... daripada dicap tidak nasionalis, ini nih beberapa penyanyi yang masuk catatan kesukaanku.

Java Jive, grup musik lawas yang belakangan muncul lagi dengan album terbarunya adalah salah satu favoritku. Selain itu Kang Katon Bagaskara dengan KLA-nya tercatat juga. Dewa19 dengan personil lama yang hits dengan Kangen aku senangi juga. Grup parodi asal Bandung Padhayangan Project juga pernah menceriakan hari-hariku. Dan tentu saja si cantik Agnes Monica ikut dalam list pribadiku.

inikah gerangan cinta
yang menghiasi kisah manusia
sepanjang masa

gairah pun dibuai terlena
nikmati manis kata asmara
damainya terasa di dalam jiwa
mari bercinta



* * *

Hmm ... kayaknya ndak habis-habisnya yah kalo bicara tentang musik. Cocok kali dengan pendapat orang: musik is never die. Selama nafas masih mengalir di tubuh kita, selama itulah musik meliuk dan menunjukkan eksistensinya.

Bagaimanakah kisah pertemanan teman-teman dengan musik? Ceritakan juga yah ...

Comments

  1. Padhayangan Project asik tuh, menghibur banget di saat macet.

    ReplyDelete
  2. Waktu aku kecil sering bokap atau kakak lakiku muterin lagu2 Latin kek Gipsy King, terus Frank Sinatra, juga lagu2nya Bimbo kalo yang Indo.
    Begitu gede selera dengerin musik jadi macem2, apa aja suka; Joss Stone, Shania Twain, pokoke yang suara2nya apiiiik...

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:52 PM

    pantesan suka sama Chris Daughtry, ha3... :)

    Btw, menurut spoiler (aku blom s4 ntn nih, he3... :D), minggu ini paling jelek Phil Stacey loh...

    klo aku koq lebih enjoy ke lagu2 yang agak pop ya... . Klo rock oke sih, tp klo uda yang berat bgt rock-nya, ga gitu bisa nikmati, ha3... :)

    ReplyDelete
  4. me without music = HOPELESS euyy!!

    [mo mandi,mo makan,mo jalan,mo ngeblog,khususnya pas mo tidur,harus ada MUSIC!!!]*.* hehehhehe!!

    ReplyDelete
  5. queen donk aaahhhh...hehhehe pertama kenal queen th 1987 (dah tua yak) dewa juga demen banget, titi dj,

    and tentu saja yg ASLI. kalo kamu ? asli gak ?

    ReplyDelete
  6. Untung di lingkungan gw pd seneng music Hen, kalo nggak kamse banget kali gw yak heheheheh..

    Dulu wkt muda :p, suka dengerin lagu2nya Warrant, Skidrow dll ngaruh dr kakak dan adek gw yg lelaki :), trus pindah aliran ke jazz ngaruh dr kakak perempuan, terakhir suka semuaaa huehuehuee..dr pop, jazz, r&b, italian, rock, punk, wah pokoke lumayan deh hampir semua music gw kenal :)..somsenya gw wakakakakakak..

    Tp kalo suka music kan berarti gak cm satu aliran music aja kan?

    ReplyDelete
  7. Eh kelupaan..suka grup musik Gotan Project gak? bagus banget..dengerin deh :)

    ReplyDelete
  8. gotan project dengan aliran tango--kerenn euyy hihihih >>buat yulia :P

    aku dengerin musik apa aja.,aku suka irama latin ...kek gotan project,gipsy king,buenos hermanos,santana,blah blah n reggae juga irama musik yg asik hihihihi bob marley neber dies..walao dah koitt tuh bapak :D blah...demen ama coldplay,robbie williams,dido...lagu tornnya natalie juga ok punya :D
    oh iya,,aku suka jazz juga..kek sade,dave n blah blah blah ...loh gak ada abisnya wuaakakakakakaka

    ReplyDelete
  9. oh iya,ko ...tuh emailnya yg mana?gue mo invite neh .

    ReplyDelete
  10. Anonymous11:26 AM

    aku suka metallica .. hahaha. bener yah, musik tu bisa rubah suasana hati dalam hitungan detik (menurut pengelaman aku sih .. hehee)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa