Skip to main content

Ada Setan Di Mana-Mana

"Pak, kemarin tahu ada penampakan?"
"Penampakan? Maksudmu?"

"Iya ... kemarin subuh jam 1-an, orang-orang pada lihat penampakan ..."
"Penampakan apa???" *dengan muka masih bingung*

"Ihhh ... Bapak ini gimana sih. Penampakan roh halus ..."
"Ooo ..."

"Bapak tahu khan di lapangan sebelah, tempat orang-orang parkirin motor ... Kemarin bapak-bapak yang sering nongkrong di sana lihat ada cewek sedang duduk di jok salah satu motor. Dan cewek itu berbaju putih ..."
"Ah ... kali aja emang itu orang beneran ..."

"Yee ... masa tengah malam gitu ada cewek berkeliaran gitu. Lagian ngapain malam-malam nongkrong di tempat gituan. Dan pas didekatin, ilang tuh cewek ..."
"Emang banyak yang lihat???"

"Iya ... bapaknya si abc [nama tetanggaku] lihat. Trus si itu cerita suaminya juga lihat."
"Ooo ..."

* * *

Itulah sekilas percakapanku dengan baby sister Marvel kemarin pagi-pagi waktu aku baru siap-siap berangkat kerja. Sebuah percakapan yang "menarik" karena bersentuhan dengan dunia lain, dunia mistis, dunia setan. Hiii ... serem yah ...

Apakah setan itu ada? Bagaimanakah bentuknya? Eksiskah dia di sekitar kita? Nyatakah dia seperti yang dikisahkan orang-orang, entah secara lisan, atau melalui media cetak, ataupun beberapa fenomena yang menurutku luar biasa karena berhasil merekam gerakan dan eksistensi kehadiran 'mereka-mereka' dari dunia lain dalam bentuk gambar bergerak alias TV ... menimbulkan sejumlah misteri dan pertanyaan sekaligus ketakutan bagi sebagian orang.

Secara pribadi aku tidak pernah melihat atau mengalami atau bersentuhan dengan hal-hal gituan. Amit-amit deh kalo sampai bisa berinteraksi sama dunia gituan. Ngeri kali yah kalo kita dianugerahi kelebihan seperti bocah [yang diperankan oleh Haley Joel Osment] pada film 'sixth sense'. Ihhh .... takutttttt hehehe ... pokoknya jangan sampai deh. Tapi kalau dengar cerita orang lain, sering tuh ... terutama waktu masih remaja.

Misalnya cerita teman permainan yang katanya mengalami sendiri. Waktu aku masih di kampung halamanku, ada satu jalan [namanya jalan Pangsuma] yang letaknya agak pinggir kota, dikelilingi oleh tanah kosong yang tidak terawat hingga rumput-rumputan liat tumbuh dengan subur. Namun demikian, jalan tersebut sering dimanfaatkan orang-orang. Pagi hari sebagai tempat olahraga alias jogging, dan malamnya dimaksimalkan sebagai tempat berpacaran ria hehe ...

Nah ... suatu hari temanku itu bersama beberapa teman yang lain jogging di sana. Ketika lagi asyik-asyiknya, mendadak dari arah berlawanan muncul seorang cewek yang juga sedang jogging. Namanya juga anak cowok yang lagi puber, melihat itu segala nalar sepertinya mati begitu saja. Layaknya kucing disodori dendeng, begitulah mereka dengan semangat mencoba menggoda cewek itu.

Mulailah mereka bergaya, dengan harapan dilirik dan diperhatikan sama makhluk yang satu itu. Dan ... ketika mereka berhadapan langsung, seketika ada wangi-wangian aneh. Dan yang membuat mata dan kesadaran mereka pulih adalah saat mereka melihat bentuk cewek itu. Tahu apa yang melintas di mata mereka? Tubuh cewek itu meliuk-liuk seperti tertiup angin alias bentuknya tipis seperti selembar kertas. Waaaaa ... kontan terbirit-birit mereka kabur, dan konon sejak itu temanku itu tidak berani jogging lagi hehehe ...

Masih di jalan yang sama, kabarnya banyak orang yang malam hari melintas di sana melihat ada cewek yang sedang duduk di teras sebuah rumah tua yang tidak berpenghuni ... dan berbusanakan putih. Hmm ... siapakah gerangan dia? Manusia sungguhankah? Atau itu sejenis penampakan? Dan yang mungkin lebih penting: apakah cerita itu benar adanya?

Banyak kisah lain lagi yang pernah aku dengar, cerita yang sanggup membuat bulu kudukku berdiri. Seperti cerita teman yang bisa 'melihat' para setan berpesta pora waktu ada 'pesta rebut' [bahasa khek: chiong si ku --sebuah tradisi di hari capgomeh--], atau cerita buah kelapa yang berbuah menjadi kepala genderuwo, atau jembatan dan pasar setan di gunung-gunung keramat [ini kisah yang akrab bagi yang suka naik gunung], dan masih banyak cerita lain yang seolah mengatakan: setan ada di mana-mana.

Wow ... menakutkan yah :)

* * *

Pengalamanku sendiri yang paling membuat aku seram adalah waktu masih kecil. Berulang kali aku alami kejadian dengan setting yang persis seperti ini, yaitu waktu aku sedang berlari masuk rumah, dan saat melewati kamar orangtuaku yang pintunya terbuka, sekilas aku melihat mamaku lagu duduk di kursi dan sedang mengerjakan sesuatu. Dan yang aneh adalah saat sampai dapur, aku melihat mamaku ada di sana. Terang aja aku kaget, penasaran, dan balik lagi mengintip ke kamar tersebut ... dan kosong, tidak ada siapapun yang duduk di sana. Lantas ... apakah yang aku lihat waktu berlari itu? Sebuah halunisasikah? Atau jangan-jangan itu salah satu bentuk penampakan?

Aku tidak bisa menjudge dengan mengatakan bahwa makhluk halus itu tidak ada, karena pasti aku langsung diprotes keras sama mereka-mereka yang pro dan percaya bahwa dunia lain itu ada, dan oleh sebagian orang yang dianugerahi indra istimewa untuk melihat hal-hal gituan. Tidak berani juga aku memvonis langsung bahwa makhluk halus itu ada, karena aku mungkin akan didemo sama mereka-mereka yang bernalar tinggi dan mengganggap dunia ketiga itu tidak ada.

Namun satu hal yang aku tahu, kita hidup di bumi ini tidaklah sendirian. Maksudnya? Hmmm ... tafsirkan sendiri deh hehe ...

Bagaimanakah juga dengan pengalaman teman-teman? Percayakah dikau? Atau jangan-jangan sering mengalaminya???

Comments

  1. Ya tentu lahhh kita hidup di bumi ga sendirian... ada papa, mama, kakak, adek, tetangga, paman, bibi, dan lain2... hauhauhuahuhauha... *jayus*

    ReplyDelete
  2. Menurut aku, mereka ada.
    Kenapa? wah bisa panjang critanya :D

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:45 PM

    untung aku nggak pernah ngalami kejadian kaya gitu... . Amit2 dah....

    ReplyDelete
  4. Wah mudah2an gk pernah ketemu ma penampakan deh koh....secara klo udah pernah ngeliat kemungkinan akan ngeliat lagi lebih besar hiiiiii

    ReplyDelete
  5. kl aku sih percaya soalnya mamaku, iparku pernah ngalami, tp kl aku sih belon pernah ngalamin sendiri. Kali2 setannya takut hehehe...:D

    ReplyDelete
  6. aku sih percaya "dunia mereka" itu ada, seperti halnya percaya dengan malaikat pelindung yang selalu ada di samping kita.

    *jadi merinding nih...kaburrrr*

    ReplyDelete
  7. makluk luar angkasa aja pada percaya kok kakkakakakakka...

    kalo gue seh percaya aja..tapi gak pernah ngalami ndiri..gak takut juga...lagian "mereka" kali ngeri ama tampang gue kakkakakakakka

    ReplyDelete
  8. Anonymous10:05 AM

    penasaran ya hen? klo diriku siy ga akan pernah tertarik n pengin melihat ato berhubungan dgn kuasa gelap beserta antek2nya...Ga akan jadi berkat buat kita:D

    Klo cerita2 siy dikantorku sini banyak kejadian2 bahkan kmrn anak catering malah kesurupan dipantry, mereka memang ada kok tp buatku ya berlalu begitu saja yg bisa dilakukan ya ucapkan kata2 yg memberkati aja ditempat itu:D

    Mama rashel

    ReplyDelete
  9. Helen: Hahaha ... betul tuhhh ... so much people around us, termasuk 'dia' juga xixixixi

    Since: Wahh ... jadi bisa dong kamu cerita di blog-mu. Aku tunggu loh :)

    Zilk: Iya neh ... jangan sampe deh alami yang gituan. Bisa2 ndak tidur 7 hari 7 malam :))

    Tata: Hahahaha ... liat yang kecil aja [baca tuyul] udah takut, apalagi yang gedeeeeeee ... kaburrrrrrrr ...

    Lenny: Oh gitu yah ... emang mereka punya indra khusus gitu??? Hmm ...

    Tiwi: Hehehe ... mereka khan sejenis yah, cuma ada yang baik ada yang usil alias nakal alias jahat :) Hati2 loh Wi kalo tidur, lihat apa yang sedang sembunyi di bawah tempat tidurmu xixixixix

    Meli: Syukurlah belum pernah ngalamin sendiri ... serem tahu ... Btw, aku kok ndak dikirimin email cara baca blogmu???

    *kalo ponakanku baca posting ini, pertanyaannya sama: kok aku ndak dikasih tahu cara baca blog dikau???*

    Mama Rashel: Iya neh ... penasaran tapi takut hehehe .. Setuju neh, ucapkanlah berkat senantiasa :) Thanks yah untuk ingatin hal ini ...

    ReplyDelete
  10. ah, keduluan dia neh...pdhl aku udah dari dulu pengen nulis ttg penampakan. seneng dengar pengalaman orang2x yg bisa lihat. aku sendiri gak bisa ngeliat setan...asyik juga kali ya, kalo rame2x. kalo sendirian mah ogaaaahhh

    sepupuku waktu umur 1,5 th, pernah nunjuk2x pohon besar didepan rumah nenekku. sambil nangis and memperagakan dg kedua tangannya narik mata. aku larilah terbirit birit kakakkkkak

    ReplyDelete
  11. Anonymous8:47 AM

    Hiiii ... serem kalo emang bisa lihat. Suka ndak usah deh, bisa2 jadi nightmare tiap malam hehehehehe ...

    ReplyDelete
  12. percaya ??..GAK

    pernah liat??..GAK

    but pernah ngerasain,klo ada mahkluk halus around me that time :P,waktu masih tinggal didorm sih, mo ke restroom jam 2 pagi,tiba2 bulu tgn gw merinding..iwww takut cuman kepaksa harus pee,mo gak mau..jln trus... huahuahua!

    ReplyDelete
  13. Anonymous4:37 PM

    Idihhhh ... amit-amt deh kalo emagn bisa lihat setan. Jangn ah ... takutttt ;)

    ReplyDelete
  14. ngeliat belum pernah, tapi kalo ngerasain pernah beberapa kali. satu kali dalam alam roh gua bisa lihat tuyul2 di kampus gua ... hehehe.

    ReplyDelete
  15. Anonymous2:15 PM

    aku pernah ngalamin tuh
    yg gak serem (menyerupai temanku) pernah..
    trus yg serem jg pernah (matanya tajam ngikutin gerak aku terus)
    serem dech..
    mudah2an jgn pernah ngalamin lg

    apa kabar hen?

    ReplyDelete
  16. Anonymous1:29 PM

    Ternyata ko Hen juga pernah mangalami halusinasi aneh yg waktu kecil itu ya?
    Waktu kecil gue juga sering tuh. Salah satunya sering lihat sekilas ada seseorang lagi duduk di lorong kamar rumah. tapi begitu dilihat lagi kok ngak ada. itu halusinasi bukan, gue juga ngak tau en sampe sekarang masih penasaran.


    'success is a journey

    ReplyDelete
  17. Heeennn..maap br mampir lagi :)

    Mami gw dan jg adek gw bs ngeliat tuuhh..huaaaahhh..beliau sih gak pernah laporan sm anak2nya kl abis ngeliat, tp gw pasti ngerasa kl beliau tuh abis ngeliat.
    Adek gw yg jahat, kalo dia ngeliat pasti laporan..pan yg dengerin pd merinding. Kata adek gw di rumah gw ada dua di taman belakang.
    Kurang asem gak tuh anak :p

    Pas gw tanya mami gw, beliau cm cengengesan aja. Setelah gw paksa br beliau ngaku kl emang ada di taman belakang rumah gw..hiaaaaaahhh..gmn coba perasaan ai pas denger begitu, coba?

    ReplyDelete
  18. Dian: Hehehe ... pernah kepikiran nulis setan2 juga toh. Ndak apa-apa khan tulis juga. Khan tiap orang punya view berbeda :)

    Rudy: Hahaha ... makanya tiap malam sebelum tidur, berdoa dulu ..

    Miss unperfect: Bersyukurlah tidak pernah lihat. Amit-amit deh kalo emang bisa dan pernah lihat hal2 gituan hehe ... ngerasa aja udah rasanya gimana yah, apalagi kalo lihat :)

    Anonym: Kok takut. Bukankah dibalik itu ada makhluk lain yang lebih berkuasa :)

    Xu: Wahhh ... bisa lihat tuyul? Keren dong ... Bentuknya mirip2 yang di tipi2 ndak?

    Bunga: Ooo ... trus kamu lari ketakutan ndak? Ih ... jgn deh lihat gituan. Seremmmm ;)

    Journey: Iya, sering. Herannya sekarang kok sudah tidak pernah yah hehehe ... Ada ndak ilmu yang bisa menjelaskan hal ini?

    Yulia: Ooo ... beneran bisa lihat. Pasti hidupnya ndak tenang dong. Ah ... takuttt ...

    ReplyDelete
  19. Anonymous10:17 AM

    kuntilanak, genderewo, hantu-hantu....semuanya pada pengecut dan penakut....beraninya cuma ngelihat...giliran mau dilihat pada sembunyi dasar hantu-hantu gembel/kampungan....kalau muncul saya sate sekalian saja hantu-hantunya....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa