Friday, March 31, 2006

Nama

Apa pendapat Anda tentang pernyataan klasik dari Mbah Shakespeare yang berbunyi: apalah arti sebuah nama?

Hmm ... aku bisa melihat kelompok sayap kiri menjawab: ah ... itu tidak benar, sebuah nama memiliki makna yang penting dan mendalam, karena dari namalah kita menjadi seseorang sesuai arti yang terkandung di dalamnya. Di lain pihak, aku mendengar teriakan grup sayap kanan: setuju ... nama hanyalah sekedar nama, artinya tidak penting, yang jelas enak didengar dan mantap untuk dipanggil.

Bukan maksud daku mengadu domba, tetapi belakangan ini aku memang sangat dipusingkan dengan nama. Lho ... kok bisa? Apa pasal?

Dalam hitungan hari buah hatiku yang pertama akan lahir dan menambahkan kebahagiaan buat rumah tanggaku yang masih kecil. Dan aku selalu ditanya apakah sudah menyiapkan sebuah nama untuknya? Hmm ... bingung juga aku menjawabnya, karena terus terang aku sudah mencari di mana-mana, dari toko buku sampai surf di internet, aku masih belum memutuskan akan memberikan nama apa kepada onga.

Ternyata sangat susah. Benar ... hal yang kelihatan sepele sempat membuatku berpikir ekstra. Dulu aku selalu menertawakan teman-teman yang kelihatan gelisah dan bingung mencari nama untuk anak mereka, dan selalu berpikir apa susahnya sih? Pilih satu saja ... that's so simple, begitu anggapanku saat itu. Namun, ketika aku mengalaminya sendiri, giliran mereka yang balas mengejek aku ... hahaha

Kata orang-orang ada beberapa pedoman dalam memberikan sebuah nama kepada anak. Yang pertama adalah jangan memberi nama anak kita dengan awalan A, seperti Amanda, Andi, Ambrose, dll. Lho kenapa? Alasannya nanti akan menyusahkan dia waktu sekolah. Hmmm ... apa hubungannya? Jelas ada, soalnya kalo di kelas ada ulangan atau kuis mendadak, otomatis dia menjadi anak pertama yang harus maju ke depan tanpa persiapan matang. Coba kalau dia di abjad K atau P, khan lumayan ada waktu ekstra buat dia untuk lihat-lihat buku ... hehehe.

Tapi ada juga yang mengatakan banyak untungnya memilih abjad A. Apa itu? Salah satunya kalau ada pembagian kado atau hadiah, dia pasti yang pertama menerimanya dan tidak perlu takut kehabisan ... hahaha. Hal yang sama berlaku juga untuk huruf Z seperti Zonta, Zambrota, dll. Hanya plus-minusnya kebalikan dari A.

Pedoman selanjutnya adalah jangan kasih nama panjang-panjang, tetapi jangan juga terlalu pendek. Yah sedang-sedang ajalah. Kalo panjang katanya akan menyulitkan dia untuk mengisi blangko ujian, apalagi kalo sistem bulet-buletin pake pensil 2B waktu UMPTN dulu diberlakukan lagi, saat temannya yang lain sudah sampai soal ke-10, dianya masih tekun dan berkutat membuletin namanya. Kalo pendek? Kasihan ... dia tidak bisa membuat banyak nick name, alhasil waktu chatting nama yang dipakainya itu-itu aja hahaha ...

Trus ada pendapat juga jangan kasih nama terlalu kebarat-baratan, apalagi memilih nama dari pecahan soviet yang selalu berakhiran dengan -nov. Misalnya andrijjkalinov, breetiikinov, kreeimmpintinov. Wah .... pusing. Tapi kalau pake Sakalipanov sah-sah aja. Kenapa, karena itu artinya SAbtu KAmis kLIwon emPAt NOVember :))

Ada juga yang menyarankan ikut aja fenomena alam. Kalo lahirnya bulan Agustus, kasih nama Agustin atau Agustina. Kalo Oktober jadi Octavianus atau Octa doang, dan seterusnya. Ikut trend juga boleh. Misalnya orang tua suka balap F1, dan kebetulan anaknya lahir pas Fernando Alonso jadi juara, langsung kasih nama Fernando Alonso juga. Suka tennis, kasih nama Martina Hinggis, suka golf, kasih nama Tiger Wood, etc.

Tapi kabarnya orang Batak paling spontan lho dalam memberikan nama buat anaknya. Misalnya waktu anaknya lahir bersamaan dengan adanya musibah tsunami, maka langsung diberi nama Tsunami Ginting. Atau waktu lahir tiba-tiba ada kilat menyambar, menjadi Kilat Menyambar Simanjuntak. Dan masih banyak lagi ...

* * *

Mau tahu arti namaku? Hehehe ... jangan kaget dan tertawa yah. Aku punya 2 nama, nama chinese dan nama indonesia.

Menurut primbon sih arti nama chineseku adalah kuat dan teguh menghadapi tantangan dan kesulitan. Gimana? Keren khan :) Ndak tau ada efek dari maknanya atau tidak, memang aku merasakan dalam hidupku cocok tuh dengan maknanya. Aku sering menghadapi tantangan, rintangan, dan hambatan dan ajaibnya aku selalu tenang dan kuat menghadapinya. Dan yang aku bangga dengan diriku adalah aku selalu bisa menyelesaikan permasalahanku sendirian tanpa melibatkan orang lain, jadi ada semacam kepuasan tersendiri kala lolos dan sebuah troble. Tentu di atas semuanya, ada campur tangan dariNya yang tidak bisa diabaikan.

Sedangkan arti nama Indonesiaku, Hendri? Aku lihat-lihat di daftar nama dan artinya, itu berarti aku adalah seorang kepala keluarga dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab. Wow ... tidak kalah kerennya yah. Dan lagi-lagi ... aku merasakan semuanya cocok dengan karakterku. Aku adalah orang yang menempatkan kepentingan dan kebahagiaan keluarga di atas segala-galanya. Makanya aku menjadi seorang yang sangat demokratis, dalam arti jarang memaksakan kehendak sendiri dalam menjalankan roda kehidupan keluarga. Pendapat-pendapat lain selalu aku dengar, catat, dan rangkumkan menjadi sebuah ketetapan dan keputusan bersama.

Bagaimanakah arti nama dikau, saudaraku? Let me know-lah ...

* * *

Yank ... udah final khan kita dengan nama ini? Istriku bertanya.

Aku hanya mangut-mangut dan berujar: ok ... nama ini kita kunci. Jadi kita singkirkan semua nama lain, dan silakan dikabarkan ke saudara-saudara terdekat.

Mau tahu nama ongaku? Hmmm ... inisial dulu aja yah ... MEB

30 comments:

dewi said...

Arti nama gw? xixi... gak tau dah, n gak kepengen tau. :p

Bwat gw sih arti nama itu gak penting, banyak yg arti namanya bagus bagus, tapi gak sesuai ama orangnya. so, mending yg biasa biasa aja, biar gak keberatan nama. hehe..

It's just me said...

nama lengkap Farel campur aduk. dari italy, arab sama nama JAWA :P. tapi sejauh ini guru2nya juga gak pernah bermasalah. Paling para sesepuh aja yang susah nyebutnya :P. Met menanti si kecil ya...

Ir said...

duh yang lagi bingung sama nama anak... :D .. jadi penasaran nama yang udah Deal sama istrinya ??

Sisca said...

Hen..mana cinoku bermakna kasih sayang dan pintar...dng harapan dari ortu menjadi anak yg pintar..kenyataannya rada meleset ... trus maksudnya pula konon spy saya tetap dipuja puji semua orang..heheheh...artis kalee....taunya saya gagal jadi artis...tau2 sedikit tenar lewat blog...tercoverlah maksud ayahbundaku...

Hen,initial MEB = MEli Bun...wakakakak...apa hubungannya ama anak bolot ????

Zilko said...

Kalo nama Chineseku artinya naga emas (ugh, pasti gampang ditebak namanya apa, he3....). Soalnya kan aku lahir pas taun 1988 pas shionya naga, he3... :D :D :D

Kalo nama Indonesiaku (hmm, Indonesia apa ga ya? Soalnya banyak temenku yg bilang namanya koq agak 'barat' gitu, he3...) artinya halus dan kuat... :)

Hendri Bun said...

Dewi: hehehe ... menurut primbon Dewi khan artinya jeng ayu :) Benerkah begitu? Setuju dengan keberatan nama ... apalagi pake nama kitab suci ... hehe


Lucy: Oooo ... trus artinya apa? Panggilannya pasti Rerel yah *sok tau made on*


Ir: Penasaran dengan namanya? Tunggu aja tanggal mainnya :))


Sisca: Hahaha ... tidak jadi selebriti beneran, terhibur dengan menjadi selebriti blog :))


Zilko: Oooo ... berarti namamu ada "Kim" sama "Liong" yah :))

Anonymous said...

yang pasti shirley dalam chinese itu artinya apa ya? melati salju *suci* hauahuahua...kasih nama yg enak aja..yg nulis gampang ama maknanya indah..nama = doa orang tua buat anaknya tebak saya siapa...dari namanya pasti tau kan..

Tina said...

Nama aku hanya satu loh di dunia, coba aja search di google, Zeventina, hehe..

Kataku sih nama berarti juga ah.. kan kalo anak kita kasih nama Inem, imagenya Inem tuh nama pembokat, padahal kata Shakespeare kan apa arti sebuah nama? Tetep aja kasih nama anak yang bagus dong, kasihan anak kita kalo diejek temen2nya..

Kalo nama anak kita Dewi, gitu kan indah, jadi ngebayangin bidadari dari kahyangan, hehe.. (Wie... elo jangan GR yaak..)qeqeqeqeq

Anonymous said...

Halo Pak Henry, kapan main ke jakarta lagi? Kalo gw sih nama itu penting. Nama bisa jadi merek kan.. harganya mahal lhoo..

dian mercury said...

namaku artinya : lampu yg cantik...and mungkin waktu itu lampunya menyala dg indah saat emakku melahirkan. soale aku batak. spontan khan ? kakkaka opungku tuh yg ngasi nama.

and saranku, jg ngasi anma yg aneh or jelek. entar anaknya malu. kayak abangku. mau tau namanya sapa ? marulak tua

Hide said...

buset kemarin seharian ditungguin gak nongol2.

Hmmm .... namaku artinya apa yah ?
kalo Owen *kudu nyari-nyari dulu di buku arti nama*, sedangkan Santoso (kurang jelas apa artinya) wakakaka.

Nama Chinese sama aja Wen-wen > artinya imut-imut *wakaka ini mah asal ngarang aja.

Nama anak mah terserah ortunya jadi lo yang punya tanggung jawab gitu, milih yg bagus dan bagus artinya juga.

Sekedar saran kalo bisa namanya itu tiga bagian (termasuk yg standard di Australia).
1. First Name
Kalau bisa in English, such as Steven, Michael etc (kalau gak mau yg depannya A wakaka)
2. Middle Name
Ini gak terlalu penting, biasanya butuh inisialnya doang.
3. Family Name / Last Name
Ini sudah wajib hukumnya, nama marga atau nama keluarga.
Kalau lu gak ngasih nama marga ini ke anak lo, entar pas ngurus paspor ditambahin di belakangnya lagi hehehe > berdasarkan pengalaman ceceku.

Selamat berpusing ria, mbah dukun
*Pantesan insomnia* hahaha

P.S. Please jangan pake nama "Lottery" or "Lotto" untuk nama anak lo. Termasuk juga istilah2 blogger such as "Blog", "Posting", "Shout" nor "Hiatus" *ngakak*

nie said...

wah MEB... jadi penasaran tuh apa kepanjangannya hehehe...
arti namaku? Sherly = bright meadow, sebuah padang rumput yang terang *ga tau apa bener ato engga ya...*
novelia itu krn aku lahir bulan november n seorang perempuan hehe...
yg terakhir nama keluarga lah :)
met weekend yah!

Zilko said...

Hihihihi, bener tuh... . Makanya gampang ditebak, he3.. :) :) :)

Besok selain namanya kasi fotonya Onga juga loh, he3... :lol:

Hendri Bun said...

Ley: Waa ... berarti hatinya sewangi melati dan seputih salju :)) Pasti cocok ama orangnya yah ...


Tina: Iya tuh, aku baru sadar Zeventina cuma satu-satunya di dunia *sambil surfing2 di Google* hehe ... Berarti ini masuk sayap kiri yang anti shakespeare :)


Anonymous: Kapan aku ke Jakarta? *bingung, aku khan selama ini udah di Jakarta* ... Btw, situ sendiri namanya siapa :)


Dian: Waaa ... berarti tebakanku tentang orang Batak bener yah hahaha ... Btw, Marulak tua itu pasti ada artinya ... Hayo, apa ...


Hide: Buset juga ... aku tunggu semalaman ndak nongol2 juga hehe .. Wen-wen = imut-imut? *ngakak abis sambil terguling-guling* Btw, thanks sarannya ... dan memang namanya terdiri dari 3 bagian kok :))


Nie: Hehehe penasaran khan :) Makanya sering2 mampir yah, siapa tahu kelewatan liat namanya hihihi ... Ooo ... kamu lahir bulan November toh *mangut-mangut*


Zilko: Hahaha ... *traktir aku pizza yah, kalo aku ke Jogja :))* Foto onga? Hmm ...

Jeng Ungu said...

Yg penting nama anaknya uda didapet yah Hen... penasaran gua liat initialnya.. cman tao Bnya itu Bun hohoho. Arti nama vylette?? yah violet =P. Kalo arti nama Yulie?? ngga tao apa, asal jgn connect-in ke tuyul, im happy huahuahuaau

Mee Chan said...

Nama asliku Symia Paskhalin
banyak yg ngira dr rusia
*gak termasuk kirinov kirinov gitu*

ga enak soalnya awalannya S
jd kalo praktek komputer dpt PC yg jebut banget
trus kalo nunggu giliran masuk buat tes praktek olah raga, suwene amit2 ko...

mending tengah2 ae lah..

Bverly said...

MEB????Man En Black ya???*pura2

Yenny Lesly said...

Hen, MEB di postingan elo buat gw artinya: Masa Elo Begitu seh???? hehehe... emang enak bikin orang penasaran!!!! hahahaha... SELAMAT Menanti buah hati yah.... berdoa. berdoa...

Wina said...

MMEB apaan yah/ hmmm...

iya kalo bs kasih nama anak yang bagus dan ada maknanya.. nama yg qta berikan ke anak, bs jaadi doa atau pengharapan, tapi juga jgn keberatan nama, kesian bow nanti dia beban mental.. hihihi..

asik asik bentar lg jadi bapak.. kbr2i yah hen..

btw besok selamet kerja yah..

mutiara nauli pohan said...

nama ku Mutiara Nauli artinya dalam bahasa batak Mutiara yg cantik and in english beautiful pearl :)

Hendri Bun said...

Vylette: Betul tebakan eloe hahaha. B = Bun :) Btw, violet itu sendiri artinya apa? Dan siapa tuh yang pertama julukin u tuyul hahaha ...


Mee-a: Wow ... keren yah namanya. Jangan2 ada keturunan rusia yah :) Iya neh ... makanya aku pilih huruf M, tengah2 khan :)


Bev: Hahaha ... *kura-kura dalam perahu ... pura-pura tidak tahu* :))


Nainggolan: Emang aku bikin kamu penasaran? Hahaha ... *senangnya daku* Btw, thanks yah. Minta dukungan doanya juga ...


Wina: Hayo apaan hehehe ... *kayaknya lumayan juga kalo dibuat jadi sayembara* Iya neh, banyak yang berkata juga kita mau anak kita jadi apa, itulah namanya :) So ... tunggu aja kabar baiknya yah ...


Mutiara: Ohhh ... secantik dan seindah orangnya :)

Win Angel said...

wew, gw ketinggalan berita banget nih kayanya. Dulu, sampe keziah lahir kita masih kebingungan ama nama. Mo dinamanin siapa ya si bayi. Kacau yah.. akhirnya di boks nya selalu pake nama gw aja. Sedangkan suami masih sibuk ngutak ngutik buku nama + internet hehehehe Untunglah hen lo udah siap nama. Jadi udah yakin dan pasti jawabnya kl ditanya suster RS.

Madame Butterfly said...

MEB ???
*mangut-mangut*

Imelda said...

hmm nanggapin org Batak yg kilat kasih nama, hehe... mungkin kali ya. Tp buktinya gw ribet bgt tuh nyari nama, abis yg nyumbang ide seabrek, kl ga diturutin saling cembetut hihi... Dulu gw naksir ama nama Abigail, tp suami ga suka huhu.. akhirnya dia yg pilih deh Keziah Blythe Saragih. Artinya: si cantik yg cheerful. :D

Hendri Bun said...

Imelda: Hahaha ... emang aku udah diwanti-wanti biar udah punya nama sebelum lahir :) Btw, yang kasih nama waktu ditanya suster harus sang penanam benih yah Hahaha ...

Btw, si cantik sudahkah ceria selalu?


Madame: Yoi ... MEB *mangut-mangut juga*

Tiwi said...

kalo ortu tak tanya apa arti namaku, mereka bilang gak ngerti. kapan aku lahir juga mereka lupa2 inget, hihi...coba deh reka2 apa arti maria goretti pratiwi. pe er ya Hen.
meb : melody eleonora bun
meb : mulyadi endiarto bun
haha...asal yach!
moga onga lahir selamat.

Hendri Bun said...

Tenfams: Hahaha ... masa sih sampai segitunya :)) Berarti kita bukan kembar hahaha ... Btw, tebakannya masih salah ... coba lagi hahaha ...

Anonymous said...

Well done!
[url=http://ynuekaez.com/ldrx/hqft.html]My homepage[/url] | [url=http://yngcgqlk.com/dnxt/jatv.html]Cool site[/url]

Anonymous said...

Nice site!
My homepage | Please visit

Anonymous said...

Great work!
http://ynuekaez.com/ldrx/hqft.html | http://pwizspzt.com/vowo/fggp.html