Skip to main content

Pingsan aka Tak Sadarkan Diri

Pernahkah teman-teman pingsan? Seberapa seringkah? Kenapa bisa pingsan?

Kata orang-orang sih, alasan terbanyak dan utama kenapa orang pingsan adalah karena kecapekan. Banyak orang, entah disadari atau tidak, sering memaksa dan menggenjot tubuh mereka sedemikian keras --bisa lewat kerja ataupun olahraga-- sampai melebihi limit kekuatannya, yang berakibat overload hingga hasilnya bisa ditebak: pingsan. Mungkin kalau mau mencari perumpamaan, orang pingsan bisa disamakan dengan sebuah komputer yang dipaksa untuk membuka terlalu banyak program yang berat, hingga melebihi kemampuan dan kapasitas memorinya yang terbatas, dan akibatnya komputer tersebut menjadi hang. Kalo komputer sih mudah mengatasinya. Tinggal tekan tombol 'reset' atau cabut powernya, habis perkara. Tapi kalo manusia, apakah semudah itu?

Kata orang-orang lagi, selain faktor kecapekan, pingsan juga bisa disebabkan karena kepanasan, terjebak dalam ruang tertutup hingga kekurangan oksigen, kaget atau terkejut. Selain itu faktor lain seperti kurang darah, kurang tidur, kurang makan juga diyakini sebagai salah satu faktor mengapa orang pingsan. Aku tidak ingin menulis lebih lanjut tentang penyebab orang pingsan, apalagi memberikan tips bagaimana caranya menangani dan membantu orang yang pingsan supaya cepat sadar. Aku yakin teman-teman sudah sering mendapat email yang isinya pertolongan pertama pada orang pingsan.

Satu hal yang menarik perhatianku dan membuatku penasaran dari orang yang tidak sadarkan diri adalah ada apa di balik semuanya itu, dalam arti yang disempitkan: apa sih yang dirasakan oleh mereka-mereka yang tidak sadarkan diri. Keingintahuanku semakin bertambah kalau mendengar ada orang yang tidak sadarkan diri sampai berhari-hari. Apakah ada sebuah misteri di balik semuanya itu?

Mungkin jawaban umum kalau ditanyakan, apa yang dirasakan oleh orang pingsan adalah tidak merasa apa-apa. Namanya juga tidak sadarkan diri, emang apa yang mau dirasakan. Benar sih jawaban tersebut. Tapi kalau dipikir-pikir, apa benar tidak merasa apa-apa? Seumur hidupku sampai detik aku menulis posting ini, aku belum pernah merasakan yang namanya pingsan. Jadi wajar khan kalau aku bertanya-tanya, gimana rasanya pingsan itu.

Seperti yang kita ketahui tubuh kita terbagi menjadi 3 unsur, yaitu raga, jiwa, roh. Seseorang dikatakan dalam kondisi sadar apabila ketiga unsur tersebut aktif dan bekerja sebagaimana mestinya. Dari ke-3 unsur tersebut, yang ingin sekali aku sorot adalah raga dan roh. Kenapa jiwa aku abaikan? Karena jiwa lebih banyak bicara tentang emosi, niat, dan perasaan, hingga kalau mau kaitkan jiwa dengan dunia tidak sadarkan diri, kayaknya kok kurang berhubungan yah.

Jadi, kalau seseorang dikatakan hanya tinggal raga saja yang bekerja, kita bisa mengartikan bahwa orang tersebut adalah seorang almarhum alias sudah meninggal alias orang mati. Sedangkan kalau hanya ada unsur roh, itu artinya makhluk halus yang gentayangan. Setuju? Nah, bagaimana dengan status orang yang tidak sadarkan diri?

Aku yakin raga dan roh orang yang tidak sadarkan diri tetap aktif dan bekerja dengan baik. Raganya seperti yang kelihatan: eksis tapi diam saja alias tidak ada reaksi sama sekali. Yang jadi pertanyaan, kemanakah gerangan roh orang pingsan berada? Apakah dia juga ikut diam saja, istirahat tidak berbuat apa-apa, atau justru gentayangan tidak karuan tanpa tujuan?

Aku sering bertanya kepada teman-teman yang pernah tidak sadarkan diri, dan jawaban yang aku terima mayoritas tidak memuaskan rasa keingintahuanku. Rata-rata sih mengatakan tidak merasa apa-apa. Mungkin jawaban tersebut dapat dimaklumi kalau yang mengatakannya adalah mereka yang pingsannya sebentar alias dalam hitungan menit saja. Tapi kalau mereka yang tidak sadarkan berhari-hari, apakah jawaban yang didapat juga sama alias tidak merasa apa-apa?

Aku sering membaca kisah orang-orang yang tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama, atau ekstrimnya dalam kondisi koma, bagaimana mereka memberikan gambaran apa yang mereka lihat dan rasakan selama ketidaksadaran mereka. Mayoritas sih mengatakan, saat tidak sadarkan diri, mereka seperti berada dalam sebuah ruangan yang sangat luas, tidak ketahuan di mana batasnya, dan tempat itu terang sekali. Diceritakan lebih lanjut, mereka sepertinya diwajibkan untuk menempuh sebuah perjalanan yang mereka sendiri tidak tahu kemanakah tujuannya. Alhasil mereka hanya berjalan, berjalan, dan berjalan saja tanpa tahu kapan mereka sampai.

Dan yang membuat aku merinding adalah ada yang menceritakan bahwa mereka melihat sebuah pintu, sebagian juga mengatakan ada sinar yang sangat terang, bahkan ada yang melihat semacam jembatan, dan mereka sedang dalam proses menuju ke sana. Apakah pintu, sinar, atau jembatan itu? Mungkinkah itu gambaran pintu surga atau pintu menuju keabadian? Trus sebelum mereka sampai sana, kebanyakan mengatakan bahwa mreka mendengar ada suara yang memanggil-manggil nama mereka untuk kembali ... dan saat itulah mereka sadar atau siuman.

Yang tambah membuat aku merinding adalah ada yang menceritakan sudah sampai ke tujuan. Tapi saat mereka mau masuk, mereka dilarang oleh sebuah suara, yang mengatakan waktu mereka belum tiba. Hasilnya, mereka pun sadar. Ada juga yang mengatakan, langkah mereka terhenti karena mendengar nama mereka dipanggil-panggil, bahkan ada yang lebih serem, mereka mendengar isak tangis yang meminta mereka kembali. Hiiii ... kalau sudah sampai seperti itu, apa yang mau dikatakan???

Tidak sanggup lagi aku berkisah lebih lanjut. Mengapa? Karena selain aku belum pernah mengalaminya sendiri, bagiku hal tersebut juga merupakan sebuah fenomena dan misteri yang sulit dijelaskan dengan akal sehat. So ... sudikah teman-teman yang pernah mengalaminya mensharingkan kepadaku???

Comments

  1. Anonymous9:09 AM

    gua beberapa kali pernah pingsan, tapi kayaknya jawabanku tidak menggembirakan. gak merasakan apa-apa, hanya pandangan jadi gelap lalu tersadar kembali.

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:58 AM

    blon pernah pingsan nih. gak mo ahhhh. :p

    btw, Hendri postingannya seremmmmm. hiyyy..

    ReplyDelete
  3. Anonymous5:39 PM

    Hallo, dah di Jogja nih saya... :)

    Btw, untung aku ga pernah pingsan selama ini... :D

    ReplyDelete
  4. Anonymous11:23 PM

    aku sering juga pingsan, tp kalo ngalamin hal spiritual gitu sih ga pernah. ih mas hen ceritanya serem ... mana aku bacanya malem2 lagi .... duh ....

    *lirik kiri kanan*

    ReplyDelete
  5. belum pernah pingsan :D

    ReplyDelete
  6. Wah sorry gue blom pernah pengsan jadi ga bsia ber bagi pengalaman :D

    ReplyDelete
  7. pengin sekali2 pingsan kalo menang lotre banyak, hehe...

    sampe sekarang belum pernah pingsan tuh.

    ReplyDelete
  8. napa yah kalo akuh liat darah mao pingsan? doeloe, pernah liat darah kaki karna ditabrakk motor, nangis hampir pingsan :((

    ReplyDelete
  9. Anonymous2:29 PM

    Iya nih. Tulisannyaserem hehehe ...

    Aku juga penasaran apa rasanya pingsan itu, karena aku juga belum pernah. Tapi sedikit tidak aku juga pernah mendengar kisah-kisah yang dituliskan di sini seputar orang tidak sadarkan diri.

    ReplyDelete
  10. aku belom pernah pingsan, hen

    ReplyDelete
  11. Anonymous8:45 PM

    gue pernah denger kesaksian ibu hamil yg habis dicaesar dan rahimnya ikut diangkat karena nempel ama ari-ari bayi, serem loh kejadian pas pingsan lama sampe berhari-hari bahkakn pernah berhenti nafas sebentar tapi terus di doakan dan dibantu ama alat2 kedokteran, dia tuh bilang dikerubutin ama setan, setan2 perebut dia, sampe dia bilang "gue milik Tuhan Yesus" langsung setan2nya pada takut hihi.trus dia berjalan-jalan di alam ntah dimana tp dia liat spt neraka ada sosok orang yg pernah nyakitin dia(mungkin suaminya yg pertama ,suka maen cewek dan udah cerai ama dia dulu) bla bla sampe akhirnya gak kuat melihat penderitaan di neraka , TUhan bawa lage ke tempat laen dan ada beberapa setan curi kaki dia sampe Tuhan hardik tuh setan ,kakinya dibalikin ke ce itu dan pas sadar dia bisa pulih semua kondisi tubuhnya ,padahal dokter udah vonis kalopun sadar bisa jadi cacat atau idiot, tapi puji Tuhan , karena Tuhan yg nolong akhirnya dia normal kembali.dokternya aja heran. g percaya seh ada alam lain di luar sana di balik kematian. makanya gue selalu percaya ama Tuhan Yesus yang akan selamatkan gue dari neraka :D

    ReplyDelete
  12. Belom ngerasain yang begituan mah :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Barang Baru

Kira-kira sebulan yang lalu, laptop saya mengalami masalah. Entah karena sudah tua, atau kebanyakan buka program, atau isinya udah penuh, mendadak laptop saya hang. Karena kurang sabar, langsung saja aku matiin dengan paksa. Ketika aku mulai menyalakannya lagi, berhasil ... Namun belum sempat aku klik tombol start, mendadak blue screen error muncul. Awalnya aku pikir itu error normal. Aku pun mematikannya lagi, kemudian restart. Windows menyarankanku memilih Safe Mode, aku pun mengikutinya. Namun, apa yang terjadi, tunggu punya tunggu, nanti detik demi detik, windows yang aku nantikan tidak muncul-muncul. Aku mulai panik ... karena secara pelan mulai terdengar suara berisik yang semakin lama semakin keras. Waduh ... fellingku berbicara kali ini harddisk-ku yang kena. Aku coba tenang, lalu mematikan laptop, dan menunggu sekitar 10 menit. Kembali aku coba nyalain ... dan benar, suara gemerisik harddisk membuatku patah arang ... terbayang sudah data-dataku yang bakalan lenyap [karena suda

Private

Sejak blogger menyempurnakan versi betanya, dari sekian perbaikan dan fitur baru yang diperkenalkan, ada satu fitur baru yang belakangan marak dimanfaatkan oleh para blogger. Fitur tersebut adalah blog readers. Aku yakin teman-teman sudah tahu apa fungsi fitur yang terletak di menu permission ini. Yap ... Fungsinya adalah men-setting blog menjadi private sehingga tidak semua orang berhak dan boleh bersantai di sana, tetapi hanyalah orang-orang pilihan yang di-choose atau di-invite yang bisa masuk dan ngopi di sana. Jadi janganlah heran kalau saja suatu saat Anda meng-klik sebuah blog, yang keluar adalah tulisan "blogger: permission denied; this blog is open for invited readers only", yang artinya Anda tidak diundang dan tidak diperbolehkan untuk mengintip isi blog tersebut. Jangan merasa kecewa, karena pasti ada alasan tertentu mengapa seseorang men-setting blog mereka dari semula open menjadi private. Jangan juga merasa patah hati, karena di balik privatisasi tersebut selalu

Sedang ingin bercinta

Wuihhh ... serem abiz yah judulnya: sedang ingin bercinta ... hahaha. Eit ... jangan berpikir yang macam-macam dulu, meskipun benar Hendri sekarang sedang berpuasa panjang dari aktivitas yang namanya bercinta, bukan berarti ini sebuah proklamir atau deklarasi dari hati terdalam tentang keinginan yang terpendam selama waktu yang sangat panjang. BUKAN .... Semuanya berawal dari suatu malam saat aku tidak bisa tidur karena terlalu capek. Seperti biasa, sebagai pelarian dari ketidakbisatiduranku, remote TV selalu menjadi sasaranku. Setelah aku pencet sana pencet sini, sebuah klip musik dengan alunan lumayan keras menarik perhatianku. Aku perhatikan personil yang nyanyi, oh ... Dewa. Biasanya aku kalau dengar lagu Dewa, entah itu di radio maupun TV, dengan spontan aku langsung memindahkan salurannya karena emang aku kurang menyukai musiknya. Namun entah kenapa, lagu ini kok menyita banget perhatianku, dan tanganku sepertinya dihipnotis untuk tidak macam-macam alias hanya kaku saja tak kuasa