Skip to main content

Albothyl

Beberapa hari ini nafsu makanku berkurang drastis. Kata orang-orang sih lagi tidak berselera terhadap makanan. Selain itu nafsu bicara alias bercerita juga berkurang. Memakai istilah salah satu artis, saat ini aku boleh juga dijuluki mr. no comment. Apakah penyebabnya?

Apakah saat ini aku lagi over weight, hingga harus ber-diet ria? Bukan ah ... Atau pusing mikirin isu poligami yang marak di bumi nusantara ini? Bukan juga. Hmm ... jangan-jangan lagi stress dan takut kalau-kalau video ehem-ehem-ku beredar luas, trus jadi pembicaraan hot di Republik ini dan menyaingi kasus anggota parlemen kita? Bukanlah ... emangnya Hendri kurang kerjaan hingga ikut-ikutan buat video syur juga hehehe.

Jangan-jangan aku ikut prihatin dengan kematian Alda, yang konon berkembang berita dia bukan meninggal karena over dosis, tapi terkait dengan jaringan yang tidak ketahuan ujung pangkalnya, trus dibunuh. Hehehe ... perasaan juga tidak tuh. Atau [ini kemungkinan yang paling benar], jangan-jangan dapur di rumah udah jarang ngebul alias mau bangkrut hehehe ....

Tidaklah. Bukan karena alasan-alasan di atas yang membuatku kehilangan selera makan. Alasan yang sebenarnya adalah karena saat ini aku lagi mengalami luka di bagian mulut, terutama di bibir yang terkenal dengan sebutan sariawan. Ndak tanggung-tanggung, jumlahnya bukan cuma satu biji, tapi tiga. Kalau mau dirincikan, 1 biji muncul di bibir bawah bagian kiri, 1 lagi nongol di bibir bawah bagian kanan ... trus 1-nya nongkrong dengan manis di lidah bagian kiri.

Jadi bisa dibayangkan khan sakitnya kalau mau makan. Makanya kalau biasanya lihat makanan kesukaan disajikan, yang selama ini langsung disantap dengan lahap, belakangan ini agak menahan diri sambil menghibur diri: tunggu kalau udah sembuh hehe. Dan makanan yang melewati tenggorokanku beberapa hari ini adalah makanan jenis kuah alias sup atau soto. Selebihnya ... tahan dulu deh :)

Aku termasuk orang yang sering sariawan. Menurut ortu, di keluargaku yang paling sering mengeluh sariawan adalah daku. Ndak tahu karena aku yang paling doyan makan jajanan atau snack yang kata orang-orang banyak MSG-nya, atau aku paling suka yang namanya gorengan, atau mungkin karena aku termasuk orang yang jarang minum, hingga mudah panas dalam dan efek sampingnya sariawan. Tapi yang jelas, hampir tiap bulan aku selalu menderita yang namanya sariawan :(

Satu hal yang menurutku sering juga menjadi penyebab sariawan adalah kegigit sendiri. Entah itu sengaja atau tidak, tapi itulah yang terjadi. Dan anehnya, kalau kita iseng untuk memperhatikan dan mengingat, sekali bibir kita luka karena kegigit, sering secara tidak sengaja bagian itu kegigit lagi hingga mempercepat proses membesarnya sariawan itu. Hayooo ... pernah khan mengalaminya juga hehehe ...

Waktu kecil kalau sariawan, obat yang dikasih adalah heu fung san [ndak tahu bahasa indonesianya apa]. Obat ini bentuknya bubuk, yang rasanya pahitttt sekali. Jadi cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan bubuk ini ke sariawan kita, dan konon dalam waktu beberapa hari sariawan tersebut akan sembuh. Mujarab sih mujarab. Tapi bagi bocah pahitnya itu loh, ndak tahan ... Makanya dulu waktu kecil lagi sariawan, lebih banyak tutup mulut alias diam dari pada lapor ke ortu.

Menjelang dewasa, mulai deh mengkonsumsi minuman-minuman yang konon bisa menurunkan panas badan. Tidak ketinggalan konsumsi vitamin sebagai pencegahan dan pengobatan. Tapi segiat apapun pencegahan yang dilakukan, yang namanya sariawan tidak pernah mau beranjak dari daku alias muncul terus. Aku curiga nih, jangan-jangan virus atau bakteri sariawan itu berjenis kelamin cewek, makanya dia betah berlama-lama nongkrong di diriku, meskipun sudah diusir secara tidak berperikebakterian hehehe ...

Sampai suatu saat aku dikenalkan obat yang menurutku sangat mujarab sekali. Namanya Albothyl [ups ... ini kayaknya promosi yah, tapi jujur, aku tidak dibayar loh hehehe]. Obat ini bentuknya cairan warna kecoklatan cenderung item. Cara pengobatannya sama, yaitu diteteskan dulu ke media pembantu [biasanya pake cotton bud], trus dioleskan perlahan-lahan ke sariawan kita. Rasanya? SAKITTT dan PAHITTTT. Sakitnya seperti luka di kaki ditetesin betadine. Tapi efeknya luar biasa, dalam tempo sesingkat-singkatnya kita bebas untuk menyantap apa saja.

Kalau mau diringkas, sistem kerja obat ini adalah seperti memberikan efek bius pada sariawan kita, kemudian membentuk selaput berwarna putih yang fungsinya mencegah sariawan kita terkena sentuhan-sentuhan luar yang bisa membuat sariawan tambah parah. Singkat cerita ... inilah senjata utamaku dalam memerangi sariawan hehe ...

Awalnya aku pikir cuma aku yang sering sariawan. Tapi rupanya ada juga teman senasib sepenangunganku juga. Dia teman gereja waktu aku kuliah dulu. Waktu cerita-cerita, terlontar topik tentang sariawan. Dan yang membuat aku takjub adalah ... rekor jumlah sariawan yang pernah dia alami. Kalau selama ini aku paling banyak kena 3 atau 4, mau tahu dia pernah berapa? 15 bijiiiii ... ASTAGA!!! Gimana tuh sakitnya hehehe ...

Dan aku yakin teman-teman juga punya pengalaman ber-sariawan juga. So ... ceritalah :)

Comments

  1. Anonymous11:47 AM

    hehe.. abis ditetesin abotil sariawannya jd matek rasa yah Hen. :)

    ReplyDelete
  2. abhotyl, catet ah... :)

    Untung aku ga gitu sering sariawan. Sariawan muncul klo dah lama ga makan makanan yang ada vit C-nya (misale jeruk), makanya skrg klo ke cafe pesennya orange juice, wakakakaka... lol

    Hmm, 15?? Banyak amat, aku paling banyak 2 deh klo ga salah, itu aja dah repot

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:20 PM

    haduh.... sariawan dikasih abhotyl? tidaaaaakkk.. perih bow!!

    ReplyDelete
  4. Waks, aku sariawan paling 5 taon sekali. Makanya banyak2 minum C1000 dong Hen... Ada kiat lain yang paling aman & bebas pengawet serta gak ada efek samping : sering-sering muah ama Marvel Mom :)) qiqiqi... nyetok lagi deh si Hendri...hahaha..

    ReplyDelete
  5. Abhotyl itu di apotik mana aja ada ya? gue harus buru2 beli neh obta..selama ini gue juga pake au fung san aja..
    Ini aja lagi sariawan gara2 kebanyakan makan duren.
    Gue juga kalo panas dalam larinya ke sariawan :((

    ReplyDelete
  6. Dewi: Iyaaaa ... abis itu nih bibir rasanya dower yah. Dicubit2 juga terasa ndak apa-apa hehehe ... u sering pake juga toh :)

    Zilko: Hehehe ... itulah jeleknya aku, malas makan buah2an. Kalo pas mau sariawan aja baru rajin konsumsi yang Vit C hehe ... Iya tuh ... 15 bowwww ...

    Vi3: HAHAHA ... perih tapi habis itu nikmat khan :)) :)) :))

    Yenny: Yeeee ... kalo itu mah salah satu sumber sariawan juga. Habis, kalo muah muah-nya terlalu bersemangat ... hayooo xixixi ... Stok? Tetap oeiiii HAHAHA

    Amey: Iya. Di sembarang apotik ada. Sebut aja Abhotyl untuk sariawan gichu :) Sariawan gara2 makan durennnn? Ndak bagi2 sih hehehe

    ReplyDelete
  7. Kurang kerjaan!!! Bibir digigit sendiri. :D

    Hen, kalo panas dalam, coba deh bikin jus timun.
    Ato minum Alang sari. Pssst.. biasanya sih kalo alang sari aku bikin langsung sa'mok gede, trus glek... glek.. glek.. Abis itu pasti jadi pelanggan WC. Pipis mlulu. Tapi manjur, panas dalamnya langsung ngilang.
    Sariawan? Jarang tuh.

    ReplyDelete
  8. Anonymous2:31 AM

    hehehe...kalo masalah sariawan aku jg pernah ngalaminya, tp ya gk banyak plg banyak 1 or 2 biji...
    ya betul memang, kdg2 penyebabnya gr2 kegigit sendiri...
    kayaknya sariawan penyakit turunan deh krn ibuku hmpr sama dgn temennya mas hendri cm beda2 tipis kalo kena sariawan bisa 5 smpe 10 biji...(n ini trjd sama adek saya)
    kalo sdg kena sariawan jd memble bibirnya...kasian...
    obatnya sama heu fung san...(mujarab memang)
    kalo abothyl sih baru tau nanti ta' informasikan.
    thnks infonya. :)

    ReplyDelete
  9. Dulu di Indo aku sering sariawan Hen, tapi begitu tinggal di sini engga lagi tuh.
    *Bayangin aja kalo profesinya ngamen kena sariawan...Hiks*

    Menurutku, itu karena dulu keseringan minum jahe *STMJ*, makan gorengan, kebanyakan softdrinks juga. Perut engga kuwat jadi panas di dalam.

    ReplyDelete
  10. dulu, aku juga sering banget sariawan. tiap bulan ! benci banget,kadang sampe 3 bijik di mulut. trus minum jat besi, gak pernah lagi. cuma, kalo gak minum kumat lagi. yeah kalo kumat, aku kasiin semacam abotyl gitu, cuma gak perih or pahit.

    and sekarang, meski gak minum zat besi, gak pernah muncul lg nih sariawan. ternyata gara2x hiper thyroid dileherku. jadi kekebalannnya berkurang

    ReplyDelete
  11. Since: Bukannya kurang kerjaan, tapi emang tidak sengaja kegigit sendiri hehehe. Jus timun ampuh toh, emang rasanya enak? And alang sari itu yang gimana sih hehehe ...

    Joni: Iya neh ... jadinya serba salah tingkah. Sakitnya itu loh ... orang2 sering ngomong mirip2 ayam yang mau beranak, kesinggung dikit langsung ngamuk hehehe ... Btw, di negeri seberang ada juga heu fung san?

    Tiwi: IYAAA ... kasihan yang ngamen. Pasti penghasilan selama sariawan menurun yah HAHAHAHA. Emang softdrink bisa juga sebabkan sariawan toh? Hmmm ... Pantassss hehehe

    Dian: Emang nama obatnya apa Dian? Yang semacam abhotyl tapi tidak perih dan pahit. Mau donggg ;)

    ReplyDelete
  12. hew fung shan ....ngeri gue ama obat gituan..baunya itu loh ihihihihih.

    ReplyDelete
  13. Anonymous11:15 AM

    koq bisa kegigit sendiri :)
    kayaknya ngeri juga pake obat gitu. mending rajin minum aja. sering2 makan juga yangg banayk mengandung air
    duh koq jadi sok tahu gini kayak dokter aja :D

    ReplyDelete
  14. Anonymous12:07 PM

    Gila ah ... sariawan ampe 15. Gimana tuh rasanya hehehe ... btw, abhotyl ok toh untuk sariawan. Bisa nyoba ah ;) Thanks infonya om...

    ReplyDelete
  15. koreksi, harusnya Albothyl... soalnya gua baru beli minggu lalu. :)
    itu juga dapet tahu dari temen yang distributor obat-obatan.
    gua juga sering sariawan, sama lah kayak kamu...
    emang betul, Albothyl itu ampuh luar biasa :)
    tapi lucunya kalo gua lihat di kemasannya, itu bisa juga ditetesin di vagina untuk obat keputihan... hahahaha jadi aneh banget dibayanginnya... dari vagina sampai masuk mulut :P

    ReplyDelete
  16. Myself: Iya ... trus rasanya yang pahit itu khan, ndak kuku hehehe ...

    Laks: Hehehe ... seringnya kegigit pas lagi lahap2nya makan sesuatu. Karena kehilangan kontrol, kegigit deh :) Iya neh ... katanya harus 8 liter perhari yah :)

    Rudy: Hehe ... ditunggu laporannya yah kalo udah coba ;)

    Xu: Ooo ... salah tulis toh hehe ... thanks infonya. Udah dikoreksi :) Iya tuh ... Apa korelasinya hayooo ... bisa dijelaskan? Tapi, yang penting sembuh khan :))

    ReplyDelete
  17. Anonymous4:19 PM

    astaga mas hen .. pake abotil?? sariawannya aja dah perih, apalagi pake obat itu. aku sih lebih rela perih sariawan deh mas, daripada perih kena abotil ..hihihihi

    ReplyDelete
  18. Alang sari itu bentuknya bubuk, dijual dalam sachet2 (bener gak nih nulisnya?) gitu. Di Denpasar sih aku biasa belinya di Alfa. Tapi kadang (sangat2 jarang) dapat di Hero juga.

    Timun kalo 'gak mau di jus ya siserut kayak blewah gitu trus kasih gula dikit aja.
    Aku suka, tapi yah.. soal rasa... setiap orang beda kan ;)

    ReplyDelete
  19. Anonymous8:11 AM

    albothyl emang rasanya Makkk Nyossss yah Hen... mantap banget...
    kayak luka di pake in Te ta yok gin itu .. wuiii...

    ReplyDelete
  20. Meda: Iyaaaa ... lebih baik perihnya sekalian, tapi habis itu sembuh daripada perih terus tapi berhari-hari hehehe ... Btw, dikau pernah pake jugakah?

    Since: Ooo ... bentuknya kayak serbuk sachet gitu toh. Aku pikir kayak tumbuhan yang direbus gitu hehehe ... boleh tuh besok2 aku coba ;)

    Ir: Hehehe ... kayak iklan aja: JOSSSS :)) :))

    ReplyDelete
  21. Anonymous8:44 AM

    Wuahhhhhh, diet ya? Aku lagi nih, hehe..

    Met tahun baru bro..

    ReplyDelete
  22. Tina: hehehe ... begitulah. Met tahun baru juga ;)

    ReplyDelete
  23. Hen, Albothyl emang ampuh ka albothyl itu sejenis antiseptik. tapi perihnya ga nahan. Kalo mau obat sariawan yang ga perih ato pahit, bisa coba DAKTARIN ORAL GEL... inget loh ORAL GEL bukan salep... Itu rasanya manis dan mujarab.

    ReplyDelete
  24. Albothyl memang oke. aku sampai punya 4 biji. di kantor, di rumah, di dashboard mobil, sama cadangan..., memang cukup mujarab, lebih baik perih sebentar tapi habis itu makan enak.
    Saya kena memang paling cuma sebutir, diameter terbesar 3 mm, tapi hampir tiap bulan kena dan pindah tempat, kadang di bibir, di bawah lidah, udah minum berocca tiap hari, nggak ngaruh.... Buat yang tahan sakit, albothyl jawabannya...

    ReplyDelete
  25. Anonymous9:00 PM

    G lg sariawan 6 biji.. Gara2 kawat gigi.. Rasany sakit luar biasa.. Kl senyum tuh sariawan ke gores kena kawat.. Pengen pake albothyl lg cm ga nahan sakitny euy.. Heu fung san gara2 terlalu sering jd kebal neh.. Ad yg tau ga obat yg mujarab tp ga sakit?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa