Skip to main content

Korban

Teman-teman pernah dengar nama John Cena atau Trish Stratus? Teropong bolaku melihat kebanyakan menggeleng-geleng kepala alias tidak pernah dengar nama itu hehe ... Atau aku sebut nama lain: Kane, Undertaker, King Brooker, RVD, Jeff Hardy, Triple H, atau Big Show? Hmm ... sebagian kelihatannya sudah mengangguk-angguk, tapi kayaknya masih banyak yang geleng-geleng :)

Kalau aku sebut The Rock? Aha ... mayoritas sudah tunjuk tangan dan teriak: TAHU. Yap ... The Rock adalah salah satu jebolan acara ini yang sekarang sudah beralih profesi menjadi aktor, di mana salah satu filmnya yang terkenal adalah Run Down. Terlebih kalau aku sebut Hulk Hogan, aku yakin 100% sidang pembaca sudah tahu apa yang aku maksudkan.

Smack Down ... sebuah acara gulat bebas gaya Amrik yang sudah mendunia. Ditayangkan hampir setiap malam oleh sebuah stasiun TV swasta dengan label 'saatnya tontonan laki-laki', adalah acara yang dikemas sedemikian rupa dengan memanfaatkan salah satu insting utama manusia: kekerasan. Dengan tema berbeda-beda, dari WWE, AfterBurn, Hard Core, hingga No Mercy, acara ini secara sengaja dibuat untuk memancing adrenalin para penikmatnya.

Aksi panggung yang ditampilkan luar biasa, dari sekedar bogem mentah, bantingan keras, jurus-jurus akrobatik, hingga kursi atau meja sebagai senjata dipertunjukkan untuk memanjakan pemirsanya. Seting panggung spektakuler dengan efek lighting dan sound system yang menggelegar juga disajikan dengan mewah hingga membuat penontonnya terpesona dan terperangah. Tidak ketinggalan provokasi dari peran si antagonis semakin memanaskan suasana bahkan terkadang memancing emosi mereka yang menyaksikannya.

Aku bukan penikmat acara ini, karena aku termasuk orang yang tidak suka dengan kekerasan. Tapi kadang aku iseng juga nongkrongin hehehe. Yahhh ... sekadar hiburan saja atau teman penghantar tidur. Selain itu, terus terang aku sangat mengangumi sang kreator acara ini. Mereka begitu kreatif me-manage dan mengolah konsep sederhana ini menjadi sebuah tontonan yang berkelas dan dinantikan. Melihat skenario sambil membayangkan master plan-nya, tidak malu-malu aku acungkan jempol sambil berdecak kagum. Tidak heran, tiap acara ini diadakan, animo penonton begitu luar biasa menyambutnya dengan teriakan-teriakan histeris.

Namun demikian, meskipun aku tahu persis bahwa acara ini cuma sekadar entertaimen, kadang muncul juga rasa gregetan di hatiku. Apalagi melihat tokoh utama atau public hero bertanding, tidak jarang emosiku terbawa juga. Muncul semacam semangat untuk membela atau menjagokan supaya dia menang. Dan parahnya, kalau hero menang aku ikutan puas, sebaliknya kalo kalah, hatiku ikut mangkel juga. Dan kalau sudah begitu, cepat-cepat aku alihkan ke channel lain atau matiin tuh tipi, supaya tidak menjadi-jadi.

Dengan kata lain, diperlukan filter kedewasaan untuk menikmati acara ini. Dan mungkin filter inilah yang tidak sampai di masyarakat kita, hingga banyak anak-anak yang juga ikut menonton. Kalau sekadar nonton sih tidak apa-apa. Yang parah kalau sudah mempraktekkannya. Bukankah sudah kita tahu bahwa anak-anak adalah golongan yang paling mudah merekam dan meniru-niru apa yang ditonton mereka.

Dan itulah yang terjadi baru-baru ini. Di Bandung, seorang anak usia 9 tahun menjadi korban acara ini. Ditengarai karena sering mengkonsumsi tayangan orang dewasa ini --yang menurut berita yang aku baca sampai sering bergadang-- dia bersama beberapa seniornya bermain-main menirukan adegan-adegan dan jurus smack down. Mungkin saking bersemangatnya, permainan mereka dari sekadar bersenang-senang berkembang menjadi brutal hingga berujung pada kematian. Tragis? Iya, sangat tragis ...

Kalau sudah ada kejadian seperti ini, siapakah yang bersalah? Stasiun TV yang menayangkan acara ini atau mereka-mereka yang menontonnya hingga menjadi korban? Aku tidak tahu. Tapi yang jelas, masing-masing mempunyai pembelaan sendiri-sendiri. Stasiun TV mungkin mengatakan mereka sudah memberi label 'DEWASA' pada tontonan tersebut, hingga sudah selayaknya orang dewasa melarang anak kecil ikut-ikutan menikmati acara ini. Sedangkan korban mungkin beralasan, kenapa tayangan semacam ini diputar pada jam atau waktu anak-anak masih belum terlelap, atau kalau mau ekstrim bisa menggugat mengapa tontonan yang kurang mendidik ini masih ditayangkan?

So ... setiap kejadian pasti ada hikmahnya. Kiranya kita bijak dalam memetik pelajaran untuk itu. Kalau ditanya padaku, apa hikmah yang aku dapatkan? Mungkin aku menjawab: jauhilah tontonan seperti itu, karena alih-alih mendapatkan hiburan, malah emosi yang terpancing. Lebih baik waktu itu digunakan untuk hal-hal lain yang lebih berguna, seperti berkumpul dan bercengkerama dengan keluarga, atau menulis, atau mendengarkan musik untuk merilekskan hati dan pikiran.

Satu hal lagi, kalau pun terpaksa nonton TV, pilihlah acara yang benar-benar menghibur. Apakah itu? Yeah ... Spongebob Square Pants :))

Comments

  1. kenal the rock..dulu demen nonton wwf karena the rock..dia beralih jadi aktor..hhhmmmm ilang deh cintaku ke smack down :D

    kalo nurutku,tontonan kek gini jam tayangnya diatas jam 11 malam .

    ReplyDelete
  2. Anonymous12:33 PM

    iy emang serem banget lage itu, pengaruhnya besar buat anak2 yah... si Marvel di jaga loh ntar jangan di kasih nonton yang kayak gitu..

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:11 PM

    just wondering, kok bisa anak2 nonton acara kayak gini? ortunya kemana? Jangan2 nonton berdua sama babenya. hehe...

    ReplyDelete
  4. para ortu nga boleh kelewat sibuk dan nga selektif sama hiburan yang ditonton anak-anak di TV

    ReplyDelete
  5. Anonymous6:21 PM

    Siapa yang salah?? Hmm... . Menurutku statiun TVnya adalah yang PALING bertanggung-jawab. Klo ga salah tuh TV mulai nayangin acaranya jam 9 malam ya?? Padahal anak2 kecil jaman skarang (wakaka, sok tua nih critanya) kan jam 9 tuh banyak yg masih blom tidur... . Jadi, penayangan jam 9 malam bukanlah waktu yg tepat. Klo ditayangin mulai jam 12 pagi gitu malah gapapa... .

    Klo aku sih ga suka acara ini, tp adikku suka tuh... :D

    ReplyDelete
  6. salah siapa, salah yang nonton donk! tinggal matiin teve jebret! gak kepengaruh khan.

    ReplyDelete
  7. teropongmu canggih, hen..tau aja aku menggeleng hehehe

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:06 AM

    daku tidak setuju smackdown itu diteruskan tayangannya.. dampaknya mengerikan, hr ini di koran ada anak yang muntah darah gr2 di-smackdown temennya, baru 4 tahun loh...
    ada juga anak yang memang dipaksa bapaknya buat nonton smackdown...
    demo yuukkk!!!

    ReplyDelete
  9. Anonymous11:25 AM

    anak2 jaman sekarang sih tidur ga pernah cepet, jadi sebaiknya memang stasiun2 tv mulai diperketat acara2 yang ditayangin diatas jam 9 malam. lagian aku ga pernah suka tuh acara2 begitu. jangankan buat anak2, buat orang gede aja ga mendidik kok.

    ReplyDelete
  10. Wah kalo dah begini jd maen salah2xan ya..menurut gw sih kita sebagi ortu hrs (bhs kasarnya)ngontrol anak. Maksud gw tuh ya ngontrol apa yg mereka perbuat baek buruknya. Nasehat2x always di terapkan.

    Di Londo lebih gila lagi programa macem2x yg gak pantes di liat unyil2x di tayangkan pd jam2x si unyil2x masih melek.
    Sampe film kartun yg gak ngasih contoh baek di tayang di Londo..rrrrrr...kalo liat bisa naek darah.

    Semua jg berpulang ke bahu ortu ya..dan gimana karakter anak..kalo yg dengar2xan gak usah di bilangin 100x juga dah ngerti. Tp yah namanya jg anak2x..di rumah disiplin tp kalo salah pilih temen ya sama aja bo'ong..nasehat2x ortu jarang di terapkan.

    Ah udah ah..kok gw jd sok tau begini..ahahahahahahh..

    ReplyDelete
  11. Jejak Petualang masih ada 'gak ya???

    ReplyDelete
  12. geu salah satu orang yyang paling benci acara ini *perasaan kemaren gue uda komen kok ilang ya komen gue?

    ReplyDelete
  13. Mel: Pasti demennya karena cakep yah xixixi ... btw, heronya sekarang yang baru, john Cena juga ndak kalah kerennya loh. Rugi kalo ndak pelototin :))

    Ir: Iya neh ... makanya sebagai ortu harus selektif yah. Ntar marvel aku banyakin nonton kartun aja, yang semacam dora atau blue clue. Biar merangsang otaknya juga .. siapa tahu jadi jenius ;)

    Dewi: Hahaha .. bener juga. Like father like son khan. Jadi ayah nonton, anak ikutannnnn

    Link: Iya neh. Jadi tantangan buat ortu jaman super sibuk dan super bebas info skrng. Kira2 solusinya gimana yah???

    Zilko: Gitu yah. Aku juga setuju ditayangkan pas tengah malam. tapi yah itu ... namanya juga stasiun TV, berlomba2 manarik pasar penonton. Segala cara sptnya dihalalkan ... demi iklan ;)

    Tiwi: HAHAHAHA ... jadi solusinya sebenarnya mudah yah. Tinggal pencet tombol OFF ... setujuuuuuu

    Dian: canggih dongggggg ... selain teropong bola, aku juga ada cermin ajaib, kolam mujarab :))

    Xu: Iya neh ... kayaknya makin banyak saja korbannya. Aku juga baca di Jogja ada 1 korban ... dan entah mana lagi korban2 bermunculan. Kasihan anak2 ... termakan acara TV. Kita buat BPAS aja? Blogger Penentang Acara Smackdown xixixixi

    Meda: hehehe ... trus bagusnya acara apa yah. mgkn semacam animal planet, atau funny world, national geographic etc ... daripada puter sinetron ... tidak mendidik juga :(

    Yulia: hehehe ... jadi sebenarnya di negeri Londo lebih ekstrim lagi yah. Kalo ndak salah ada juga acara K-1, apalagi yah yang juga hantam2an. Setuju banget dengan kamu ... ortu yang menjadi filter, sama pendidikan karakter dari rumah sedari kecil kali yah ... dan tentunya pendidikan agama :) setuju ...

    Since: Jejak Petualang masih ada. Tapi perasaan hostnya udah tambah orang, bukan cuman riyanti doang. Banyak muka2 baru hehehe

    Amey: Benci acaranya ... tapi kalau smackdown sendiri di rumah suka khan? HAHAHAHA

    ReplyDelete
  14. Anonymous11:30 AM

    itu mah ortunya kudunya yang harus memfilter tontonan untuk anak2nya.. jangan cuman nyalahin stasiun TV donk..
    vi3 aja gag tau acara smackdown itu disiarin dimana..

    ReplyDelete
  15. Anonymous6:28 PM

    iya neh ... harusnya ortu yang memberikan pelajaran dan pengertian buat anaknya,. Bukankah pembelajaran selalu dimulai dari keluarga?

    Semoga kejadian2 spt itu tidak terulang lagi deh ... sedih bacanya ...

    ReplyDelete
  16. vi3: iya neh ... family still the best for children education right ;) Ndak tahu disiarkan di mana? Itu loh ... yang logonya burung garuda emas itu hehehe ...

    Anonym: Kayaknya sih semakin hari semakin banyak korban berjatuhan. sedih juga membacanya ... kenapa sih TV yang ada tidak menyiarkan tontonan yang bermutu???

    ReplyDelete
  17. gue nge-fans ama the rock *komen yang ga mutu banget*, hehehe....

    ReplyDelete
  18. Ester: Hehehe ... dulu gw juga ngefans dengan The Rock ... keren yah, terutama tatapan matanya itu loh ... bisa meluluhkan hati HAHAHAHA ...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa